RESEP MINUMAN HERBAL UNTUK LAMBUNG

Resep Minuman Herbal Untuk Lambung- Dulu, aneka makanan yang terhidang di meja makan tidak bisa aku nikmati. Ada beberapa menu yang harus aku hindari karena terlalu pedas. Jika aku nekat menyantapnya, berpotensi menyebabkan asam lambungku naik. Namun, kini kondisi lambungku sudah membaik. 

Sekarang aku mulai bisa makan menu sedikit pedas karena  asam lambungku mulai berkurang drastis  sejak rutin mengkonsumsi minuman herbal setiap pagi. Aku tahu resep minuman herbal untuk mengurangi asam lambung  dari seorang sahabat yang sudah lebih dulu mencobanya. 

Dia bercerita, Sejak mengkonsumsi minuman herbal ini, perutnya sudah tidak mudah kembung lagi. Perlahan asam lambungnya berkurang. Aku penasaran ingin mencoba resep minuman herbal tersebut. Karena aku juga punya permasalahan lambung sama seperti dia. Aku memang suka cara alami mengatasi sakit maag.

Ternyata bahan-bahan yang dibutuhkan untuk minuman herbal tersebut mudah didapatkan. Bahan-bahannya adalah jahe, daun pandan, dan serai. Namun, aku menambahkan lemon agar lebih banyak lagi manfaatnya. 

Untuk takarannya menyesuaikan kebutuhan masing-masing orang. Tapi aku mempunyai takaran yang menyesuaikan ukuran gelas di rumah. Resep Minuman herbal untuk mengurangi asam lambung versiku adalah :

  • 1 helai daun pandan
  • 2 ruas jahe 
  • 3 buah serai
  • ½ buah lemon 
  • Air 3 gelas belimbing

Cara membuatnya :
  1. Didihkan air  
  2. Potong-potong bahan sesuai selera 
  3. Setelah air mendidih, masukkan daun pandan, jahe, dan serai 
  4. Tunggu sampai air menyusut, matikan api
  5. Saring minuman, pindahkan ke gelas 
  6. Masukkan potongan lemon

Minuman ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau bisa juga diminum dingin. Aku lebih suka minum dalam kondisi hangat saat pagi hari. Bila masih ada sisa, aku masukin di kulkas. Siang hari ketika cuaca sangat terik, minuman herbal sau ini bisa jadi solusi. Tidak hanya menghilangkan dahaga, tapi juga punya banyak manfaat. 

Bahan-bahan yang digunakan untuk minuman herbal kali ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Contohnya daun pandan, tanaman yang biasanya dipakai untuk pewarna atau aroma kolak, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Daun pandan wangi  (Pandanus Amaryllifolius Roxb) yang banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia, memiliki senyawa kimia diantaranya Alkaloid, Saponin, Flavonoid, Tanin, Polifenol, dan zat warna. Diantara senyawa kimia tersebut, Saponin mempunyai peranan penting. 

Saponin dalam daun pandan wangi berfungsi sebagai antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antijamur. Sehingga rebusan daun pandan bisa membantu meredakan nyeri, diare, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus dan bakteri. 

Jahe sebagai tanaman rimpang yang mudah ditemukan di sekitar kita. Rasanya yang cenderung pedas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk pencernaan, jahe bermanfaat untuk membersihkan usus besar, memperlancar BAB, dan membuang gas beracun. Itu sebabnya mengkonsumsi jahe bisa meredakan perut kembung dan mengurangi asam lambung berlebih. 

Jahe juga diklaim bisa membantu meredakan rasa mual, membantu mengendalikan kolesterol, meredakan nyeri haid, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Hal tersebut karena adanya kandungan magnesium, potassium, dan zink yang cukup tinggi pada jahe. 

Serai sebagai bahan pelengkap lainnya juga tak kalah penting. Tanaman dengan nama latin Andropogon Nardus ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan, Serai memiliki kandungan anti bakteri dan anti mikroba yang berfungsi untuk mengobati infeksi  pada lambung, usus, saluran kemih, dan luka. 

Kandungan serai diantaranya Eugenol, Elemol, Minyak Atsiri, Sitronelal, Kavikol, Sitral, Sitronelil Asetat, Geraniol, Sitronelol, Geranil Asetat, Alkaloid, Flavonoid, Polifenol. Sehingga Serai juga bermanfaat untuk meredakan batuk, menurunkan demam, meredakan nyeri, dan mengobati masuk angin. 

Sedangkan lemon sengaja aku tambahkan karena buah berwarna kuning ini mempunyai segudang manfaat. Sudah bukan menjadi rahasia umum jika lemon mengandung Vitamin C  yang sangat tinggi. Sehingga lemon sangat diandalkan sebagai bahan penangkal radikal bebas. 

Lemon juga dipercaya mampu menurunkan berat badan, mengecilkan perut, mengatasi tenggorokan sakit, menstabilkan kolesterol, dan masih banyak lagi. Menambahkan irisan lemon dalam minuman herbal ini bukan tanpa alasan. Sifat asam lemon mampu menetralkan asam lambung berlebih. 

Itulah bahan-bahan yang aku gunakan dalam minuman herbal untuk mengatasi asam lambungku. Selain asam lambung bisa berkurang, aku mendapatkan manfaat lainnya selama rutin mengkonsumsi minuman herbal ini. Bagaiamana denganmu? Punya minuman herbal andalan selama ini? Bagi resepnya dong.







No comments