CARA PALING EFEKTIF MENDAPATKAN DANA CEPAT UNTUK KEBUTUHAN MENDESAK

https://www.cekaja.com/kredit
Hidup itu selalu penuh kejutan. Kita harus selalu siap dalam segala kondisi, termasuk dengan kebutuhan mendesak yang tak terduga. Misalnya laptop rusak, keluarga sakit, mobil atau motor tiba-tiba mogok, bagian rumah ada yang rusak parah , dan masih banyak lagi. Untuk menyelesaikan urusan darurat tersebut pasti butuh dana cepat

Saat dalam kondisi panik seperti itu, kadang kita tidak bisa berpikir jernih tentang langkah tepat mendapatkan dana cepat. Apalagi jika orang-orang di sekeliling kita tidak bisa memberi saran untuk menyelesaikan masalah tersebut. Nah, kali ini akum au memberi beberapa alternative mendapatkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak.


Cairkan Dana Darurat 

Bila selama ini sudah menyisihkan anggaran rutin untuk dana darurat, maka dana tersebut bisa segera dicairkan. Biasanya orang menyisihkan dana darurat dalam bentuk tabungan di bank, tabungan emas, reksa dana, saham, atau menabung melalui celengan di rumah. 

Apabila memiliki beberapa pilihan instrument  dana darurat, pilih instrument yang paling cepat cair dan memiliki nominal yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Hindari mencairkan dana darurat yang tidak sesuai dengan kebutuhan saat itu. Misalnya, jika kebutuhan mendesak tersebut sudah cukup tercover dengan pencairan emas, jangan mencairkan dan darurat lainnya. 

Begitu sebaliknya, bila butuh dana dalam nominal yang sangat besar, pilih satu instrument yang punya nilai besar pula. Tak perlu mengusik instrument lain yang nilainya lebih kecil. Biarkan instrument tersebut menjadi dana darurat berikutnya:


Menjual Barang Koleksi 

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana cepat adalah menjual barang-barang yang selama ini menjadi koleksi pribadi. Tas, buku, pakaian, dan beberapa barang lainnya memiliki nilai jual lumayan tinggi meskipun sudah dalam kondisi tidak baru lagi. 

Bahkan, ada beberapa situs online khusus jual beli barang bekas. Kalian bisa memanfaatkan situs-situs online untuk memasarkan koleksi yang masih bagus kondisinya. Tak hanya bisa dijual secara online, barang-barang bekas tersebut dapat dijual secara ofline melalui bazar atau pasar loak. 

Saat butuh dana cepat namun tidak punya dana darurat, maka memulai memilah barang-barang koleksi yang masih bagus adalah langkah yang tepat. Beberapa barang koleksi yang unik mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Jadi, jangan beranggapan barang-barang tersebut tidak bisa dilirik saat butuh dana darurat. 

Barang-barang koleksi seperti tas mewah, jam tangan mewah, atau pakaian branded biasanya sangat diminati meski dalam kondisi tidak baru lagi. Selain itu, menjual sebagian besar barang-barang yang selama ini hanya sebagai pemanis almari tentu tidak ada ruginya. Barang-barang tersebut bisa bermanfaat untuk orang lain. Kita juga bisa mengurangi kebiasaan kurang baik yaitu menimbun barang.


Melakukan Pekerjaan Tambahan 

Ini terdengar aneh, tapi salah satu langkah nyata yang bisa dicoba. Saat dalam kondisi terdesak, manusia mampu melakukan apapun. Termasuk melakukan pekerjaan yang belum pernah dicoba sebelumnya. 

Ketika butuh dana cepat tapi tidak mempunyai dana darurat, mulailah mengenali potensi diri lainnya. Keahlian lain yang selama ini kita abaikan karena sudah berada dalam zona nyaman. Setelah itu, perlahan melihat peluang di sekitar kita. Pekerjaan mana yang berpotensi menghasilkan uang dengan cepat. Kalau perlu, tawarkan keahlian kita kepada teman-teman baik secara langsung atau melalui grup. 

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan cepat dan menghasilkan uang yang lumayan banyak. Bahkan, pekerjaan tersebut bisa diremote dari jarak jauh. Jadi, melakukan pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utama kita adalah sesuatu yang bias dicoba saat butuh dana cepat. 


Meminjam Uang Kepada Orang Terdekat

Bila memiliki keluarga atau teman-teman yang sangat menjunjung asas kepedulian, langkah satu ini bisa dicoba ketika butuh dana cepat. Keluarga atau teman dekat yang mempunyai kondisi finansial lebih baik dari kita bisa dijadikan rujukan saat ada kebutuhan mendesak. Tapi meminjam uang kepada orang terdekat itu punya resiko yang tidak bisa diabaikan. 

Selain berpotensi membuat malu diri sendiri, meminjam uang kepada orang terdekat justru bisa membuat hubungan yang sudah terjalin menjadi renggang. Coba amati, berapa banyak hubungan persahabatan renggang hanya karena masalah hutang piutang. Hubungan keluarga juga menjadi kaku karena urusan uang yang belum tuntas. 


Melakukan Pinjaman Online 

Di era serba digital seperti sekarang, semua aktivitas bisa dilakukan secara online, termasuk urusan mencari dana cepat untuk kebutuhan mendesak. Mendapatkan dana cepat bisa dilakukan di mana saja tidak terikat tempat dan waktu. 

Ada banyak penawaran pinjaman online. Sebagai calon nasabah harus cermat memilih perusahaan yang akan membantu kita. Karena tidak semua perusahaan mempunyai rekam jejak yang bagus di dunia finansial. Bahkan, ada banyak perusahaan yang sengaja memeras nasabahnya. 

Sebagai calon nasabah yang cerdas harus melakukan kroscek kepada perusahaan pinjaman online tersebut sebelum memutuskan mengisi formulir. Memastikan perusahaan online tersebut bukan perusahaan ilegal sangat penting. Agar tidak menimbulkan permasalahan serius di kemudian hari. 

Salah satu perusahaan pinjaman online yang beroperasi dengan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah CekAja. Memiliki teknologi perbandingan dan aplikasi terkini, CekAja bisa dijadikan rujukan saat membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan mendesak. Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/kredit


No comments