CARA EFEKTIF MENGATASI GATAL KARENA ALERGI CUACA EKSTRIM

Cara Efektif Mengatasi Gatal Karena Alergi Cuaca Ekstrim- Pergantian musim selalu membuatku antusias. Rasanya seperti akan bertemu teman lama yang sudah lama tak bersua. Ada cerita baru yang dinanti. Begitu juga saat musim kemarau atau musim hujan datang. 

Setelah melewati musim hujan berbulan-bulan, aku selalu antusias menyambut musim kemarau yang berlimpah sinar matahari. Ketika berada di ujung musim kemarau, aku merindukan suara hujan dan bau khas tanah setelah tersiram air hujan. 

Meskipun hanya ada 2 musim di negara kita, aku tetap bersuka cita menyambutnya. Musim kemarau dengan segala kelebihannya, begitu juga dengan musim hujan. Tapi, kondisi saat ini  tidak bisa diprediksi. Orang menyebutnya cuaca ekstrim. Musim kemarau terasa lebih dingin dari musim hujan. 

Cuaca ekstrim ini tentu saja berdampak juga pada kondisi tubuh. Apalagi jika ketahanan tubuh yang kurang bagus, mudah sekali terserang beberapa penyakit. Aku punya masalah tersendiri dengan tubuhku saat cuaca ekstrim datang seperti sekarang ini. 

Surabaya yang biasanya terkenal dengan kota yang lumayan panas, mendadak menjadi sangat dingin di musim kemarau ini. Aku pun panik. Gatal-gatalku kambuh. Gatal-gatal karena alergi cuaca. Biasanya gatal-gatal ini kambuh bila aku mudik ke rumah orang tua yang ada di Pare-Kediri.

Mungkin wajar jika gatal-gatalku kambuh saat berada di rumah orang tua. Karena rumah orang tuaku berada di kaki gunung. Hawa dingin semakin memperparah gatal-gatalku. Tapi, saat ini aku berada di kota yang jauh dari pegunungan. Harusnya sangat mustahil alergiku kambuh. 

Faktor yang Memperparah Alergiku

Semakin hari gatal-gatal di bagian kaki semakin parah. Penyebab utamanya adalah kondisi kulitku yang sangat kering. Hawa dingin membuat konsumsi air putihku berkurang. Tentu saja hal tersebut membuat kulitku tambah kering. 

Kulit yang kering meningkatkan rasa gatal. Semakin kering semakin gatal. Aku tak bisa menahan diri untuk tidak menggaruknya. Ada kepuasan tersendiri jika bisa menggaruk kaki yang gatal. Akibatnya, kakiku menjadi luka-luka. Luka ini kalau terkena air sangat perih. 

Cara Efektif Mengatasi Gatal Karena Alergi Cuaca

Tak ingin semakin parah, aku berusaha mencari cara agar gatal-gatalku bisa teratasi. Pertama aku memastikan kondisi kulitku tidak kering. Aku memakai berbagai jenis bahan untuk melembabkan kulitku. Minyak zaitun, baby oil, tender care, dan pelembab berbahan dasar aloe vera sudah aku coba. 

Minyak zaitun yang kaya akan vitamin E sangat membantu melembabkan kulit. Tapi teksturnya yang lengket khas seperti minyak pada umumnya menimbulkan ketidaknyamanan. Begitu juga dengan baby oil. Kedua bahan tersebut biasanya aku pakai menjelang tidur. 

Sedangkan si mungil  tender care dari Oriflame sangat membantu saat kulit bekas garukan terasa perih. Segera aku oleskan tender care. Meskipun teksturnya juga sedikit lengket, tapi ada efek mendinginkan di bagian yang terluka. 

jeju aloe ice
Biasanya aku juga memakai gel aloe vera untuk mengatasi kulitku yang sangat kering. Tapi gel aloe vera sedang habis. Beruntung aku masih punya jeju Aloe Ice di freezer. Krim yang baru keluar dari freezer sangat membantu mendinginkan dan melembabkan bagian kulit yang berpotensi gatal karena sangat kering. 

Bahan-bahan tersebut memang melembabkan kulit tapi tidak sepenuhnya menghilangkan rasa gatal. Sifatnya hanya mengurasi gatal saja. Sehingga aku tetap harus menemukan bahan yang benar-benar bisa mengatasi alergi gatalku. 

Mengatasi Gatal-Gatal dengan Berasatagi Astagina

Berastagi Astagina adalah bedak dingin, kosmetik tradisional yang berasal dari Kalimantan. Awalnya mengenal Berastagi dari seorang teman yang berasal dari Kalimantan. Dia mengatakan rahasia perawatan kulit mulusnya hanya dengan Berastagi Astagina yang dia bawa dari kampung halamannya.

Niat awal membeli Berastagi Astagina untuk perawatan wajah, khususnya menghilangkan bekas jerawat. Tapi, ternyata bedak dingin berwarna coklat ini bisa mengobati gatal-gatal di kakiku. Gatal karena alergi cuaca ekstrim sudah lama aku alami. Tentu saja aku selalu khilaf menggaruk gatal-gatal yang biasanya di area kakiku. Semakin aku garuk, biasanya area gatal akan semakin luas. Gatal-gatalku juga semakin parah. 

Setelah rutin memakai Berastagi di bagian kaki yang sedang gatal karena alergi cuaca, area gatalnya tidak menyebar kemana-mana. Bahkan, bekas garukan yang menghitam perlahan memudar dan hilang. Sejak saat itu, aku selalu sedia Berastagi Astagina di rumah. 

Berastagi Astagina sepintas seperti bedak dingin biasa. Tapi bedak dingin dari Kalimantan ini sedikit berbeda dengan bedak dingin yang ada di Jawa. Bedak dingin dari Jawa biasanya berwarna putih dan bahan bakunya biasanya beras dan sedikit rempah-rempah. Tapi bedak dingin Kalimantan ini ada kandungan belerangnya. Sehingga bisa juga untuk mengatasi gatal-gatal. 

Agar tidak terasa kering saat memakai bedak dingin Berastagi Astagina, aku mencampurkan butiran bedak dingin dengan air mawar. Oya, bedak dingin ini adalah bedak tradisional, jadi jangan berharap hasil instan. Butuh ketelatenan dan kesabaran untuk hasil yang memuaskan. 

Gimana? Apakah teman-teman punya resep rahasia mengatasi gatal karena alergi cuaca?







No comments