5 ALASAN BUNDA WAJIB SEDIA ABON DI RUMAH

5 Alsan Bunda Wajib Sedia Abon di Rumah- Setiap orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ayah dan Bunda sama-sama bertugas  memberikan perlindungan untuk keluarga, namun bentuknya sedikit berbeda. Ayah yang lebih dominan memberikan perlindungan dari luar, maka Bunda punya andil melindungi anggota keluarga dari dalam rumah. Salah satunya adalah memastikan makanan untuk anggota keluarga adalah makanan yang terbaik. Begitu juga denganku. 

Salah satu usahaku untuk memberikan makanan yang terbaik untuk keluarga adalah lebih selektif terhadap bahan makanan yang ada di rumah. Aku berusaha memilah apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh keluarga kecilku. Karena apa yang  mereka makan akan berpengaruh pada tubuh. Kondisi tubuh akan berpengaruh juga terhadap kelancaran aktivitas mereka  di luar rumah. 

Ngomongin makanan untuk keluarga. Idealnya memang makanan yang terbaik dimulai dari tanganku sendiri. Makanan yang dibuat penuh cinta memiliki cita rasa yang tak tergantikan. Itu sebabnya banyak yang mengatakan hal yang dirindukan saat berada di perantauan adalah masakan seorang Bunda di rumah.

Namun, adakalanya banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi tidak ideal. Sebagai seorang Bunda, aku  tidak bisa menyajikan makanan dari tangannya sendiri setiap hari. Tapi, bukan berarti aku tidak sayang dengan suami dan anak-anak. Sadar dengan keterbatasanku, aku segera mencari solusi bahan apa saja yang bisa aku sediakan di rumah. Salah satu makanan cepat saji yang wajib sedia di rumah adalah abon. Tentunya bukan tanpa alasan kenapa aku memilih wajib sedia abon di rumah untuk keluarga kecilku. 


Praktis

Ini adalah alasan paling logis memilih abon menjadi salah satu makanan cepat saji yang wajib ada di rumah. Abon bisa diandalkan saat aku tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan masakan di dapur. Pagi hari biasanya waktuku sangat terbatas.  Suami dan si sulung Agha  harus sudah berangkat pukul 5.30 WIB. Aku memilih membuat menu sarapan yang sederhana dengan bahan pelengkap abon. Menu favorit agha biasanya nasi yang ditaburi abon kemudian digulung dengan nori. Setelah itu gulungan tersebut dipotong menjadi beberapa bagian.

Bergizi

Meskipun dinamakan makanan cepat saji, abon termasuk dalam katagori makanan dengan gizi tinggi. Karena biasanya abon dibuat dari daging sapi atau ikan yang  berkualitas. Itulah alasan lain mengapa aku selalu sedia abon di rumah. Aku tetap memperhatikan asupan gizi keluarga kecilku walau tidak bisa memasak secara langsung untuk mereka. 

Kandungan Gizi daging sapi atau ikan sudah tidak diragukan lagi. Memilih selalu sedia  abon sapi atau abon ikan di rumah adalah salah satu ikhtiyar untuk tetap memberikan yang terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh keluargaku. 

Tahan lama

Jika bisa menyajikan makanan cepat saji yang sehat sekaligus bisa menghemat anggaran belanja rumah tangga, kenapa tidak? Memilih selalu sedia abon di rumah karena selain termasuk makanan sehat, abon juga tahan lama. Bahkan, abon tak perlu dimasukkan dalam lemari pendingin agar tetap awet. Abon bisa bertahan sekitar6-9 bulan di toples. Tapi, abon di rumahku tidak pernah bisa seawet itu. Satu toples besar abon kurang lebih dua minggu sudah ludes. Sifatnya yang tahan lama membuat abon juga bisa dibawa bepergian.  

Bisa Dikreasikan Menjadi Beragam Menu

Abon tidak hanya praktis, sehat, dan tahan lama. Abon adalah makanan cepat saji yang bisa dikreasikan menjadi beragam menu. Apabila lagi rajin, aku bisa betah berkreasi di dapur. Membuat menu sarapan beraneka jenis dengan menyelipkan abon di dalamnya. Meskipun sebenarnya abon sendiri sudah lezat saat dimakan dengan nasi hangat. 

Menu yang biasa aku buat memakai abon sebagai pelengkap diantaranya adalah nasi goreng abon, nasi gulung abon, roti tabur abon, roti isi abon, dan masih banyak lagi. Segala menu yang aku buat di rumah  menjadi lebih laris ketika ditambah abon. 

Punya Banyak Manfaat 

Bahan dasar abon biasanya daging sapi, ayam, atau ikan. Bahan-bahan tersebut sudah bukan rahasia umum lagi kalau punya kandungan gizi tinggi. Olahan daging satu ini bisa mencegah anemia. Karena kandungan zat besi di dalamnya bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Bila kebutuhan sel darah merah terpenuhi maka kebutuhan oksigen ke otak secara otomatis tercukupi. Hal tersebut membantu meningkatkan daya konsentrasi. 

Abon juga menjadi makanan cepat saji yang mempunyai asupan energi yang baik. Mengapa demikian? Berdasarkan sumber yang aku baca, kandungan gizinya antara lain terdiri dari energi 212 Kkal, protein 18 gram, dan karbohidrat 59,3 gram.

Kandungan protein yang tinggi pada abon sapi, ayam, dan ikan juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang, Selain itu, menyisipkan abon dalam menu sarapan akan membuat perut  kenyang lebih lama. 


CARA MENDAPATKAN ABON HALAL DAN BERKUALITAS 

Manfaat abon yang banyak tersebut menjadi alasan paling kuat mengapa wajib sedia abon di rumah. Namun, aku akui berburu abon berkualitas, homemade, dan  halal itu bukan perkara mudah. Beberapa kali membeli abon di tempat yang kurang tepat sehingga anak-anak kurang berselera makan dengan abon tersebut. 

Beruntung aku dipertemukan dengan sahabat lama lewat dunia maya. Beliau ternyata menyediakan abon-abon berkualitas dan tentu saja halal. Saat mencoba beberapa abon dari beliau, aku langsung cocok. Agha dan Gia selalu minta nambah porsi kalau makan sama abon sapi GAMA. Rasanya pas di lidah kami sekeluarga. Takaran asin dan manisnya pas. Bahkan, suami sempat memberikan penilaian terhadap abon lele PAMUJI. Katanya lelenya benar-benar terasa, tidak hanya sekedar bau lele saja. 

Adik ipar yang kebetulan berkunjung ke rumah juga mencicipi abon ayam GAMA. Dia suka dengan tekstur abon ayam yang menurutnya renyah. Kalau aku suka abon tuna HIKMAH untuk teman makan nasi hangat di pagi hari. 

Oiya, sebentar lagi bulan Ramadhan. Aku ingin borong  abon untuk persediaan saat buka puasa dan sahur. Abon adalah makanan praktis, bergizi, tahan lama, dan halal yang wajib ada di rumah.  

GrosirAbon.com  
Jl. Mutiara 2.8/AM 17 Kota Baru Driyorejo- Gresik-Jawa Timur
SMS/WA 085649195338
FB Grosir Abon
Twitter @grosirabon





No comments