7 TIPS MEMILIH PINJAMAN ONLINE TERBAIK

https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/
7 Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik- Di zaman serba digital seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih sesuatu yang praktis. Rata-rata orang memilih menyelesaikan segala urusan secara online hanya melalui smartponenya. Membayar semua tagihan sampai pesan makanan mengandalkan jari-jemari saja. Bahkan, untuk mengajukan pinjaman uang, orang lebih memilih melakukan secara online dari pada harus pergi ke Bank dengan alasan efisiensi. Ngomongin pinjaman online, aku punya beberapa tips memilih Pinjaman online terbaik agar permasalahan keuangan kalian bisa segera teratasi dengan mudah.

Terdaftar Secara Resmi 

Sebelum memutuskan memilih tempat pinjaman online, hal pertama yang harus diperhatikan adalah melakukan kroscek apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK atau tidak. Salah satu ciri-ciri pinjaman online terbaik adalah terdaftar di OJK. Silahkan cek di situs www.ojk.go.id untuk memastikan bahwa kalian memilih perusahaan yang tepat untuk melakukan pinjaman online. OJK secara berkala akan memperbaharui data perusahaan yang masuk katagori aman melakukan aktivitas finansial. Jadi, pastikan perusahaan yang akan menjadi tujuan meminjam uang sudah memperbaharui pendaftaran di OJK setiap tahun. 

Melakukan pengecekan seperti ini penting untuk menghindari rentenir yang berkedok Fintech. Salah satu ciri-cirinya adalah tidak terdaftar secara resmi di OJK. Itu sebabnya tidak boleh melewatkan tahapan penting satu ini. Karena pihak yang akan dirugikan adalah nasabah jika ternyata terlanjur melakukan pengajuan pinjaman, namun perusahaan tersebut tidak terdaftar di OJK.

Area yang Tercover Luas 

Meskipun pinjaman bersifat online, perlu diperhatikan cakupan area yang bisa disetujui oleh perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang hanya menerima calon peminjam yang beralamat di JABODETABEK saja. Namun, bila sebuah perusahaan sudah bisa mengcover area seluruh Indonesia, artinya perusahaan tersebut berkembang baik selama ini. Ini adalah salah satu ciri-ciri yang dimiliki perusahaan pinjaman online terbaik. Karena tidak membatasi cakupan wilayah tertentu saja. 

Perusahaan yang tumbuh sehat yang mempunyai cabang di berbagai wilayah tentu saja tidak diragukan lagi kualitasnya. Perusahaan yang seperti ini bisa dipilih sebagai partner yang bisa menolong permasalahan finansial kalian. Ingat, meskipun sedang dalam kondisi terjepit butuh uang, harus tetap kritis terhadap perusahaan yang akan membantu menyelesaikan masalah keuangan kalian.

Punya Track Record Bagus 

Sama halnya sebuah toko online yang mempunyai banyak testimoni positif, perusahaan peminjaman online juga harus punya testimoni serupa. Mengetahui bagaimana pengalaman orang lain saat melakukan pengajuan dana online di perusahaan tersebut sangat penting. Kalian bisa belajar dari pengalaman orang lain. Dari cerita orang lain bisa diketahui juga bagaimana cara kerja sebuah perusahaan peminjam  online melakukan seleksi terhadap calon nasabahnya.

Perusahaan peminjaman online terbaik biasanya memiliki track record bagus di mata nasabahnya. Semakin banyak nasabah yang puas dengan pelayanan perusahaan tersebut, maka perusahaan itu layak dilirik sebagai pihak yang akan membantu menyelesaikan permasalahan keuangan kalian.



Kemudahan Persyaratan

Perusahaan yang mengedepankan kepentingan nasabah biasanya tidak akan mempersulit calon nasabah. Perusahaan tersebut akan memberi banyak kemudahan persyaratan kepada calon nasabah. Perusahaan peminjaman online terbaik yang bisa kalian pilih adalah yang tidak mengikutkan BI checking dalam persyaratannya. Perusahaan tetap bisa menganalisa riwayat keuangan kalian meski tanpa BI checking. 

Ada perusahaan yang tidak membebani calon nasabah dengan persyaratan yang rumit. Karena mereka sadar sebagian besar orang lebih suka dengan perusahaan yang meminta lebih sedikit berkas untuk persyaratan pengajuan pinjaman online. Jadi, melakukan survey ke beberapa perusahaan terkait persyaratan pengajuan sebelum memutuskan akan melabuhkan hati ke perusahaan mana,  menurutku sah-sah saja. Pilihlah perusahaan yang memberi kemudahan dalam hal pengajuan pinjaman online.  

  Pengajuan yang Fleksibel

Berbeda dengan Bank yang membatasi nominal dan jangka waktu peminjaman, Perusahaan peminjaman online terbaik biasanya lebih fleksibel. Mereka lebih mengakomodir kebutuhan calon peminjam. Bahkan, peminjaman dana yang nominalnya di bawah standar peminjaman dana pada umumnya saja tetap dilayani. 

Perusahaan peminjaman online terbaik selalu mengerti kemauan calon nasabahnya. Calon nasabah bebas menentukan nominal yang akan dipinjam dan jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Itu sebabnya, peminjaman online lebih banyak dicari orang karena lebih fleksibel.

 Transparansi Biaya 

Semua komunikasi calon nasabah dan perusahaan peminjaman online dilakukan tanpa tatap muka alias secara online. Maka dibutuhkan informasi yang sangat jelas terkait semua biaya. Transparansi biaya ini adalah salah satu ciri perusahaan peminjaman online terbaik. Di website akan diinfokan secara detail berapa nominal dana yang bisa dipinjam oleh nasabah, berapa bunganya, dan berapa jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pinjaman tersebut. 

Transparansi biaya ini penting agar tidak ada masalah antara perusahaan dan calon nasabah di kemudian hari. Informasi yang lengkap sangat membantu calon nasabah memetakan diri mereka sendiri. Karena adanya informasi tersebut, calon nasabah mendapat gambaran berapa nominal yang sebaiknya diajukan ke perusahaan tersebut. Calon nasabah bisa lebih bijak mengajukan pinjaman online sesuai dengan kemampuan finansial mereka. 

  Kecepatan Pencairan 

Hal ini menjadi Poin penting yang menjadikan sebuah perusahaan dinobatkan menjadi perusahaan peminjaman online terbaik oleh nasabah. Semakin cepat dana pinjaman bisa cair, semakin banyak nasabah yang datang ke perusahaan tersebut. Ada perusahaan yang bisa mencairkan dana calon nasabahnya kurang dari 3 hari. Hal ini tentu sangat membantu calon nasabah yang memang terdesak membutuhkan uang dalam waktu singkat. 

Perusahaan yang bisa memberi solusi kepada nasabahnya secepat kilat biasanya akan cepat berkembang. Karena seorang nasabah yang merasa tertolong dengan pengajuan pinjaman online di perusahaan itu, akan bercerita kepada orang lain dan merekomendasikan kepada teman yang sedang membutuhkan dana cepat. Jurus marketing dari mulut ke mulut ini sudah terbukti ampuh. 

Itulah 7 Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik versiku. Semoga kalian lebih bijak menentukan perusahaan mana yang akan dipilih menjadi partner menyelesaikan masalah keuangan kalian. Kalau kalian masih bingung, bisa melakukan pinjaman online ke https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/.

No comments