Cara Unik Menikmati Liburan Di Candi Borobudur dan Sekitarnya


Libur akhir tahun telah tiba, saatnya mengeksekusi rencana liburan yang sudah disusun jauh-jauh hari. Bila belum punya destinasi wisata sama sekali, tidak ada salahnya liburan ke salah satu warisan budaya dunia yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ada banyak cara menikmati keindahan candi selain menaklukkan stupa puncaknya melalui anak tangga yang berbaris menanjak. Tidak dipungkiri bahwa kemegahan candi yang tiada duanya menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bahkan, desa di sekitar candi telah disulap menjadi destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Yuk, intip bagaimana menghabiskan liburan di Candi Borobudur dan sekitarnya dengan cara yang tidak biasa.

1. Mengamati Arsitektur dan Relief Candi
Buat kalian yang memiliki minat di bidang arsitektur, mengamati Borobudur dari setiap detailnya tentu menarik. Pasti kalian sudah tahu jika Candi yang didirikan oleh penganut Budha Mahayana ini dibangun dengan 6 buah teras bujur sangkar. Lanjut ke bagian atasnya terdapat tiga pelataran berbentuk melingkar. Dinding candi memiliki 2.600 panel relief dan dilengkapi dengan 504 arca Budha. Stupa utama di bagian tengah dikelilingi oleh 3 barisan melingkar dan 72 stupa lainnya yang berlubang dengan arca Budha di dalamnya. Bilakalian amati dari atas, Borobudur tampak seperti pola Mandala rumit yang menggambarkan konsep alam semesta.
2. Menyambut Matahari di Puncak Stupa
Momen yang terbaik untuk menikmati keindahan Candi Borobudur adalah saat matahari terbit. Karena dari puncak stupa, kalian bisa melihat indahnya semburat mentari pagi menyapa. Agar dapat menikmati momen ini, kalian dapat memilih menginap di Hotel Manohara yang mempunyai akses ke situs atau membeli paket tur sunrise Borobudur. Bila tidak ingin menginap, kalian bisa datang ke hotel menjelang subuh, kemudian mendaftar dan membayar biaya masuk untuk mendapatkan akses ke dalam.
Dengan berjalan kaki, kalian akan sampai di kompleks Candi Borobudur. Spot paling favorit untuk memburu foto matahari terbit yaitu stupa yang bagian atasnya terbuka sehingga menampakkan Budha yang sedang bermeditasi. Lokasinya ada di lantai dua dari atas, di sebelah kanan. Namun, sunrise di Candi Borobudur selalu ramai ketika akhir pekan, sehingga buat kalian yang tidak begitu suka dengan keramaian, disarankan datang di hari Senin hingga Kamis jika ingin menikmatinya.
3. Bersantai di Taman Candi Borobudur
Buat kalian yang menyukai taman, bisa memilih bersantai di Taman Candi Borobudur. Di kawasan taman juga tersedia andong atau kereta kuda yang dapat membawa Anda berkeliling taman. Harga sewa untuk satu andong cukup murah, berkisar antara Rp30.000 sampai Rp50.000. Sementara kereta kelinci atau trackless train dapat dinaiki dengan tarif Rp7.000 per orang. Menghabiskan waktu santai di Borobudur, kalian dapat menyewa gajah tunggangan di sekitar taman dengan tarif sekitar Rp50.000. Ada juga mobil VW yang dapat disewa untuk berkeliling hingga ke desa-desa sekitar candi. Harga sewa fasilitas tersebut di luar tiket masuk Candi Borobudur, sehingga kalian perlu menyediakan uang tunai untuk menggunakannya.
4. Jelajah Desa di Sekitar Borobudur
Setelah puas berkeliling di kawasan candi, kalian bisa menjelajah desa di sekitarnya. Desa-desa di kecamatan Borobudur telah berbenah sehingga menjadi tempat wisata yang sangat indah. Seperti desa Wanurejo, dengan dusun-dusun di sekitarnya. Ada beberapa Balkondes yang bisa kalian singgahi yaitu Wanurejo, Wringinputih, Tuksongo, Duta Menoreh, hingga Majaksingi. Dari Balkondes Wanurejo, kalian bisa melihat stupa candi dari ketinggian serta persawahan warga di sekelilingnya.
5. Kursus Bahasa Inggris
Jika ingin liburan sambil belajar, kalian dapat belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris dari tempat-tempat kursus tak jauh dari Candi Borobudur. Biasanya paket kursus sudah termasuk kunjungan ke candi untuk praktik langsung dengan wisatawan asing. Lama kursus bervariasi, antara 6 hingga 30 hari. kalian bisa mengambil paket liburan dari sejumlah tempat kursus di sana.
Nah, itulah cara-cara luar biasa untuk menikmati liburan di Candi Borobudur agar semakin berkesan. Tunggu apalagi? Segera masukkan candi Borobudur dalam rencana liburanmu.

1 comment

  1. udah lama banget nggak ke sini :D udah semakin cantik nggak ya :)))

    ReplyDelete