5 YOUTUBER FOTOGRAFI FAVORIT

Setahun terakhir aku terjun ke dunia fotografi. Dunia motret memang sesuatu yang baru buatku. Benar-benar baru sampai aku sama sekali tidak tahu apa itu ISO, shutter speed, exposure, dan istilah fotografi lainnya. Berada pada lingkaran pertemanan yang isinya adalah teman-teman yang punya hobi fotografi yang akhirnya menggerakkan hatiku ingin serius belajar fotografi seperti mereka. Sebagai seorang blogger, aku selama ini hanya menggunakan foto karya orang lain di situs penyedia foto gratisan sebagai penunjang tulisan di blog. Tapi, melihat teman-teman menggunakan foto hasil jepretan sendiri di setiap postingannya, membuatku ingin melakukan hal yang sama.

Berbekal kamera Mirroless Canon M3 aku nekat belajar fotografi. Para sahabat memang membantu dalam proses belajarku. Terutama membantu menilai apakah hasil jepretanku sudah bagus atau belum. Namun, aku tidak bisa mengandalkan mereka setiap saat karena kesibukan masing-masing. Akhirnya aku memutuskan belajar dari Youtube. Aku bisa belajar kapanpun yang aku mau tanpa mengganggu aktivitas mereka. Akhirnya aku mempunyai kanal youtube favorit.  Lima youtuber ini sangat membantu proses belajar fotografi mulai dari hal yang paling dasar sekalipun. Siapa sajakah mereka? Yuk langsung saja

Akadika


Kesan pertama membuka akun youtube cowok yang baru saja menikah ini adalah ganteng dan smart. Dia adalah seorang penyiar radio yang punya usaha studio foto di Pekanbaru, Riau. Aku suka pantengin youtuber satu ini karena dia membagikan hal-hal paling dasar tentang fotografi. Bahkan video cara mengoperasikan camera pun juga ada. Video receh yang sangat membantu bagi pemula sepertiku yang masih bingung fungsi masing-masing tombol di camera yang baru dibeli dadakan. Penjelasan dalam video-video unggahan Akadika sangat detail. Mendengarkan setiap ulasannya seperti menyimak kuliah umum karena bahasa yang digunakan sangat runtut. Kayaknya doi cocok jadi dosen. Dan aku mau banget jadi mahasiswanya.hahaha.

Manuel Budijono


Arek Suroboyo yang sudah belajar fotografi sejak masih belia ini membuat video kelas online fotografi di kanal youtubenya. Hal-hal dasar seputar fotografi diulas dengan gaya bahasa yang santai, jauh dari kesan formal. Dia banyak menghasilkan karya sejak kuliah di Luar Negeri. Bahkan Dia sering membuat konten youtubenya hanya di kamar kos yang tidak begitu besar dengan peralatan seadanya.  Ide-ide kreatifnya memotivasiku bahwa untuk menghasilkan foto yang kece tidak harus dengan peralatan tempur yang mahal. Manuel sering menekankan jika fotogafi itu tidak kaku. Kita bebas menggunakan aturan sendiri dalam hal pemotretan. Karena sesungguhnya fotografi itu urusan rasa. Setiap orang punya rasa yang berbeda.

Glenn Prasetya


Tips fotografi saat traveling aku dapat dari Youtuber satu ini. Karena Doi suka membagikan tips motret kece saat sedang traveling keliling Indonesia atau Luar Negeri, terutama yang berkaitan dengan pemandangan indah di tepat yang disinggahi. Disela-sela pekerjaannya sebagai fotografer professional,  doi juga sering berbagi  tips fotografi untuk pemula. Glen Prasetya menjabarkan istilah fotografi yang rumit dengan perumpamaan yang mudah dipahami. Aku yang awalnya hanya iseng membuka chanelnya, sekarang jadi ketagihan ingin selalu menyimak konten terbaru yang dia hasilkan. Karena selain bisa melihat sisi lain dari dunia lewat agenda travelingnya, aku bisa belajar fotografi sekaligus.

Antosis Syafei 


Jika ingin belajar fotografi seperti sedang mengikuti kelas perkuliahan secara formal, aku membuka chanel bapak paruh baya ini. Kesan formal langsung terasa saat menyimak penjelasan beliau. Bahkan mendengarkan beliau berbiacara seperti mendengarkan orang membaca buku karena tata bahasanya yang sangat sistematis ketika menjelaskan tehnik dasar fotografi. Teori yang dipaparkan oleh bapak Antosis sangat gamblang, mudah dipahami. 

Cooph 


Aku tahu kanal youtube ini dari seorang sahabat. Pantengin chanel satu ini memang tidak akan bosan. Selalu ada hal baru yang dapat ditiru. Konsep kontennya selalu “out of the box” alias sesuatu yang tidak biasa. Kreatif abis pokoknya. Teman-teman yang suka foto potret pasti bahagia banget bisa nemu chanel Cooph. Saat menyimak konten yang dihasilkan oleh youtuber kelas dunia ini harus fokus, karena tidak ada dialog jadi dalam satu konten bisa ada banyak trik yang dimainkan untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Eksperimen yang dilakukan kadang terkesan gokil, seperti memasukkan kamera di dalam air atau menaruh lem pada lensa kamera. Hal-hal ekstrim dilakukan demi menghasilkan karya fotografi yang tak biasa. 
Itulah 5 Youtuber fotografi rekomendasi untuk pemula sepertiku. Karena kanal youtube mereka membantuku mengenal dunia fotografi secara perlahan. Karya yang aku hasilkan memang masih jauh dari kata sempurna, tapi setidaknya aku sudah maju satu langkah. Keluar dari zona nyaman untuk belajar sesuatu yang baru. Aku akan terus mengasah kemampuan menggunakan alat tempurku. Semoga semakin hari hasil jepretanku bisa semakin bagus. Doakan ya teman-teman. Siapa youtuber fotografi favorit kalian? share dunk di kolom komentar.




29 comments

  1. Aku paling sering mantengin cooph sama kanalnya glen prasetya sisanya sih nggak seberapa kenal semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang jadi kenal sama lainnya kan mbak?hehehe

      Delete
  2. Daku belum engeh siapa youtuber fotografi favorit, karena juga masih menjajaki wawasan tentang youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru setahun ini punya youtuber favorit kok mbak

      Delete
  3. Mendalami hobi fotografi emang sangat menyenangkan ya Mbak. Aku juga termasuk di dalamnya. Dari lima channel youtube di atas tiga diantaranya aku subscribe dan tiap kali ada video baru aku pasti nonton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selalu ada ilmu baru yang bisa dipelajari

      Delete
  4. YouTube menjadi sarana belajar yang murah dan cukup lengkap. Memanfaatkan teknologi untuk terus meng-upgrade diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali. sekarang belajar juga bisa dari rumah lewat youtube

      Delete
  5. Dengan begini yang awam jadi bisa belajar banyak ya. Kirain fotografi itu rumiiit banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ternyata kalua dipelajari pelan-pelan tidak sesulit yang dibayangkan

      Delete
  6. Dari youtuber favorit ini keliatan mbaknya punya ketertarikan di dunia fotografi

    Kalau aku favoritnya youtuber yg suka review makanan berarti menandakan aku suka makan huahahaha

    ReplyDelete
  7. Berkat bw dimari saya jadi tahu juga channel youtuber yang sebelum nya saya tidak tahu. Ikut belajar juga ah, selama ini ambil foto asal saja. atas dasar asal tidak blur, dinilai baik. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah satu alasan aku suka main di blog orang lain mbak. bisa belajar sesuatu yang baru dari tulisan mereka.

      Delete
  8. Emang seru ya kalo udah mengenal dunia fotografi bikin ketagihan .....boleh juga nih info kanalnya sambil belajar lagi

    ReplyDelete
  9. Ini patut dibintangi banget kalau mau belajar fotografi. Aku biasanya buka2 akun youtube beauty vlogger aja, sampek terlena akhirnya gak belajar2 motretnya, padahal udah ngerasa butuh banget, wkwk

    ReplyDelete
  10. Bener kata Tora Sudiro, apa pun, Youtube punya jawabannya. hehehe...mampir ah ke akun para Youtuber ini. Makasih infonya,Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz, asal kita mau meluangkan waktu untuk belajar dari youtube

      Delete
  11. Aku sering mantenginnya Glenn, ternyata banyak juga ya, bisa jadi reomendasi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku glen malah akhir-akhir ini baru aktif pantengin chanelnya mbak

      Delete
  12. Wah aku musti kepoin mereka nih..secara butuh belajar fotografi juga.
    Apalagi kalau banyak ngupas teknik buat pemula...mesti dipantengin ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk cuz pantengin mbak. bermanfaat banget kok

      Delete
  13. Wah ternyata ada yutuber yang bahas soal fotografi ya? Mau ah liat2 channelnya jg siapa tau dapat ilmu motret TFS

    ReplyDelete
  14. Aku harus subscribe mereka nih soalnya ilmu fotografi aku masih segitu-gitu aja nggak berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mereka enak banget kok mbak buat mentor fotografi kita

      Delete
  15. Saya salut dengan YouTuber dengan yang rajin berbagi tips dan ilmu. Baik itu konten fotografi, memasak, make up, dll. Semoga ilmu yang dibagikan berkah buat mereka :)

    ReplyDelete
  16. Wah dari kelima list di atas saya blm ada yg pernah nonton.kudet banvet aku ko soal youtuber hahaha

    ReplyDelete