5 Cara Jalani Hidup Apa Adanya Supaya Lebih Percaya Diri

5 Cara Jalani Hidup Apa Adanya Supaya Lebih Percaya Diri- Menjalani hidup apa adanya tanpa syarat ketentuan apapun tentu menyenangkan. Semua orang mendampakan hal tersebut. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana memulainya. Mereka sudah terlanjur hidup penuh kepalsuan, tidak menjadi diri sendiri. Mereka hidup dengan topeng bertahun-tahun.

Akan tetapi, tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang lebih baik. Untuk menjalani hidup apa adanya tanpa tedeng aling-aling bukan hal mustahil. Selama ada kemauan, pasti ada jalan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan supaya hidup menjadi lebih percaya diri. 

MENCINTAI DIRI SENDIRI

Manusia tercipta dengan kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan diri kita. Namun, yang harus kita pahami bahwa kita adalah spesial. Sehingga tidak ada alasan untuk rendah diri. Mencintai diri sendiri akan menumbuhkan rasa percaya diri. Mencintai diri sendiri terdengar mudah, tapi ternyata tidak semua orang bisa melakukannya. Sama halnya denganku. Namun, perlahan aku belajar untuk mencintai diri sendiri dengan beberapa hal positif.

Langkah pertama yang aku lakukan adalah perlahan menghilangkan kebiasaan memakai riasan tebal saat keluar rumah. Awalnya tidak percaya diri melihat wajah tanpa riasan. Wajah terlihat kusam. Akhirnya aku memilih melakukan perawatan harian secara rutin untuk kulitku, terutama wajah. Aku mempelajari kondisi dan kebutuhan kulitku. Kemudian aku memilih produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitku. 

Perlahan tapi pasti, kondisi kulitku yang kusam berubah menjadi lebih segar. Bekas jerawat di beberapa titik juga sudah memudar. Kulitku menjadi glowing. Hal ini berkat perawatan harian yang aku lakukan secara teratur. Hal ini berpengaruh terhadap caraku melihat diri sendiri. Kini, aku lebih mencintai diri sendiri. Pergi ke luar rumah apa adanya ( bare face) tanpa riasan sudah biasa. Saat berpapasan dengan orang yang aku kenal, aku bisa percaya diri menyapa dan tersenyum lebar. 

BERSYUKUR DALAM SEGALA KONDISI

Ketika nikmat berlimpah, sangat mudah mengucapkan syukur. Tapi saat kondisi terpuruk, bersyukur masih diberi umur panjang saja terasa susah. Padahal, jika kita mau bersyukur dengan segala kondisi dan menjalani hidup apa adanya, tidak akan ada perasaan minder (rendah diri). 

Perasaan rendah diri ini seringkali membuat seseorang hidup penuh dengan kepalsuan. Menutupi kekurangannya dengan berbagai cara. Aku pernah ada di tahap ini. Sampai akhirnya aku terinspirasi dengan video dari IM3Ooredoo yang sangat menohok. Bahwa menjalani hidup apa adanya, bersyukur dalam segala kondisi membuat seseorang bisa lebih percaya diri. Tidak perlu berpura-pura menjalani hidup seperti sediakala, jika pada kenyataannya ada perubahan besar yang sudah terjadi dalam hidup kita.  Kita cukup beradaptasi dengan kondisi baru saat ini dan bersyukur. 




BERHENTI MEMBANDINGKAN 

Hadirnya media sosial punya dampak positif sekaligus negatif. Segala yang terlihat di media sosial tampak sempurna tanpa cela. Meskipun banyak fakta yang mengungkapkan jika kehidupan media sosial rentan dengan kepura-puraan.  Hingga tanpa kita sadari, kita membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain lewat media sosial. 

Padahal, Hidup seperti orang lain itu melelahkan. Membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan teman atau kerabat tak pernah ada habisnya. Jalani hidup apa adanya. Kita terlahir dengan bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Membandingkan diri kita degan orang lain justru membuat kita semakin terpuruk. 

Berhenti membandingkan kondisi kita dengan siapa pun. Berhenti mengikuti gaya hidup dan pemikiran orang lain. Karena kita akan hidup seperti memakai topeng, tidak menjadi diri sendiri. Saat tidak bisa menjalani hidup apa adanya, rasa percaya diri kita juga akan hilang. rasa tersebut akan berganti dengan rasa cemas tak berkesudahan. Takut orang lain akan mengetahui topeng yang sedang kita pakai. Kondisi tersebut tentu saja tidak bagus. Jadi, mulai saat ini berhenti membandingkan. Membandingkan diri sendiri, pasangan, anak, karir kita dengan orang lain. Jalani hidup apa adanya, maka akan melahirkan rasa percaya diri yang tinggi. 

SELALU BERPIKIR POSITIF 

You are what you think. Kamu adalah apa yang kamu pikir. Begitu besar pengaruh pola pikir terhadap tindakan kita. Pola pikir bahwa kita spesial, kita cantik, kita punya beragam kelebihan akan mempengaruhi bagaimana kita menjalani hidup. Tidak perlu merasa minder dan menjalani hidup apa adanya.
Begitu juga sebaliknya. Jika kita berpikir tentang kekurangan yang ada pada diri secara terus-menerus, maka akan melahirkan rasa kurang percaya diri. Kita cenderung tidak berani menjalani hidup apa adanya. Selalu hidup dengan kepura-puraan demi menutupi rasa kurang percaya diri. 

KEMBANGKAN POTENSI DIRI

Setiap manusia terlahir dengan bakat spesial. Bakat satu orang bisa berbeda dengan lainnya. Kita dianugerahi akal untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri. Mengenal potensi diri dan berusaha mengembangkannya adalah tugas kita paling utama.

Apabila kita sudah menemukan potensi diri dan mengembangkannya, Artinya kita mampu untuk tumbuh dan berkembang. Hal ini membuat kita tidak perlu berpura-pura menjadi seperti orang lain. Menjalani hidup apa adanya seperti yang kita mau. Berpura-pura dalam menjalani hidup memang melelahkan. Karena menyita banyak energi. 

Menjalani hidup apa adanya tanpa syarat ketentuan memang menyenangkan. Karena kita merasa bebas tanpa tekanan.  Aku jadi teringat produk telekomunikasi yang mengusung semangat kebebasan seperti ini, yaitu IM3Oredoo. IM3Oredoo telah menghadirkan Freedom Internet yang bebas syarat ketentuan juga.

 Jadi, jalani hidup apa adanya ya kawan.

No comments