Tips Bepergian Jauh Bersama Anak Menggunakan Sepeda Motor

Tips Bepergian Jauh Bersama Anak Menggunakan Sepeda Motor- Setiap anak memiliki kisahnya sendiri. Sepertinya ungkapan tersebut yang aku rasakan sebagai bunda dari dua bocah spesial, Agha dan Gia. Tidak hanya karakter keduanya yang bertolak belakang. Tapi kebiasaan keduanya saat diajak bepergian jauh juga berbeda. 

Bepergian jauh membawa Agha tidak banyak drama. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada kendala.  Sejak dia masih berusia 2 bulan, aku dan suami sering mengajaknya bepergian ke luar kota menggunakan sepeda motor. Dia selalu tidur sepanjang perjalanan. 

Kebiasaan tidur di atas motor  terus berlanjut hingga saat ini. Dia sekarang berusia 7 tahun.  Agha bisa tidur nyenyak di atas motor dalam kondisi apapun. Saat macet, panas, bahkan ketika hujan deras dia tetap bisa tidur nyenyak dalam balutan jas hujan. 

Kebiasaan Agha tetap tidur dengan nyaman di sepeda motor, membuat perjalanan kami selalu lancar. Kami sering berkunjung ke rumah orang tua yang berada di luar kota. Dalam satu tahun, bisa 5-6 kali kami menempuh perjalanan jauh menggunakan sepeda motor membawa Agha. 

Namun, intensitas perjalanan ke luar kota  mulai berkurang sejak hadirnya adik Gia. Gia tipe bayi yang hanya nyaman tidur di kasurnya sendiri. Sehingga selalu ada drama bila bepergian jauh bersama Gia. 

Ketika berumur sekitar satu tahun, kami mengajak Gia mudik ke rumah orang tua di jombang. Sepanjang perjalanan Gia menangis. Segala upaya sudah dilakukan tapi tidak meredakan tangisannya. Bahkan, kami sudah berhenti di rest area kurang lebih satu jam. Berharap Gia bisa tenang. 

Namun, hasilnya nihil. Akhirnya kami tetap melanjutkan perjalanan sambil berharap dia bisa tidur dalam gendongan. Namun, Gia baru diam saat kami mulai masuk kota Mojokerto. Dia tidur setelah lelah menangis. 

Kejadian tersebut membuat kami berpikir dua kali setiap mau bepergian jauh membawa Gia. Sebelum mengajak Gia bepergian jauh lagi, Aku dan suami mencoba mencari tahu penyebab Gia rewel dan berusaha mencari solusi. 

Dari pengamatan kami, ada beberapa penyebab anak rewel saat diajak bepergian jauh menggunakan sepeda motor. Sehingga ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajak si kecil bepergian jauh menggunakan sepeda motor. 

KENALI KONDISI ANAK 

Sebelum mengajak anak bepergian jauh, kenali kondisi anak saat itu. Apalagi bila bepergian menggunakan sepeda motor. Pada kasus Gia, dia belum tidur siang ketika diajak bepergian ke luar kota. Jadi, di tengah perjalanan dia ngantuk dan tidak bisa memulai tidur.

Kondisi lain yang harus diperhatikan adalah urusan perut. Anak sudah makan atau belum adalah hal penting yang harus diketahui oleh orang tua. Perut anak tidak boleh kosong saat berangkat. Bepergian menggunakan motor berpotensi terkena angin secara langsung. Perut anak yang belum terisi makanan sama sekali bisa kembung dan muntah-muntah. Ini pernah terjadi pada Agha dan Gia.

Selain dua poin di atas, ada satu hal yang harus diperhatikan ketika mengajak anak bepergian jauh menggunakan sepeda motor. Kondisi kesehatan anak secara keseluruhan juga harus diperhatikan. Saat mengetahui kondisi kesehatan anak sedang tidak fit seperti biasanya, maka tunda rencana bepergian menggunakan sepeda motor.

Bila memaksakan bepergian dalam kondisi suhu badan anak sedang hangat dari biasanya, anak batuk atau pilek hanya akan memperparah kondisinya. Banyak orang tua yang mengabaikan kondisi tersebut dengan alasan tertentu. Sehingga setelah sampai di tempat tujuan, anak sakit.

CEK PERLENGKAPAN ANAK


Bepergian jauh menggunakan sepeda motor tentu tak sama dengan menggunakan mobil.  Jika membawa anak-anak bepergian menggunakan mobil tidak perlu memakai banyak perlengkapan. Memakai kaos pendek dan celana pendek saja tidak masalah. 

Berbeda ketika menggunakan sepeda motor. Perlengkapan harus komplit demi keamanan dan kenyamanan. Selain helm dan jaket, perlengkapan yang wajib untuk anak-anak adalah kaca mata. Kaca mata yang digunakan bisa kaca mata bening atau kaca mata hitam. 

Fungsi dari kaca mata ini selain melindungi dari debu, cahaya matahari, atau hewan malam yang ukurannya kecil. Biasanya hewan-hewan ini mulai muncul menjelang magrib dan berpotensi masuk mata. 

Perlengkapan lain yang sebaiknya dipakai oleh anak ketika bepergian menggunakan sepeda motor adalah masker. Di pasaran sudah banyak tersedia masker khusus anak yang bentuknya lucu-lucu. Anak-anak pasti suka memakainya. 

Perlengkapan lain yang biasanya kami bawa saat bepergian jauh adalah makanan ringan, mainan kecil, dan beberapa alat tulis seperti buku gambar dan crayon kecil. Barang-barang ini sangat membantu ketika berhenti di rest area yang cukup luas. Apalagi jika memiliki anak balita.

Ketika anak-anak diajak untuk istirahat sejenak, mereka bisa makan, bermain, menggambar, atau mewarnai. Kegiatan tersebut bisa mengalihkan rasa lelah selama di atas sepeda motor. 

Perlengkapan lain yang wajib di bawa adalah tas kecil. Tas ini berisi barang yang wajib dibawa saat bepergian bersama balita. 

REHAT SEJENAK 

Perjalanan menggunakan sepeda motor lebih banyak menguras energi. Begitu juga dengan anak-anak. Duduk dengan posisi yang sama dalam durasi yang cukup lama membuat mereka lelah. Orang tua harus peka dengan kondisi anak. Jika mereka sudah mulai menunjukkan gelagat capek, segera menepikan sepeda motor. 

Rehta sejenak selama bepergian jauh sangat penting. Selain memulihkan kondisi badan, juga meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat mengemudi dalam kondisi lelah. Idealnya, Setiap satu jam perjalanan, istirahat di rest area 15-20 menit sangat dianjurkan. 

Kami biasanya memilih berhenti di mini market yang berada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat duduk khusus pelanggan. Anak-anak bisa istirahat sembari menikmati minuman atau makanan ringan yang dibeli dari mini market tersebut. 

Kami tidak pernah menghitung berapa lama durasi istirahat ketika bepergian ke luar kota bersama anak-anak. Jika dalam 15 menit anak-anak sudah ceria kembali, maka kami memutuskan melanjutkan perjalanan. Namun, bila anak-anak memang butuh istirahat lebih lama, maka kami tidak keberatan untuk menunggu hingga suasana hati mereka siap untuk diajak melanjutkan perjalanan. 

Bepergian jauh bersama anak-anak menggunakan sepeda motor memang sedikit melelahkan, apalagi saat musim hujan tiba. Tapi tetap banyak hal yang menyenangkan. Karena selalu ada hal baru yang kami temui sepanjang perjalanan. Selama hal-hal di atas selalu diperhatikan, perjalanan akan lancar. 

Apakah kalian punya tips khusus selama bepergian jauh bersama anak menggunakan sepeda motor?








No comments