3 Cara Mendukung Anak Tumbuh Bahagia

3 Cara Mendukung Anak Tumbuh Bahagia- Melihat anak-anak tumbuh menjadi anak yang ceria adalah impian setiap orang tua. Sebuah penelitian menunjukkan anak-anak yang bahagia dalam kesehariannya mempunyai peluang besar untuk sukses. Karena segala rintangan sesulit apapun bisa dilalui dengan hati gembira. 


Untuk mewujudkan kebahagian seorang anak, ada 3 faktor pendukung yaitu keterlibatan orang tua, stimulasi, dan nutrisi.  Ketiga faktor tersebut mempunyai porsi yang sama dalam mendukung tumbuh kembang anak. 


KETERLIBATAN ORANG TUA 


Orang tua mempunyai peranan utama membentuk suasana hati anak. Karena keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan anak. Jika Orang tua menciptakan suasana penuh kebahagiaan di dalam rumah, maka anak akan merasakan aura kebahagiaan. Begitu sebaliknya. Orang tua penuh drama, selalu mengeluhkan keadaan, akan berdampak juga pada perkembangan anak.  


Bagaimana membuat anak Bahagia?


Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP,ACC dalam Workshop “Grow Happy Parenting: Happy from the inside Out” mengatakan bahwa cara membuat anak-anak bahagia sebenarnya tidak sulit, namun banyak orang tua yang enggan melakukannya. 

Bu Lizzie

Anak-anak akan bahagia jika orang tua menyediakan waktu khusus untuk mereka. Investasi waktu ini yang sering dilupakan oleh orang tua. Kesibukan orang tua menjadi alasan utama tidak bisa menyediakan waktu yang cukup untuk anak-anak.

Lebih lanjut Psikolog yang akrab dipanggil Ibu Lizzie ini mengatakan, orang tua harus meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama anak. Tidak hanya hadir di dekat anak namun sibuk dengan gadgetnya sendiri. Anak-anak akan bahagia bila orang tua fokus dan antusias mendengarkan cerita mereka. 

Cara lain membuat anak-anak bahagia adalah mengajarkan emosi positif. Ketika di rumah, sering mengajak anak-anak berpelukan, tertawa bersama, mengajarkan percaya diri, memastikan anak-anak tidur cukup, memberikan pujian atas usaha yang telah dilakukan. 

Mengajarkan emosi positif pada anak juga bisa dilakukan dengan bertanya tentang hal-hal positif yang telah dilalui oleh anak-anak dalam satu hari. Biasakan bertanya “ada kabar baik apa hari ini?” Pertanyaan tersebut memicu anak untuk selalu memikirkan hal-hal baik saja yang diingat sepanjang hari. 


STIMULASI 


Hal yang tak kalah penting untuk mendukung anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang ceria adalah memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan perkembangannya. Memberikan  stimulasi yang tepat akan membantu motorik anak berkembang dengan baik.

Saat bermain dan bereksplorasi bersama anak, usahakan memberikan feedback pada setiap kegiatan yang telah dilakukan bersama-bersama. Tidak hanya menggugurkan kewajiban telah bermain bersama anak. 


NUTRISI 


Poin terakhir yang tak kalah penting untuk membuat anak bahagia adalah tercukupi nutrisinya. Makanan yang masuk ke tubuh anak ikut andil mempengaruhi suasana hati anak. Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam workshop tersebut mengatakan bahwa kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.
 
dokter Ariani sebelah kiri
Namun, asupan nutrisi anak-anak kadang tidak maksimal karena berbagai macam permasalahan saluran cerna pada anak. Bu dokter menjelaskan lebih lanjut jika anak-anak usia 1-3 tahun memang  umumnya memiliki masalah saluran cerna. Hal ini karena usus anak belum matang, selaput lendir tipis, dan sistem kekebalan tubuh anak belum berkembang baik. 

Oleh karena itu, setiap orang tua harus memastikan makanan yang dikonsumsi anak bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar  pencernaan anak bekerja dengan baik. Dengan demikian nutrisi bisa terserap dengan sempurna. 

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika diatur dalam jumlah yang memadahi, akan memberikan manfaat kesehatan pada tempat hidupnya. Usus sebagai bagian dari organ pencernaan yang dilewati oleh makanan setidaknya harus memiliki 85% probiotik. Komposisi probiotik ini mempengaruhi suasana hati anak. 

Dari sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis probiotik yang telah teruji klinis aman dan bermanfaat untuk tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui makanan yang telah difermentasikan seperti tempe dan yogurt. Bisa juga melalui pemberian susu pada anak. 


NESTLE LACTOGROW


LACTOGROW sebagai susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas mengandung Lactobacillus reuteri yang dikenal mengandung vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah, yang penting untuk perkembangan otak dan kecerdasan. Selain itu, LACTOGROW juga mengandung omega 6, omega 3, dan minyak ikan yang diformulasikan khusus oleh para ahli Nestle. Ada 3 varian yaitu plain, vanilla, dan madu. 

Pemberian susu yang mengandung Lactobacillus reuteri diharapkan bisa membuat saluran cerna anak tetap sehat dan asupan nutrisi bisa terserap dengan sempurna. Apabila kebutuhan nutrisi anak tercukupi, maka anak akan lebih ceria dalam keseharian. Begitu juga sebaliknya, jika anak sering rewel tanpa alasan yang jelas, coba periksa asupan nutrisnya selama ini. Karena tercukupinya nutrisi harian anak membuat anak-anak lebih bahagia menghadapi hari.  

No comments