Resolusi 2019 : Disiplin Dalam 5 Hal Ini


disiplin

Alhamdulillah sudah awal tahun 2019. Artinya waktunya menyusun target untuk satu tahun. Bagiku memiliki rencana hidup itu perlu, agar kita punya gambaran apa yang akan dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun target yang aku buat di tahun sebelumnya tidak tercapai sepenuhnya, tapi aku tidak putus asa. Akhir tahun kemarin aku menganalisa penyebab tidak tercapainya sebagian dari rencana yang sudah aku susun. Ternyata penyebab utamanya adalah kurang disiplin menerapkan setiap rencana. Aku terlalu banyak memberi toleransi kepada diriku sendiri. Nah, untuk mengawali tahun baru ini, aku membuat Resolusi untuk memperbaiki kesalahan di tahun sebelumnya. Aku akan belajar dari pengalaman selama setahun kemarin. Aku akan berusaha disiplin dalam 5 hal yaitu :

Disiplin Beribadah 
Sebagai seorang Muslimah, aku mempunyai kewajiban sholat 5 waktu. Selama setahun kemarin, aku sering sholat tidak tepat waktu. Apalagi jika sedang berada di luar rumah. Kebiasaan menunda sholat ini harus segera aku ubah. Karena aku pernah mendengar tausiyah seorang ustadz, bila ingin hidupmu teratur, perbaiki sholatmu.  Tahun baru diawali dengan disiplin dalam urusan ibadah, termasuk disiplin tilawah setelah sholat 5 waktu.
Kalau diingat-ingat, kendurnya disiplin sholat tepat waktu dan tilawah biasanya terjadi setelah satu minggu berhalangan sholat yaitu saat menstruasi tiba. Entah kenapa setelah selesai menstruasi, semangat ibadah berkurang. Hal ini tidak terjadi kepadaku saja. Beberapa hari lalu aku membaca postingan seorang teman di akun media sosialnya. Dia juga mengeluhkan hal yang serupa. Apakah kalian punya tips agar tetap semangat beribadah setelah melewati masa menstruasi seminggu?

Disiplin Olahraga
Akhir 2018 ditutup dengan angka di timbangan yang semakin bergerak ke kanan. Berat badanku naik drastis melebihi batas ideal. Selama 2018 memang sudah mencoba olahraga mulai dari lari, senam, sampai yoga. Tapi olahraga yang aku lakukan masih sesuka hati. Aku belum disiplin olahraga setiap hari. Sehingga belum tampak hasilnya sampai akhir tahun. 
Nah, tahun 2019 ini aku ingin lebih serius lagi menata niat untuk olahraga. Aku harus disiplin olahraga sesuai jadwal sehari-hari jika ingin berat badanku kembali ke angka yang ideal. Sebenarnya aku hanya butuh menurunkan 3-4 Kg saja agar tidak ada penumpukan lemak di tubuh. Tapi prakteknya tidak mudah. Apalagi godaan cemilan selalu di depan mata. Kayaknya selain disiplin olahraga, aku juga harus disiplin menata menu makanan harianku. Aku harus bisa mengurangi porsi makan dan cemilan kesukaan. 

Disiplin Menulis Konten Blog
Keinginanku sebagai seorang bloger itu tidak muluk-muluk. Aku hanya ingin konsisten menulis konten blog dua hari sekali. Namun, nyatanya Aku hanya bisa menulis seminggu dua kali. Bahkan, aku lebih sering menulis seminggu sekali. Aku selalu takjub melihat teman-teman bloger yang bisa mengupdate tulisan blognya setiap hari. Mereka tidak menjadikan kesibukan harian sebagai alasan tidak bisa menulis. 
Tidak sepertiku yang menjadikan si kecil Gia sebagai alasan susah membuat konten seminggu dua kali. Padahal permasalahan terbesar ada pada diriku sendiri. Aku yang tidak bisa disiplin dengan jadwal harianku. Awal tahun 2019 ini aku ingin mengubah kebiasaan kurang baik selama ini. Aku akan berusaha disiplin mengatur waktu supaya punya waktu lebih banyak di depan laptop menulis konten blog. Doakan aku ya teman. 
Disiplin Praktek Memotret
Memotret itu tentang rasa. Begitulah yang dikatakan oleh beberapa teman yang sudah mendalami dunia fotografi sebelumnya. Tidak ada aturan baku dalam memotret. Kuncinya harus sering berlatih. Maka lambat laut mata akan jeli dengan sendirinya menangkap momen atau menentukan angle. Seorang teman juga pernah memberi saran untuk memotret apapun yang aku temui. Sehari harus menghasilkan minimal 100 jepretan dari kamera yang aku miliki. Sebuah saran yang bagus tapi teramat susah untuk dijalankan.
Tahun 2019 ini aku harus bisa mengalahkan rasa malasku jika ingin kemampuan memotretku bertambah. Aku harus disiplin meluangkan waktu untuk praktek memotret setiap hari. Aku harus keluar dari zona nyaman. Melangkahkan kaki ke luar rumah sekedar menghirup udara segar sambil memotret alam sekitar. Yupz, selain suka memotret produk, aku paling suka mengabadikan keindahan alam. 

Disiplin Keuangan
Tahun 2018 bisa dikatakan keuanganku amburadul. Meskipun sudah punya penghasilan sendiri dari blog, aku tetap tidak bisa menghitung dengan pasti berapa jumlah pemasukanku dalam setahun. Aku tidak mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran menggunakan uangku sendiri. Aku merasa tidak perlu membuat laporan keuangan karena aku menggunakan uang dari jerih payahku sendiri. Sehingga aku tidak tahu kemana larinya semua uang yang aku dapatkan dalam setahun. Saldo di akhir tahun sama sekali tidak ada. Padahal dalam setahun terakhir banyak sekali berkah yang aku dapat dari blog. Semua terasa menguap begitu saja.

Awal tahun 2019 ini aku ingin lebih disiplin mencatat keuanganku. Aku kagum dengan salah satu bloger senior yang mempunyai catatan jumlah event blogger yang dia datangi dalam setahun. Sedangkan aku, untuk bulan Desember  tahun 2018 saja tidak punya catatan berapa jumlah pekerjaan menulis yang aku terima di bulan tersebut. Parah bangetkan? Itu sebabnya aku ingin berubah. Aku harus punya niat yang kuat untuk mengontrol keinginan belanja yang tidak terlalu penting dan disiplin mencatat baik pemasukan maupun pengeluaranku.

Itulah kelima resolusi disiplin di tahun 2019. Semoga semua tidak hanya berakhir dengan sebuah rencana saja tanpa aksi nyata. Siapapun kalian yang membaca tulisan ini berhak mengingatkanku jika dalam perjalanan setahun nanti aku lupa dengan resolusi yang aku buat sendiri. Doakan aku bisa disiplin dalam menjalankan 5 hal tersebut ya.

No comments