Friday, July 28, 2017

Penyebab Balita Rewel Di Dalam Mobil


Ada orang-orang yang memang hobi travelling saat sebelum menikah. Dan ketika sudah menikah tetap ingin melanjutkan hobi tersebut. Sekedar jalan-jalan di dalam kota seperti di pusat perbelanjaan sampai rencana liburan luar kota bersama keluarga. Keterbatasan waktu cuti , minimnya budget, serta usia anak masih terlalu kecil seringkali menjadi alasan sebagian orang memilih berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh. Perjalanan yang masih memungkinkan ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi. Perjalanan luar kota dengan durasi waktu 3-4  jam diperkirakan masih nyaman untuk membawa anak-anak terutama yang masih usia balita . Namun terkadang apa yang sudah direncanakan tidak berjalan mulus. Niat hati ingin jalan-jalan agar pikiran lebih fresh sekaligus menyenangkan anak-anak. Akan tetapi kendala justru datang dari anak-anak. Termasuk dari balita yang ikut serta dalam perjalanan. Mereka terkadang rewel di dalam mobil. Membuat para orangtua kadang bingung mengapa anak balitanya menangis tanpa sebab selama perjalanan.

Sebenarnya balita menagis di dalam mobil selama perjalanan itu bukan tanpa sebab lho. Berdasarkan pengalaman pribadi ada beberapa sebab mengapa balita cenderung rewel di mobil ketika diajak bepergian. Diantaranya adalah

Mengantuk
Balita yang punya jam tidur teratur seperti balitaku akan cenderung rewel jika sudah mendekati waktu tidurnya namun kita masih dalam perjalanan. Sehingga ditenangkan seperti apapun rewelnya tidak akan reda. Sudah berulangkali bunda atau ayah mengalihkan perhatiannya ke benda-benda atau pemandangan di luar jendela. Namun tak membuahkan hasil. Bahkan tangisnya semakin menjadi. Setelah mencoba memposisikan tubuh si kecil dengan nyaman di pangkuan bunda, menyangga kepalanya dengan bantal, barulah tangisnya reda dan perlahan-lahan menutup mata. Ternyata ia sangat mengantuk dan ingin tidur dengan posisi yang nyaman.

Agar kejadian serupa tidak terjadi, aku selalu berusaha menidurkan si kecil minimal 2 jam sebelum bepergian ke luar kota. Aku selalu menanyakan ke suami kepastian jam berangkatnya. Agar aku bisa mengkondisikan tubuh si kecil terlebih dahulu. Dan cara ini lumayan efektif. Ketika jam tidur si kecil sudah di pindahkan sebelum berngkat bepergian, maka selama perjalanan ia akan lebih ceria dan tidak rewel lagi

Perutnya Bermasalah
Pernah suatu hari si adek tiba-tiba rewel gak jelas di dalam mobil. Badannya menggeliat ke kanan dan ke kiri sambil menangis. Membuatku harus memegang lebih erat badannya karena takut terbentur jendela. Sudah berusaha menidurkan si adek tapi dia berontak. Aku baru tahu penyebab dia rewel saat mulutnya terbuka dan ingin memuntahkan sesuatu, Namun tak ada yang keluar dari mulutnya. Ia melakukannya beberapa kali. Saat itu aku tahu bahwa ada yang tidak beres dengan perutnya. Segera aku balurkan minyak telon di perut si adek. Rewelnya berkurang dan kembali ceria saat ia sudah bisa buang angin.

Urusan perut bermasalah lainnya disebabkan karena balita lapar. Jarak tempuh yang lumayan lama membuat perut mereka keroncongan. Sehingga balita akan rewel. Solusinya adalah selalu membawa cemilan saat bepergian bersama balita. Kadar lapar balita berbeda dengan kita orang dewasa. Mereka lebih cepat lapar dibanding oarng dewasa. Sehingga jika tidak ingin balita rewel ketika di dalam mobil, salah satunya adalah dengan cara selalu menyediakan aneka buah dan biskuit kesukaan mereka.

Kepanasan
Pengalaman ini terjadi saat mudik kemarin. Kita memilih mudik tengah hari dengan harapan jalanan tidak macet. Memang perjalanan kita lancar namun menimbulkan problem lain. Balitaku rewel selama di dalam mobil. Ia tak berhenti menangis. Setelah observasi penyebabnya adalah  bajunya basah oleh keringat. Kita sudah setting AC di dalam mobil sedemikian rupa biar si kecil tidak kegerahan. Ternyata penyebab si adek mandi keringat berasal dari panas matahari yang menembus kaca jendela mobil. Kondisi siang itu memang lumayan terik. Dan mobil yang kita tumpangi adalah milik saudara yang juga sudah dilengkapi dengan kaca film di kaca jendelanya. Tapi entah mengapa kok tetap berasa gerah saat di dalamnya. Aku berfikir apakah ada yang salah dengan kaca filmnya?

Aku penasaran mengapa bisa demikian. Setelah membaca  beberapa refrensi jadi tahu bahwa jenis kaca film itu beraneka ragam dan dengan berbagai kualitas. Kaca film terbaik itu bisa dilihat dari beberapa hal diantaranya, Produsen Berkelas International, Kualitas Produk, Layanan Purna Jual (Kartu Garansi dan Jaringan Dealer yang merata di seluruh Indonesia), Teknisi yang terampil dan berpengalaman, dan cek spesifikasi di website resminya. Dan semua poin itu ada pada V-KOOL. V-KOOL adalah polyester film transparan yang memantulkan infra merah yang dapat direkatkan pada permukaan kaca yang pada awalnya dikembangkan untuk program ruang angkasa dan saat ini diadaptasi untuk penggunaan komersial. Pasti pernah lihatkan tulisan V-KOOL menempel di kaca -kaca jendela mobil? Mobil-mobil yang memakai V-KOOL pasti lebih adem dalamnya. Karena V-KOOL berbeda dengan kaca film pada umumnya. Jadi solusi yang tepat jika ingin balita nyaman,gerah di dalam mobil saat diajak bepergian salah satunya dengan memilih kaca film yang tepat (berkualitas) untuk kaca jendela mobilnya.  

KENAPA HARUS V-KOOL?
  • Produsen Berkelas International (Gold Class Technology)
  • V-KOOL adalah Super Premium Brand  International yang lebih dari 28 Negara dan 600 outlet di dunia.
  • V-KOOL adalah Brand dari Easman Chemical Company
  • V-KOOL merupakan merek yang diakui dunia international, memenangkan berbagai penghargaan Global.

Kualitas Produk (Gold Class Product)
V-KOOL dibuat di fasilitas produksi Southwall Technologies yang berlokasi di Palo Alto, Amerika Serikat.Menggunakan mesin DC Magnetron yang membutuhkan biaya investasi 24 juta Dollar US.Dengan V-KOOL anda bisa berkendara dengan nyaman dan kemewahan

Layanan Purna Jual (Gold Class Service)
Didukung oleh 82 dealer yang tersebar di 40 kota di Indonesia. Garansi V-KOOL dijamin oleh pabrik pembuatnya, dengan jaminan kualitas lengkap termasuk delaminasi, demetalisasi, terkelupas, oksidasi, dan pemudaran warna. Teknisi yang terampil dan berpengalaman yang menjamin kelancaran dan mutu pemasangan.

APA SEPESIALNYA V-KOOL?
Syarat-syarat sebuah kaca film itu diantaranya pengendali panas, daya tahan terhadap beban atau benturan, kejernihan daya pandang, dan penghematan bahan bakar. Adapun V-KOOL memiliki teknologi terdepan dalam industri kaca film (Multi-Layered Sputtering). V-KOOL adalah kaca film pertama di dunia yang menggunakan teknologi canggih penyeleksi gelombang yang diadopsi pada coating pesawat Stealth Bomber. Merupakan teknologi pemilah gelombang yang memungkinkan sebuah medium dilapisi bahan berlapis optik khusus sehingga dapat menyerap, memantulkan, dan atau mengirimkan radio elektromagnetik tertentu. Lebih keren lagi karena V-KOOL menolak panas, bukan menyerap panas. V-KOOL menolak panas Infra Red (IR) dan sinar Ultra Violet (UV) yang selama ini sangat dihindari oleh manusia karena sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. V-KOOL ini mampu menolak panas IR sebesar 98% dan UV sebesar 99%. Sehingga membuat kondisi di dalam mobil terasa adem meski di luar sangat terik. Cocok banget kan di pasang di mobil yang sering bepergian membawa balita. V-KOOL juga satu-satunya kaca film yang mengandung lapisan emas, bahkan dengan teknologi pelapisan mutakhir dari V-KOOL bisa menghemat bahan bakar hingga 3%. Emas dan Hemat sesuatu yang paling disukai para istri. Ayo tunggu apalagi, segera sarankan para suami untuk menggunakan V-KOOL,bukan yang lain. Karena kaca film yang hitam biasa  belum tentu mampu menolak panas seperti V-KOOL.

APA KEUNGGULAN LAIN V-KOOL?
  • Meminimalkan pecahan kaca saat benturan
  • Memberikan nilai lebih pada kendaraan karena terkesan mewah
  • Menggunakan sistem garansi online yang memudahkan konsumen saat mengajukan klaim
  • Selaku Distributor tunggal di Indonesia, produk yang dikeluarkan terjamin keaslian dan kualitasnya
  • Memiliki tenaga instalasi yang ahli dan terlatih sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan
  • Memiliki teknologi self healing, mampu recovery sendiri dalam beberapa waktu saat film kacanya tergores dan sudah melalui uji abrasi ASTMD1044

Gimana? banyak banget kan keunggulan V-KOOL. Setelah memutuskan untuk menggunakan produk V-KOOL, maka juga harus memperhatikan cara perawatannya ya. Oiya untuk mengetahui spesifikasi produk bisa dilihat di website resminya ya di vkool-indonesia.com.

PERAWATAN KACA FILM VKOOL  
Masa Pengeringan 
Pembersihan baru dapat dilakukan minimal 7 hari setelah pemasangan untuk memastikan lem dari kaca film benar-benar menempel pada kaca. Usahakan mobil diparkir ditempat terbuka langsung terkena sinar matahari (dijemur). 

Pandangan yang agak berkabut / gelembung air 
Mungkin terlihat diantara kaca film dan kaca setelah pemasangan. Hal ini normal dan akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 4 sampai 10 minggu. Gelembung air (jika ada) juga akan menghilang. 

Pembersihan kaca film 
Semprot kaca film dengan air sabun yang hangat dan bersihkan secara ringan dengan kain bersih yang lembut. 

Garis halus penyambungan 
Akan terlihat pada mobil yang dipasang dengan tekhnik stik karena bidang kaca mobil yang lebih melengkung / cembung. 

Efek bias 
Efek bias mungkin akan terlihat pada garis anti kabut bagian belakang di malam hari saat dilihat dari spion belakang. Hal ini dikarenakan air terperangkap diantara kaca film dan akan berkurang setelah terkena sinar matahari yang cukup.

HAL YANG PERLU DIINGAT:

  1. Jangan menaikturunkan kaca jendela mobil anda selama 48 jam
  2. Jangan mencungkil kaca film bagian pinggir karena dapat menyebabkan rusaknya lapisan yang didesain untuk menghindari terjadinya kontaminasi.
  3. Jangan menggunakan ammonia atau cairan pembersih yang mengandung alkohol dalam membersihkan kaca jendela.
  4. Jangan membersihkan kaca film dengan alat berbahan kasar karena dapat merusak kaca film.
  5. Jangan menempelkan stiker atau perekat apapun pada lapisan kaca film.
  6. Jangan menghidupkan anti kabut / defogger selama 4 minggu sejak awal pemasangan.   

Gimana sudah tahu kan penyebab balita kadang suka rewel di dalam mobil  selama dalam perjalanan terutama perjalanan dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Jika ternyata penyebab utamanya adalah karena tidak nyaman karena kondisi mobil yang panas, ayo segera lapisi kaca jendela mobil dengan kaca film V-KOOL. Tapi bila sekalian mau ganti mobil sebelum memasang V-KOOL juga boleh banget. Asalkan tidak mengganggu stabilitas keuangan dalam keluarga. Jika ingin tahu lebih detail mobil idaman yang menjadi incaran, bisa cek di Portal Otomotif No. 1 di Indonesia yang mempertemukan pejual dan pembeli mobil terpercaya.

4 comments:

  1. Kaca film mobil bikin adem memang, kenyamanan berangkat dari hal ini juga :)

    ReplyDelete
  2. Kepanasan mba, rewel terus. Serba salah, dikasih minum nggak mau, diajak main juga gak mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya harus pake v-kool nih hehehe

      Delete