Thursday, July 20, 2017

Karena Menulis Adalah Cara Kita Berekspresi

Saat orang menghadiri sebuah acara, ketika acara sudah selesai dan pulang ke rumah pasti banyak hal yang terekam dalam memori selama acara berlangsung. Bagaimana gambaran acara, bertemu dengan siapa saja saat menghadiri acara tersebut, bagaimana perasaannya, dan masih banyak lagi memoeri yang tersimpan meski acara telah usai. Dan tiap orang punya cara tersendiri untuk mengekspresikan memori tersebut. Media yang digunakan pun berbeda-beda. Diantaranya :


Cerita
Ada sebagian orang yang bisa menceritakan secara detail sebuah acara. Mereka bercerita dari awal hingga akhir acara. Suasana tempat berlangsungnya acara hingga hidangan yang disajikan bisa diceritakan dengan renyah. Dan orang yang mendengar cerita tersebut akan menyimak antusias karena kemampuan mengolah kata orang yang bercerita sangat bagus. Dijamin tak bosan mendengar ceritanya. Pernah menjumpai orang tipe seperti itu? Dulu saat masih sekolah, aku punya teman tipe seperti ini. Apapun yang dia ceritakan selalu terdengar heboh. Tak jarang mengundang tawa siapapun yang mendengar ceritanya. Seru aja pokoknya kalau dia sudah bercerita. Meski kadang sudah mendengar cerita yang sama dari orang yang berbeda.

Fotography
Ada juga orang yang hobinya cekrak-cekrek alias foto-foto. Jadi cara dia mengabadikan momen dengan mengambil sebanyak mungkin gambar. Kepuasan tersendiri bila bisa melihat satu persatu foto hasil jepretannya. Galeri gadgetnya penuh dengan foto. Karena tiap acara ia selalu mendokumentasikannya.

Video
Di era sekarang ini banyak orang memilih mengabadikan sebuah acara dengan  video. Melihat objek bergerak memang memberikan kepuasan tersendiri. Dengan teknik yang tepat maka akan dihasilkan video dengan kualitas bagus. Akan tetapi, mengabadikan momen dalam bentuk video membutuhkan perangkat yang memadai. Dan tidak semua orang memilikinya. 

Tulisan
Dan orang-orang yang tidak terbiasa mengekspresikan diri dengan bercerita atau dengan memotret, lebih memilih menulis. Menulis menggunakan media blog, itulah kita para blogger. Dengan menulislah kita merekam jejak. Dengan menulislah kita berekspresi. Ketika datang ke sebuah event pun ada banya hal yang bisa kita rekam dalam memori kita. Bertemu dengan sesama blogger dengan berbagai karakter, apa yang dibahas dalam event tersebut, semua bisa diekspresikan dalam bentuk tulisan di blog agar suatu saat kita bisa melihat perjalanan hidup kita sebagai blogger dengan membacanya kembali. Setiap acara pasti meninggalkan kesan yang berbeda sehingga perlunya kita mengabadikannya dalam sebuah tulisan.  Dan ketika kita sudah menyadari mengapa kita menulis maka saat datang di sebuah acara entah mendapat bayaran atau tidak, maka kita tetap akan menulis. Karena saat  datang ke sebuah acara tak berbayar sekalipun, sesungguhnya kita sedang menciptakan peluang. Rezeki bisa datang melalui teman sesama blogger yang bertemu saat event tersebut.


4 comments:

  1. Setuju banget dengan kalimat terakhir, karena rezeki ga melulu dari sebuah event ya. Terkadang kita lupa kalo bertemu dengan blogger baru adalah rezeki juga, nambah networking.

    ReplyDelete
  2. Setuju, 4 media diatas bisa untuk mengabadikan kenangan
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. Pokoknya tetep nulis aja, Dek. Mau diminta atau nggak yang penting udah nulis lah buat arsip.
    Lagipula bukankah memang kerjaan blogger ya nulis, yak? Hihihi ...

    ReplyDelete
  4. Ayooo semangaaattt! Menulis, bekerja untuk keabadian.

    ReplyDelete