Tahapan Skincare Untuk Pemula Kulit Kering

4 tahapan skincare untuk pemula kulit kering

Tahapan Skincare Untuk Pemula Kulit Kering- 
Skincare adalah rangkaian perawatan kulit setiap hari  agar kulit tetap sehat dan terhindar dari paparan sinar matahari maupun beragam polusi. Apapun jenis kulitnya, tetap memerlukan perawatan secara rutin. Merawat kulit bisa dilakukan sedini mungkin. 

Rata-rata perempuan mulai merawat kulit ketika beranjak remaja. Beragam permasalahan kulit mulai muncul di usia remaja. Skincare pemula untuk remaja juga sudah banyak. Namun, seringkali para remaja masih bingung dari mana memulai merawat kulitnya. Padahal urutan skincare pemula remaja masih belum terlalu banyak. 

Setelah mengetahui jenis dan permasalahan lain yang dialami oleh kulit, tahap selanjutnya adalah memulai untuk melakukan perawatan kulit. perawatan yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Jika kamu adalah remaja atau perempuan yang memiliki jenis kulit kering, ada 4 tahapan skincare untuk pemula kulit kering yang wajib kamu tahu.
 

Pembersih wajah (cleanser)

Tahapan skincare yang pertama adalah pembersih wajah atau biasa disebut cleanser. Ada dua tahapan membersihkan wajah. Jika kamu biasa memakai riasan yang tebal seperti foundation, maskara, lip cream, eye liner dan sejenisnya, maka wajib membersihkan sisa make up yang menempel memakai pembersih khusus (make up remover). 

Proses membersihkan sisa make up dinamakan first cleanser. Pada umumnya memakai kapas sebagai alat yang membantu mengangkat sisa make up. First cleanser ini bentuknya beragam. Ada yang bentuknya oil, micellar water, milk cleanser, dan yang terbaru adalah micellar gel



Setelah sisa make up dibersihkan, tahapan selanjutnya adalah mengangkat sisa kotoran dengan pembersih wajah yang memerlukan bilasan air. Proses ini dinamakan second cleanser. Bentuk second cleanser ini ada yang foam, gel, dan milk. Apapun jenis cleanser yang kamu pakai, disarankan yang tidak menyebabkan kulit terasa tertarik dan kesat. Pemilik kulit kering sebaiknya hindari pembersih wajah berbentuk foam dan gel. Karena berpotensi membuat kulit semakin kering. 

Hydrating Toner  

Tahapan skincare untuk pemula kulit kering yang tidak boleh diewatkan adalah Hydrating toner. Meskipun sepintas seperti air biasa, kandungan bahan-bahan dalam Hydrating toner membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit. kulit menjadi lebih siap menerima asupan nutrisi dari produk selanjutnya. 



Jika kondisi kulit memang membutuhkan bantuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sesekali bisa memakai exfoliating toner. Namun, untuk skincare pemula kulit kering, sebaiknya memakai seminggu sekali saja. Hydrating toner masih menjadi prioritas utama bagi pemilik kulit kering dari pada exfoliating toner. 

Pelembab (Moisturizer)

Salah satu ciri kulit sehat adalah lembab. Menjaga kulit agar tetap lembab sangat penting. Sebelum memakai beragam bahan aktif yang ada dalam serum, kondisi kulit juga harus dipastikan kondisi kelembabannya cukup. Oleh karena itu, memakai pelembab secara rutin adalah kunci perawatan dasar kulit. 



Jenis pelembab untuk jenis kulit kering dan kulit berminyak tidak sama. Pelembab untuk kulit berminyak biasanya berbentuk gel. Sedangkan pelembab untuk kulit kering berbentuk krim. Contoh kandungan bahan dalam skincare yang berfungsi untuk melembabkan kulit yaitu Glycerin, Panthenol, Aloe vera, dan water melon. Masih ada banyak bahan yag berfungsi untuk melembabkan kulit. jadi, sebelum membeli pelembab, sebaiknya memeriksa ingredientsnya terlebih dahulu untuk memastikan kandungan bahannya memang sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Tabir Surya (Sunscreen / Sunblock) 

Tabir Surya atau lebih dikenal dengan Sunscreen atau Sunblock adalah bagian dari perawatan dasar harian yang tidak boleh dilewatkan. Paparan sinar UVA dan UVB dapat merusak jaringan kulit serta membuat kulit mengalami hyperpigmentasi. Oleh sebab itu, penting sekali memilih produk tabir surya yang mencantumkan broad spektrum pada kemasannya. Artinya produk tersebut mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus. 

Selain itu, jenis aktifitas sehari-hari juga mempengaruhi pemilihan angka SPF dalam sebuah produk tabir surya. Tidak perlu angka SPF tinggi jika hanya beraktifitas di ruangan. Untuk negara tropis seperti Indonesia, SPF 30 sudah cukup. Kecuali bila lebih banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari secara langsung. Karena angka SPF menunjukkan seberapa efektif produk melindungi dari sinar UVB. Sementara untuk perlindungan dari UVA yang bisa merusak jaringan kulit lebih dalam, ditunjukkan oleh banyaknya tanda + pada PA (Protection Grade of UVA). Untuk Indonesia, PA+++ sudah lebih dari cukup.



Tabir surya untuk jenis kulit kering, lebih disarankan memakai chemical sunscreen, yaitu tabir surya yang memiliki kandungan bahan seperti Uninul A Plus, , Avobenzone, Oxybenzone, Tinosorb S, atau Tinosorb M. Meskipun dalam ingredients sering disebutkan bahan-bahan turunannya seperti Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate. contoh sunscreen untuk kulit kering adalah FSS Weightless Sunscreen.

Sedangkan jenis kulit berminyak biasanya disarankan memakai  Physical Sunscreen (sunblock). Kandungan bahan yang sering muncul dalam ingredients adalah Zinc Oxide dan Titanium Dioxide. Ciri paling mudah dikenali dari physical sunscreen ini adalah adanya white cast. Aktivitas luar seperti berenang juga sebaiknya memakai physical sunscreen. 

Itulah tahapan skincare pemula untuk kulit kering. Sebagian besar permasalahan kulit bisa diatasi dengan memperbaiki tahapan skincare dasarnya. Kunci dari perawatan adalah memakai dengan rutin dan sabar terhadap hasilnya. 

1 comment