Wednesday, October 4, 2017

Sebelum Bepergian, Lakukan 2 Hal Ini Agar Rumah Terhindar Dari Kebakaran

Saat akan bepergian jauh, yang terfikir oleh kebanyakan orang adalah barang apa saja yang akan dibawa. Namun jarang yang memperhatikan kondisi rumah yang ditinggalkan. Penghuni rumah tenang asal rumah terkunci dan dirasa aman dari tangan jahil pencuri. Padahal ada hal yang penting dilakukan sebelum memutuskan bepergian jauh dalam waktu yang cukup lama. Hal yang harus diwaspadai selain pencurian adalah kebakaran. Bila pencuri hanya mengambil barang-barang berharga saja, tapi si jago merah lebih ganas, bisa mengambil semua harta yang kita miliki.

Begitu dahsyat yang namanya musibah kebakaran, karena kebakaran itu tidak hanya merugikan diri sendiri, akan tetapi juga merugikan orang lain yang mempunyai tempat tinggal di sekitarnya. Satu rumah terbakar, dipastikan akan berimbas kepada rumah-rumah lain di lingkungan tersebut. Sehingga sudah sepatutnya setiap orang punya kepedulian untuk mencegah adanya kebakaran. Kepedulian itu bisa dimulai dari diri sendiri, hal kecil, dan saat ini juga. Maka lakukan hal ini sebelum bepergian agar rumah terhindar dari kebakaran

Mencabut Steker dari Stopkontak


Jika berniat bepergian ke luar kota lebih dari sehari semalam, sebaiknya memastikan tidak ada steker yang masih terpasang pada stop kontak. Steker itu yang mana? itu lho yang biasa terpasang di ujung kabel. Sedangkan stop kontak adalah lubang tempat steker di tancapkan. Hal ini berlaku untuk semua steker di rumah seperti steker TV, setrika, kulkas, mejikom, bahkan charge HP sekalipun. Karena kita tidak pernah tahu potensi  konsleting terjadi dari kabel yang mana. Di perumahan yang aku tinggali pernah dihebohkan dengan kebakaran sebuah rumah besar saat ditinggal mudik lebaran penghuninya. Ternyata penyebab utamanya adalah kelalaian mencabut steker setelah selesai menyetrika baju yang akan dipakai untuk perjalanan mudik. Ada lagi kasus konsleting terjadi pada kabel kulkas yang terkelupas karena ulah tikus. Biasanya binatang pengerat ini suka menjamah isi rumah saat ditinggal pergi penghuninya dalam jangka waktu yang lama. Jadi hal kecil yang kita lakukan bisa meminimalisir terjadinya kebakaran.

Melepas Regulator LPG
Selain memastikan tidak ada steker yang terpasang pada stop kontak, hal lain yang tak kalah penting adalah memeriksa area dapur. Sangat penting sebelum bepergian melakukan pengecekan ke dapur, apakah kompor dalam posisi menyala atau tidak. Terkadang anggota keluarga yang lain lupa mematikan kompor setelah menghangatkan makanan di dapur. Setelah memastikan kompor tidak dalam kondisi menyala, maka langkah selanjutnya adalah melepas  regulator LPG untuk menghindari kebococran gas. Kasus kebococran gas pemicu kebakaran sebuah rumah sudah sering terjadi. Jadi tidak ada salahnya bila kita mengantisipasi hal tersebut sebelum memutuskan meninggalkan rumah dalam beberapa hari.

Melakukan dua hal di atas terlihat sederhana ya tapi tidak semua orang melakukannya. Masih banyak yang menyepelekan steker yang masih terpasang di stop kontak ataupun melepas regulator LPG saat bepergian. Sehingga potensi terjadi kebakaran rumah akibat konsleting lebih besar.

TABUNG PEMADAM 
Untuk orang-orang yang sering lupa mencabut steker dari stop kontak atau melepas regulator LPG saat rumah ditinggal bepergian dalam jangka waktu yang lama, bisa melengkapi rumah dengan tabung pemadam. Karena tabung pemadam adalah solusi awal menangani kebakaran. Letakkan tabung pemadam di tempat yang mudah dijangkau oleh orang, misalnya di teras. Jadi saat terjadi kebakaran di rumah padahal kita sebagai tuan rumah tidak ada di tempat, maka para tetangga yang akan membantu memadamkan sumber api bisa menggunakan tabung tersebut. Jadi penting banget ya punya Tabung Pemadam di rumah. 

Beragam merk tabung pemadam ada di pasaran. Namun pastikan memilih tabung pemadam yang sudah lulus uji dari Dinas Kebakaran. Dan SAFEPRO adalah salah satunya. Produk dari CV. GLOBALINDO ini telah diperiksa dan diuji oleh Dinas Pemadam Kebakaran dengan hasil baik, memenuhi syarat, serta layak digunakan sebagai alat pemadam kebakaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dari segi harga pun masih ramah kantong karena langsung dari tangan produsen. Produk ini tidak diragukan lagi karena terbukti banyak yang sudah memilih SAFEPRO sebagai alat yang wajib ada dalam gedung  mereka.









10 comments:

  1. Ulasannya bermanfaat banget mbak.. kadang kita lalai memperhatikan utk melepas steker, regulator dan memiliki tabung pemadam ya. Terimakasih mbak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hal sepele tapi berdampak besar

      Delete
  2. Yang sering lupa regulator LPG mbak..TFS yaaa penting ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padahal sering terjadi kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran LPG

      Delete
  3. ini bener banget. sepele sich.. tapi kalo lengah berakibat fatal

    ReplyDelete
  4. Slalu kok ini aku lakuin kalo mau traveling sekeluarga dan agak lama. Pasti di cek semua hal2 di atas, trutama colokan listrik memang mba. Tp utk APAR nya sendiri , aku blm punya ih. Pdhl di kantor ini termasuk brg wajib yg bisa kena audit finding kalo ga ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera melengkapi rumah dengan APAR ya

      Delete
  5. Wah terima kasih ya mba sudah mengingatkan. Soalnya bsok baru aja mau mudik hihihi

    ReplyDelete
  6. Makasih mba diingatkan. Baca ini aku je ingat cerita tan yang lupa mematikan kompor sebelum meNinggalkan rumah untuk.kerja. pulang2, wajannya sudah jadi bara api katanyA

    ReplyDelete