Friday, September 22, 2017

SPBU Pasti Prima, Menjawab Kebutuhan Konsumen Setia Pertamina

Pertamina sebagai perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi, berkomitmen menjalankan bisnisnya secara profesional yang berorientasi pada kepentingan konsumennya. Upaya perbaikan dan terus berinovasi adalah bukti komitmen Pertamina dalam setiap kiprahnya menjalankan peran stategis dalam perekonomian nasional. 

Sejak didirikan pada 10 Desember 1957 Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan milik negara yang menyuplai kebutuhan bahan bakar di tanah air. Namun seiring berjalannya waktu, dinamika perekonomian berubah termasuk dalam bidang migas. Pemain-pemain baru bermunculan. Undang-undang telah mengatur bahwa kedudukan Pertamina dengan perusahaan-perusahaan migas lainnya adalah sama. Dan untuk merespon para kompetitor dibidang bahan bakar di indonesia maka pada tahun 2006 Pertamina meluncurkan SPBU Pasti Pas, Pertamina memastikan bahan bakar yang dibeli di SPBU pasti pas takarannya. Selain itu, SPBU Pasti Pas mengusung slogan 3S (Senyum, Salam, Sapa). 

Bukan Pertamina namanya bila tidak berinovasi terus menerus. Setelah melakukan survei ternyata gaya hidup konsumen mempengaruhi kebutuhannya. Konsumen ingin pelayanan yang lebih saat datang ke SPBU. Tak sekedar bahan bakar yang pas takarannya. Mereka juga ingin bisa beristirahat dengan nyaman saat memasuki area SPBU. Sehingga pada tahun 2015 tepatnya bulan Desember Pertamina launching SPBU Pasti Prima. 

SPBU Pasti Prima
Berbeda dengan SPBU Pasti Pas, inovasi terbaru Pertamina yakni SPBU Pasti Prima punya wajah yang lebih fresh dengan fasilitas yang lebih baik namun masih mempertahankan prinsip-prinsip fundamental seperti jaminan dalam hal pelayanan, kualitas, dan kuantitas.  Hal yang mencolok dari SPBU Pasti Prima adalah warna yang mendominasinya. Jika SPBU Pasti Pas identik dengan warna merah dan putih, maka SPBU Pasti Prima didominasi oleh warna merah, biru, dan hijau. Pemilihan warna-warna tersebut bukan tanpa alasan lho. Warna merah dipilih untuk melambangkan semangat dan kerja keras, keberanian untuk mengatasi segala tantangan, dan ketekunan yang menjadi ciri Indonesia. Warna Biru melambangkan perusahaan yang terpercaya, mempunyai kekuatan dan otoritas yang kokoh. Sedangkan warna hijau mengekspresikan usaha mengelola dan mencari energi alternatif yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan sosial maupun alam. Oiya, untuk seragam para operator di SPBU Pasti Prima juga sedikit berbeda dengan SPBU Pasti Pas, Yaitu baju abu-abu dan celana merah. 
salah satu SPBU Pasti Prima di Jl. Juanda
Tidak semua SPBU Pasti Pas bisa bertransisi menjadi SPBU Pasti Prima. Untuk bisa upgrade dari SPBU Pasti Pas menjadi SPBU Pasti Prima harus memenuhi 5 elemen, diantaranya :

Ketersediaan Energi yang Terintegrasi 
Artinya SPBU tersebut tidak hanya menjual bahan bakar saja. Namun juga ada multi produk seperti LPG, pelumas, air, dan nitrogen. 

Harus ada Non Fuel Retail 
Di SPBU Pasti Prima harus ada produk atau jasa lain yang ditawarkan (bright store, ATM, minimarket, kedai kopi, restoran cepat saji, dll)
Benar-benar menjawab kebutuhan konsumen

Harus Mengunggulkan "Better Customer Service"
Maksudnya pelayanan yang ada tak sekedar pelayanan. Misalnya senyum tidak sekedar senyum sebagai bagian dari SOP saja. Namun para operator juga harus ramah, memahami seluk beluk SPBU, dan melakukan fast respon kepada konsumen. Terkait hal ini, akan dilakukan audit secara berkala dari pihak ketiga untuk menjaga agar pelayanan yang ada di SPBU tersebut tetap prima. Caranya adalah pihak ketiga  akan berpura-pura menjadi pembeli bahan bakar di SPBU tersebut. Sehingga hasil auditnya akan lebih objektif. 

Harus Digital Engagement 
Di era digital seperti sekarang ini semua serba praktis. Semua aktivitas bisa dilakukan lewat perangkat pintar yang ada di genggaman tangan. Dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia di smartphone, orang sudah bisa melakukan banyak hal. Dengan perkembangan tersebut pertamina juga jeli menangkap peluang. Sehingga Pertamina meluncurkan sebuah aplikasi terbaik sebagai teman berkendara. Aplikasi tersebut bernama "Pertamina Go" yang bisa di download di Playstore khusus untuk pengguna android. Dengan aplikasi Pertamina Go, konsumen bisa dengan mudah menemukan SPBU terdekat, kapan harus service, promo menarik hingga mini game.

Ensuring Customer Loyalty
Pertamina juga memanjakan konsumen setianya dengan mengeluarkan "Loyalitas Card" dan bekerjasama dengan Bank Mandiri melalui produk kartu kreditnya. Benefit yang diperoleh konsumen adalah E-voucher, poin reward, dan berbagai macam promo yang menarik. 

BOOTH PERTAMINA  DI GIIAS SURABAYA AUTO SHOW  2017 
Selain inovasi SPBU Pasti Prima, Pertamina juga memanjakan konsumen setianya lewat booth Pertamina di GIIAS SURABAYA  AUTO SHOW yang diadakan di Grand City Convex Surabaya pada tanggal 20-24 September. GIIASurabaya sendiri adalah rangkaian pameran otomotif berskala internasional milik GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang sebelumnya telah diselenggarakan di dua kota besar yakni Jakarta dan Makasar. 

Di booth Pertamina konsumen bisa membeli aneka produk pertamina mulai dari voucher BBK,Pelumas, hingga converter kit. Konsumen setia pertamina juga bisa mencoba beradu kehandalan menyetir dengan alat stimulator dalam fasilitas Stimulator Challenge. Dan konsumen yang doyan selfi juga dimanjakan dengan fasilitas sosial box. Konsumen yang selfi di area sekitar booth Pertamina dan mengupload ke instagram dengan hastag #pertaminagiiass2017sby dan #morhit15 serta mension akun @pertamina bisa mencetak fotonya gratis di box tersebut. Disisi lain booth Pertamina juga disediakan corner kids bagi konsumen yang membawa anak. Sedangkan di area  outdoor konsumen bisa membeli tabung perdana atau melakukan penukaran bright gas, mengganti oli gratis hingga melakukan tes drive kendaraan yang menggunakan bahan bakar vigas. 
Pertamina benar-benar totalitas dalam menjawab kebutuhan konsumen.

produk pertamina
booth pertamina di GIIAS Sbya

hasil cetak sosial box
BACA JUGA : Penyebab Balita Rewel Di Dalam Mobil

2 comments: