3 Tips Belanja Gamis Secara Online Agar Tidak Kecewa

belanja gamis syari dan modis secara online menjadi alasan muslimah belanja online.

3 Tips Belanja Gamis Secara Online Agar Tidak Kecewa- Makna pemakaian gamis dulu dan sekarang sudah berbeda. Sepuluh tahun lalu memakai gamis masih menjadi hal yang tabu. Hanya perempuan yang benar-benar ingin melaksanakan tuntunan agama yang mau memakai gamis lengkap dengan jilbab lebarnya. Namun, kini pemakaian gamis sudah menjadi tren. Banyak perempuan ingin memakai gamis karena modelnya yang bagus.
Untuk mendapatkan gamis impian juga bukan perkara sulit. Gamis banyak dijual secara offline di toko busana muslim atau butik khusus Muslimah. Jika tidak punya waktu untuk berkeliling dari satu toko ke toko lain, kita bisa membeli gamis secara online.  
Belanja online sudah menjadi bagian dari lifestyle. Banyak yang memilih belanja online  dengan alasan lebih praktis. Meskipun belanja online lebih mudah karena hanya mengandalkan jari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli gamis secara online agar tidak kecewa ketika barang sudah di tangan.

Pilih Penjual Terpercaya

Hal pertama yang harus diperhatikan saat belanja gamis secara online adalah memilih penjual terpercaya. Ketika kita membeli di ecommerce biasanya ada keterangan apakah penjual tersebut katagori penjual yang amanah atau bukan. Biasanya ditandai dengan sebutan star seller atau gold seller.
Namun, jika kalian belanja gamis secara online kepada onlineshop yang tidak memakai rekening bersama, pastikan melakukan pengecekan apakah onlineshop tersebut terpercaya atau tidak. Caranya adalah ketikkan nama pemilik rekening di mesin pencarian google. Dari cara tersebut kita akan mengetahui apakah nama pemilik rekening masuk daftar jajaran penipu yang berkedok onlineshop atau bukan.
Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah “berjalan-jalan” di akun onlineshop tersebut. Membaca testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya bisa membantu mengenali apakah penjualnya terpercaya atau tidak.

Baca dengan Seksama Deskripsi Produk

Kesalahan paling sering dialami oleh pembeli saat belanja gamis secara online adalah tidak membaca dengan seksama deskripsi produk. Sebagian besar dari mereka hanya memperhatikan gambar yang dipajang. Sehingga mereka kecewa ketika barang yang datang tidak sesuai harapan.
Sebelum berbelanja gamis secara online, sebaiknya baca keterangan yang sudah dicantumkan oleh penjual. Biasanya penjual sudah memberikan informasi detail terkait jenis kain yang digunakan dan ukuran X,M,L,XL, termasuk lingkar dada. Jadi, memahami beraneka macam jenis kain yang ada di pasaran menjadi sesuatu yang wajib sebelum memutuskan belanja gamis secara online.
Bila pembeli paham karakteristik sebuah kain, maka dia bisa membayangkan barang yang akan datang kurang lebih seperti apa. Misalnya ketika penjual menyebutkan jenis kain yang digunakan untuk gamis adalah baloteli atau sifon, maka sebagai pembeli setidaknya tahu jika kekurangan jenis kain tersebut adalah cenderung panas saat dipakai. Meskipun dari segi penampilan, gamis berbahan baloteli atau sifon indah dipandang.
Selain jenis kain, mengetahui ukuran lingkar dada diri sendiri juga penting sebelum belanja gamis secara online. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam memilih ukuran gamis. Beberapa teman mengaku pernah salah membeli ukuran gamis karena tidak tahu berapa lingkar dadanya. Alhasil, gamis yang dibeli secara online terasa sempit saat dipakai.

Perhatikan Real Pict Gamis

Ada beberapa onlineshop yang sengaja memberikan informasi tambahan berupa “real pict” atau foto gamis yang sebenarnya, bukan katalog. Kita beruntung jika bertemu tipe penjual yang demikian. Artinya kita bisa tahu kondisi yang sebenarnya gamis yang bakal kita beli. Kondisi yang dimaksud meliputi warna, lebar gamis, dan aksesoris tambahan yang melekat pada gamis tersebut.
Tidak bisa dipungkiri kekecewaan pembeli biasanya berasal dari warna dan model gamis yang dikirim tidak sama persis seperti yang ada difoto. Bahkan, berdasarkan pengalaman beberapa teman yang hobi belanja gamis secara online, pernah ada  gamis yang sampai di tangannya mempunyai ukuran lebar yang berbeda dari foto yang dipajang.
Jika berbelanja gamis secara langsung kepada onlineshop yang dikelola secara personal mungkin akan mudah meminta kiriman foto real pict produk yang akan kita beli. Lantas bagaimana dengan gamis yang kita beli melalui ecommerce? Jangan khawatir, kita bisa melihat kondisi gamis yang sebenarnya melalui testimoni yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Biasanya di bawah foto panjangan produk yang ada di ecommerce, ada foto-foto terkait barang tersebut yang sudah sampai di tangan pembeli.
Itulah 3 tips belanja gamis secara online agar tidak kecewa. Belanja secara online memang harus jeli. Karena kita tidak bisa meraba barang yang akan kita beli secara langsung untuk mengecek kondisinya. Selain itu, harga gamis rata-rata lebih mahal dari baju atasan. Sayang banget bila kita sudah mengeluarkan uang cukup banyak tapi barang yang kita peroleh tidak sesuai dengan harapan. Semoga tips ini bermanfaat buat kalian yang baru berhijrah memakai gamis  atau ingin membeli gamis yang sedang tren saat ini dan ingin berbelanja gamis secara online.  
 BACA JUGA : My Personal Style 







No comments