DIY Toner Cuka Apel BRAGG Untuk 3 Jenis Kulit

Siapa yang tidak tahu cuka apel? Di Radio, televisi lokal, hingga media cetak sering ada iklan tentang cuka apel. Cuka Apel adalah buah apel yang difermentasikan. Sedala sesuatu yang difermentasikan biasanya mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai bahan yang dimanfaatkan untuk urusan dapur, cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan. Minum sesendok cuka apel yang dilarutkan dengan segelas air setiap pagi sangat baik untuk kesehatan lho. Masih banyak lagi manfaat cuka apel untuk kesehatan lainnya, bisa di googling sendiri ya. Karena kali ini aku akan bahas manfaat cuka apel sebagai skincare. Oiya, sebaiknya pilih cuka apel yang organik dan unfiltered alias yang berwarna keruh. Kandungan nutrisi pada cuka apel yang belum difilter diklaim lebih banyak. Setelah jalan-jalan di beberapa chanel beauty, ternyata Cuka Apel Unfiltered  yang direkomendasikan untuk toner adalah  BRAGG APPLE CIDER VINEGAR. 

Kenapa menggunakan Cuka Apel sebagai toner? Ada beberapa alasan, diantaranya karena Cuka Apel punya PH yang sama dengan kulit kita, Cuka Apel membantu menyeimbangkan PH kulit kita. PH di kulit biasanya naik setelah cuci muka. Manfaat lainnya adalah melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan jerawat. Berhubung ini adalah bahan alami, jangan berharap hasilnya bisa dilihat dalam waktu singkat ya, butuh konsistensi tingkat tinggi saat ingin mencoba toner DIY seperti ini. Aku memakai toner ini setiap pagi setelah mandi, mendiamkan sekitar setengah jam kemudian membasuh pakai air hangat. Toner ini lumayan efektif mengatasi kulit keringku dan jerawat yang nongol perlahan kempes dan mulai memudar bekasnya. Toner cuka apel ini tidak hanya untuk kulit kering saja, bisa digunakan untuk kulit berjerawat dan sensitif dengan tambahan bahan lain. Bahan apa saja yang bisa ditambahkan dalam pembuatan toner cuka apel? simak terus ya. Oiya, sebelum membuat toner ini siapkan botol steril ya, aku menggunakan botol spray dan pump. 


Toner Cuka Apel Untuk Kulit Kering 



Untuk jenis kulit kering, bisa menambahkan Aloe Vera atau lidah buaya saat pembuatan toner. Perbandingan antara cuka apel dan Aloe Vera  adalah 1:1. Jadi misal cuka apelnya 1 sendok makan, maka aloe veranya juga 1 sendok makan. Silahkan membuat sesuai kebutuhan. Tapi disarankan meracik toner baru setiap 4 hari sekali.  Aloe Vera yang aku gunakan adalah avoe vera dari Nature Republik karena memang yang tersedia di rumah hanya itu. Silahkan bebas menggunakan lidah buaya langsung dari pohonnya atau memakai produk yang lebih praktis. Wadah yang aku gunakan untuk toner campuran cuka apel dan aloe vera ini adalah botol pump karena gel avoe vera sedikit menggumpal sehingga akan sulit dipakai jika menggunakan botol spray.


Toner Cuka Apel Untuk Kulit Berjerawat 



Sedangkan untuk kalian yang memiliki kulit berjerawat, bisa mengggunakan teh hijau sebagai campuran toner. Perbandingan antara cuka apel dan teh hijaunya adalah 1: 3, artinya 1 sendok makan cuka apel dicampur dengan 3 sendok makan teh hijau. Bila ingin membuat toner dalam jumlah banyak, maka takaran menyesuaikan ya. Asal perbandingannya tetap. Pilihan wadah yang digunakan bisa botol spray yang sudah disterilkan terlebih dahulu.


Toner Cuka Apel Untuk Kulit Sensitif 






Kulit sensitifpun bisa menggunakan toner cuka apel. Hanya saja campuran yang dipakai adalah air mineral biasa. perbandingannya 1:1. Yaitu 1 sendok cuka apel dicampur dengan 1 sendok air. Bila ingin menambah takarannya silahkan asal tetap diperhatikan perbandingan kedua bahan. Setelah memindah ke botol spray, toner cuka apel ini siap digunakan setiap pagi dan sebelum tidur. 

Hal yang perlu diingat adalah reaksi tiap kulit pasti berbeda, jadi dimohon bijak dalam penggunaannya. Jika banyak para beauty vlogger cocok memakai toner cuka apel belum tentu kulit kalian juga bersahabat dengan toner ini. Hentikan pemakaian bila reaksi yang timbul diluar batas kewajaran. Kalau aku sendiri sejauh ini masih cocok memakai toner ini. Tentu saja diimbangi dengan hydrating toner lainnya.



7 comments

  1. Wow, aku baru tahu manfaat cuka apel ini untuk wajah, Mbak. Biasanya untuk makanan aja. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Dulu... alm. Ayahku punya stok cuka apel di rmh utk dikonsumsi utk kesehatan beliau. Aku kira dl itu buat obat aja ��

    ReplyDelete
  3. Etapi ini cuka baunyaaaaaaaaa...Hahahaha. Aku juga baru beli beberapa hari yang lalu. Buat diminum sih, tapi kalo pas agak tumpah aku oles2 di muka. Baunya gak uenak! :))) ditambah lagi agak ada uap nya ya, kalo dioles kadang suka agak "nyegrak". Bener nggak sih Mbak?

    ReplyDelete
  4. cuka apel berarti cocok untuk kulit berminyak ya? aku pikir cuka apel ini hanya untuk diminum aja haha..

    ReplyDelete