Sunday, April 29, 2018

Perawatan Untuk Kulit Keringku

Kali ini aku mau bahas tentang rutinitas perawatan untuk kulit kering. Kenapa hanya untuk kulit kering saja? karena memang tipe kulitku kering. Jadi aku hanya berbagi berdasarkan pengalamanku mengatasi kulit kering. Merawat kulit kering bagiku susah-susah gampang. Pada saat cuaca panas kulit akan terasa kering, Ketika musim penghujan yang dingin, kulit juga bisa kering banget. Makanya berburu produk untuk kulit keringku juga tidak mudah karena tidak semua produk cocok di kulitku. Aku sudah mencoba banyak produk tapi hasilnya malah membuat kulit semakin kering. Tapi sekarang aku menemukan produk yang cocok untuk perawatan harian untuk kulit keringku agar senantiasa lembab dan  produk-produk yang aku tulis ini rata-rata aku pakai selama 1-3 bulan belakangan ini. Dan hasilnya cukup memuaskan untuk kulitku. Oke, langsung saja ya.


Pembersih Make Up
Tahap pertama adalah menghapus sisa make up yang ada di wajah dengan pembersih. Produk yang aku gunakan adalah Healing Tea Garden (White Tea Cleansing Water). Ada banyak jenis make up cleanser tapi hampir 2 bulan  aku menggunakan produk dari the Saem ini untuk membersihkan sisa make up. Sebelumnya memakai micellar water produk lokal. Ketika mampir ke Guardian menemukan produk ini. Jadi naluri "coba-coba" muncul, alih-alih membeli kembali micellar water yang sedang habis malah akhirnya memutuskan membeli white tea cleansing water. Pembersih ini ada tiga varian tapi aku memilih varian white tea yang sesuai dengan jenis kulitku.


Sesuai dengan namanya, kandungan utama pembersih ini adalah white tea yang berasal dari Gunung Jiri sebagai gunung tertinggi kedua di Korea. Aku suka dengan pembersih make up satu ini karena tidak wangi seperti pembersih pada umumnya dan tidak menimbulkan reaksi apapun saat pertama dipakai. Biasanya ketika aku mencoba produk baru selalu ada reaksi seperti sedikit panas atau gatal di kulit wajahku. Oiya, cara pakai pembersihnya bisa langsung dibilas dengan air atau dibiarkan saja. Tapi biasanya aku langsung membilas dengan air.

Pembersih Khusus Wajah



Tahap selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah. Kali ini aku memakai Hada Labo Face Wash Mild Peeling. Kandungan AHA dan BHA dalam produk ini mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat wajah tidak kusam dan  tetap lembab  setelah memakainya. Face wash ini tetap berbusa meskipun tidak begitu banyak. Aku kurang suka dengan sabun yang tidak berbusa, padahal justru produk yang seperti itu diklaim lebih bagus. Membersihkan wajah dengan sabun tanpa busa berasa kurang nampol. Sebagai selingan aku terkadang memakai produk dari Clean & Clear Natural Bright Face Wash dengan kandungan air mawar dan madu. Karena ada kondisi tiba-tiba kulit wajahku sangat kotor. Biasanya ketika pulang dari luar kota. Jadi kotoran di wajah bisa terangkat dengan tuntas tapi kulit tidak kering.

Masker 



Masker yang aku pakai sekarang ada empat. Satu masker dari Freeman varian Golden Grain khusus untuk melembabkan kulit keringku, satu masker lagi dari Freeman  dengan kandungan Charcoal dan black Sugar untuk detok kulit. Yang ketiga adalah Charcoal Peel Of Mask dari Jordanie. Karena bentuknya peel of mask jadi aku hanya memakainya dua minggu sekali. Sedangkan yang terakhir adalah Egg White dari Skinfood untuk mengatasi masalah pori-pori besarku. Aku pakai secara bergantian selama 2 bulan ini. Khusus untuk masker Freeman yang berwarna abu-abu aku hanya memakainya seminggu sekali karena ada butiran scrubnya yang lumayan besar. 


Pelembab Kulit



Untuk jenis kulit kering tahap melembabkan sangat penting. Oleh sebab itu aku memakai toner khusus untuk melembabkan kulit dari The History Of Whoo seri In Yang Balancer. Toner dengan bahan-bahan herbal korea ini sangat ampuh untuk kulit keringku. Kemudian aku lanjutkan dengan memakai Gel Aloe Vera dari Nature Republik. Sebelumnya aku sudah mencoba gel aloe vera produk dari Negeri Gingseng juga tapi aloe vera NR ini lebih nampol di kulit wajahku. Jadi, aku rajin memakainya pagi,siang, dasn malam. Hasilnya kulitku benar-benar lembab. 

Nutrisi Kulit



Saat ini aku sedang memakai produk dari Hada Labo seri ultimate yaitu Ultimate Whitening Essence, Ultimate Anti-Aging Lotion, dan Ultimate Anti-Aging Milk. Ketiga produk ini berfungsi untuk menutrisi kulit keringku sekaligus sebagai anti aging. . Formulanya ringan di kulit dan tentunya wajah menjadi lebih lembab. Karena tekstur lotionnya cair maka harus hati-hati saat menuang ke telapak tangan. Sedangkan untuk essence dan ultimate milk teksturnya seperti susu kental manis sehingga pemakaiannya cukup sebesar biji jagung saja. Oiya, ketiga produk ini tidak lengket dan cepat terserap kulit. 

Sunblok



Kali ini aku mencoba sunblok dari biore yaitu Biore UV Aqua Rich dengan SPF 50. Aku suka dengan aromanya. Kata anakku aromanya seperti jeruk. Aku memakai hanya secukupnya pagi dan siang hari sebelum beraktifitas di luar rumah. Sementara aku cocok dengan sunblok ini.

Itulah serangkaian perawatan untuk kulit keringku. Sesuatu yang cocok di kulitku belum tentu cocok di kulit kalian. Bila ada produk yang cocok silahkan diteruskan. Tapi jika timbul reaksi yang kurang bagus di kulit kering kalian, segera hentikan. 


10 comments:

  1. Penasaran sama sunblok Biore๐Ÿ˜๐Ÿ˜‰ tfs mba

    ReplyDelete
  2. wah produk dari korea. kemasannya keren ya mbakk,, harganya terjangkau ga yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. terjangkau bila isi dompet kita sedang penuh hahaha

      Delete
  3. mba aq penasaran sama cleansingnya.. selama ini aku cuma pake viva tp berasa kurang dasyat membersihkan mukaku..

    thanks sharednya mba.. ini sesuai dengan jenis kulitku hahaha jd bisa nyontek aq

    ReplyDelete
  4. Pengen cobain anti agingnya Hada labo. Aku juga pake masker skinfood yang egg white

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ringan banget kok mbak fan hadalabo ini.

      Delete
  5. Weh maskernya banyak juga ya mbak XD Aku punya cuma satu, Himalaya Neem Mask, makenya juga cuma seminggu sekali. Beli yang kecil bisa betah berbulan2 hahah

    ReplyDelete