Wednesday, January 24, 2018

Alasan Memilih Canon Eos M3 Sebagai Penunjang Fotografi

Sebelumnya tak pernah terfikir untuk mempunyai sebuah kamera. Keinginan untuk membeli barang satu itu juga tidak ada. Tapi ternyata ketika mencoba fokus menulis di blog lambat laun punya keinginan untuk membeli sebuah kamera sebagai penunjang aktivitas blogging. Dulu saat awal ngeblog tidak begitu memperhatikan gambar yang digunakan sebagai pelengkap tulisan. Biasanya asal comot di google. Tetapi kemudian mendapatkan pencerahan dari para senior bahwa sebaiknya tidak asal mengambil gambar di situs orang lain, apalagi tanpa persetujuan yang bersangkutan. Mereka menyarankan mengambil gambar dari situs yang memang sengaja menyediakan banyak gambar dan bebas untuk diambil tanpa harus meminta persetujuan situs tersebut. Namun terkadang gambar yang ada di situs tersebut tidak sesuai dengan tema tulisan yang akan aku publish di blogku. Sehingga pilihan terakhir adalah memakai dokumen pribadi sebagai penunjang blogpost

Ternyata melakukan pemotretan sendiri untuk digunakan sebagai pelengkap tulisan di blog tidak mudah. Untuk menghasilkan gambar yang sempurna dan enak dilihat butuh proses yang lumayan menyita energi. Mulai dari menyiapkan properti, waktu pemotretan, hingga proses editing aku lakukan sendiri. Lelah tapi aku menikmati. Dan puas setelah melihat gambar yang aku gunakan sebagai pelengkap tulisanku adalah hasil jepretan sendiri. Setelah itu aku baru menyadari bahwa aku tertarik di bidang fotografi dan ingin serius belajar. Gayungpun bersambut karena suami ternyata mendukung keinginanku dan mulai berburu alat tempur untuk belajar motret. Sebuah kamera mirrorless Canon Eos M3 akhirnya dibeli setelah mempertimbangkan beberapa hal.

Layar Sentuh Dan Bisa Diputar (flip)
Canon M3 memiliki layar sentuh 3 inch yang bisa diputar ke bawah membentuk sudut 45 derajat dan ke arah depan 180 derajat. Sangat membantu untuk aktivitas selfi dan vlogging. Dengan adanya layar sentuh ini, proses menyeting kamera jadi lebih mudah. Semudah menggunakan handphone layar sentuh pada umumnya. Jika ingin mengubah titik fokus juga cukup menekan layar saja. Ketika  ingin melihat hasil jepretan pun tinggal menggeser layarnya . Benar-benar praktis dan menyenangkan. Tapi yang harus diperhatikan adalah kebersihan layarnya. Karena sering disentuh maka layar rawan kotor. Harus rajin-rajin membersihkan layar sentuhnya.

Desain Yang Simpel Dan Menu Yang Mudah Dipahami Bagi Pemula
Alasan kedua memilih Canon Eos M3 adalah karena desainnya yang simpel. Tidak memakan banyak tempat saat diletakkan di tas ketika bepergian. Kelebihan lainnya dari kamera ini selain desain yang simpel yaitu nyaman dipegang. Menu yang ada di bagian atas dan samping kanan juga mudah dipahami bagi pemula sepertiku. Aku yang tidak mengerti seluk beluk kamera sebelumnya bisa mengoperasikan berbagai menu di kamera ini hanya dalam beberapa hari. Kamera Canon Eos M3 ini bisa dibilang mudah diutak-atik bagi pemula sekalipun. Beberapa reviewer mengatakan bahwa menu yang ada di kamera ini sangat mirip dengan menu yang ada di kamera DSLR sehingga orang-orang yang terbiasa dengan kamera DSLR pasti nyaman menggunakan Canon Eos M3 ini.

Mampu Menangkap Gambar Dengan Resolusi Tinggi
Membeli kamera dengan poin di atas sebenarnya adalah pertimbangan suami. Lewat penuturan suami aku akhirnya tahu bahwa Canon Eos M3 dibekali lensa 24 megapixel yang menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Hal ini sangat membantu untuk kebutuhan cropping foto. Apalagi aku yang suka foto flatlay pasti sangat membantu sekali saat proses cropping. Keuntungan lainnya adalah noise yang rendah dan detail yang tinggi bahkan pada cahaya redup. Seorang reviewer kamera juga mengatakan hasil foto Canon Eos M3 sudah bagus meski tanpa sentuhan editing. Tentunya bila dilakukan dengan teknik yang benar. 

Bisa Terhubung Dengan Aplikasi Canon Camera Connect 
Alasan lain yang mendasari memilih kamera ini adalah kemudahan dalam pemindahan foto hasil jepretan. Foto-foto hasil jepretan bisa segera dipindah untuk keperluan editing ataupun untuk diupload di sosial media menggunakan aplikasi canon camera connect. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah di playstore (karena aku pengguna android). Jadi saat jalan-jalan dan ingin segera membagikan foto hasil jepretan kepada teman atau sosial media seperti instagram tidak perlu menunggu memindah foto lewat komputer. Tentunya sangat menyenangkan karena lebih praktis. Selain itu, dengan aplikasi ini juga bisa mengendalikan kamera lewat smartphone yang dimiliki saat dibutuhkan. 

Tersedia Aksesoris External Untuk Operasi Tingkat Tinggi 
Salah satu kelebihan Canon Eos M3 ini karena mendukung beberapa aksesoris tambahan bila ingin mendalami dunia fotografi. Jika terbiasa menggunakan DSLR atau ingin membidik saat cuaca terik dan tidak nyaman menggunakan layar, bisa menambahkan aksesoris view finder pada kamera ini. Anggap saja Mirrorless rasa DSLR. Selain itu juga tersedia jack microphone external yang sangat membantu menghasilkan audio lebih jelas saat perekaman video. Jadi yang hobi membuat vlog akan sangat senang dengan adanya fasilitas ini.

Harga Terjangkau 
Ini poin yang sangat penting banget sebelum memutuskan memilih Canon Eos M3 ini. Dengan harga yang masih terjangkau kantong tapi mendapat kamera yang cukup lengkap fiturnya. Saat aku membeli kamera ini harganya tidak sampai 7 juta. Kalau lagi beruntung mungkin bisa mendapat harga yang jauh lebih murah lagi. Rasanya tidak menyesal membeli kamera dengan harga terjangkau tetapi bisa dipakai untuk belajar sepanjang waktu. Sebenarnya bila menuruti keinginan, ada banyak kamera bagus yang menjadi incaranku dan suami. Tapi harganya kurang bersahabat dengan isi dompet saat itu. 

12 comments:

  1. Canon Eos M3 itu kayaknya meang lebih ringan bodynya daripada Fuji ya, mba? Kualitasnya juga emang bagus ya mba. Aku senang nih kalau layarnya bisa diputar :)

    ReplyDelete
  2. Akh mupeng nih. Belum punya juga. Mau kayak teman-teman sekalian belajar moto gitu. Lebih puas ya hasil sendiri sesuai yang kita inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak benar-benar puas hasil sendiri

      Delete
  3. Wah jadi pengen punya juga. Pasti hasil jepretannya keren

    ReplyDelete
  4. Udah bisa disentuh ya mbaa dgn harga sgitu, asyik banget :D buat jepret2 settingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak layar sentuhnya sangat membantu

      Delete
  5. Keren ya camera Canon ini, semoga bisa punya satu aja hehe

    ReplyDelete
  6. Kamera ini bisa juga buat ngevlog :))
    temen2 vlogger aku banyak yg pakai kamera ini...

    ReplyDelete
  7. Ini kamera yg lumayan mumpuni.
    Tapi kalo yg pake kayak aku... hasilnya menyedihkan mba hahahahah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete