BUNDA TIDAK BOLEH SAKIT TERLALU LAMA

Beberapa bulan terakhir kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Terik matahari yang menyengat kulit bisa tiba-tiba berubah menjadi mendung gelap dan hujan lebat. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap kesehatan, terutama anak-anak. Mereka jadi rentan sakit. Si sulung saja sudah beberapa kali absen tidak masuk sekolah karena tiba-tiba badan panas disertai batuk pilek. Si Ayah juga sering mengeluh sering pusing dan tenggorokan sakit. Padahal ayah tipe orang yang jarang sakit. Dalam setahun bisa dihitung jari sakitnya.

Ketika anak-anak sakit, beberapa pekerjaan rumah memang sedikit terbengkalai. Namun masih bisa dihandel oleh bunda. Setelah memastikan anak istirahat, pekerjaan rumah bisa dikerjakan secara maraton. Begitu juga bila Ayah sakit dan izin tidak masuk kerja, bunda hanya butuh memastikan ayah istirahat yang cukup tanpa diganggu anak-anak. Pekerjaan rumah bisa tetap dikerjakan seperti biasa meski butuh waktu agak lama karena bunda harus hati-hati supaya tidak menimbulkan suara berisik yang bisa mengganggu istirahat ayah. Memastikan tidak ada perabot makan yang terjatuh saat selesai dicuci dan akan dikembalikan ke tempatnya. Ini penting karena bunda sering ceroboh, ada aja yang jatuh entah gelas plastik atau sendok yang menimbulkan suara berisik. Kadang panci saja tiba-tiba terjatuh ke lantai, padahal perasaan bunda sudah dicantolin dengan benar ke paku.

Lain cerita jika anggota keluarga yang sakit adalah bunda. Semua bisa kacau. Sekitar dua bulan lalu bunda sakit dan tidak bisa bangun. Hanya bisa rebahan di kasur memakai selimut tebal. Badan meriang dan kepala terasa berputar-putar jika akan bangun. Bunda sakit beberapa hari. Saat bunda sakir, rumah sudah seperti kapal pecah karena tidak ada yang menyapu atau mengepel lantai atau membereskan barang-barang yang tidak pada tempatnya. Anak-anak akan menjadi rewel karena makannya telat atau tidak teratur karena bunda tidak bisa bangun untuk memasak. Apalagi si adek Gia yang belum genap satu tahun. Rewel banget karena biasanya nempel bunda terus. Ketika bunda sakit, si bungsu dihandel ayah, otomatis sering tantrum mencari bunda. Belum lagi tumpukan cucian kotor dua bocah. Sehari saja bisa beberapa kali ganti baju, entah karena kotor ketumpahan makanan atau main air di belakang tanpa jeda. Ayahpun harus terpaksa izin tidak masuk kerja karena tidak mungkin meninggalkan anak-anak dengan bunda yang terbaring sakit. Tidak ada kerabat yang bisa diminta tolong untuk menemani bunda karena kita adalah orang perantauan yang jauh dari sanak saudara.

Belajar dari pengalaman tersebut, bunda sekarang lebih rajin menjaga kesehatan. Pada dasarnya penyakit hinggap saat kekebalan tubuh menurun. Aktivitas bunda yang padat harus di dukung dengan stamina yang prima. Sehingga untuk menjaga tubuh tetap fit, bunda rutin membuat racikan minuman sendiri untuk keluarga. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan kaya manfaat. Bunda  memilih mengkonsumsi minuman herbal atau herbadrink karena cenderung lebih aman dan minim efek samping.

Saat berbelanja di minimarket depan perumahan, bunda menemukan herbadrink dengan ekstrak temulawak. Minuman tersebut lebih praktis dan hygeinis karena dalam bentuk serbuk Sari Temulawak. Sehingga bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Dan yang pasti minuman ini aman karena termasuk produk herbal. Sebenarnya sudah lama memasukkan temulawak dalam daftar herbadrink yang ingin bunda tambahkan sebagai minuman sehat untuk keluarga khususnya buat bunda sendiri. Karena dari sebuah artikel kesehatan bunda mendapat informasi tentang temulawak. Temulawak nama ilmiahnya adalah Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini telah dibudidayakan diberbagai negara, sebagian besar berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan juga Filipina. Temulawak mengandung kurkuminoid ynag biasanya dimanfaatkan sebagai pengobatan liver dan juga perawatan pasien osteoatritis. Disamping itu kurkumin juga memiliki beberpa manfaat lain seperti sebagai analgesik, antioksidan, dan juga anti-inflamasi. Selain itu dalam temulawak juga terdapat kandungan minyak atsiri yang berguna untuk penyakit rematik.

Sedangkan Herbadrink Sari Temulawak adalah minuman herbal yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern. Khasiat minuman ini untuk memelihara kesehatan organ hati dan membantu memperbaiki nafsu makan. Komposisi setiap sachet herbadrink Sari Temulawak adalah Ekstrak temulawak 2,2 g setara dengan 800 mg rimpang segar temulawak, gula, dan bahan lainnya hingga 18 g. Minuman ini bisa dinikmati dengan dua cara, diminum hangat-hangat atau dengan air dingin jika ingin lebih segar.

Sejak rutin mengkonsumsi herbadrink sari temulawak, aktivitas bunda sebagai ibu rumah tangga menjadi lancar. Pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci baju, setrika, mengurus si kecil hingga aktivitas yang lumayan menyita energi yaitu antar  jemput si sulung  sekolah bisa dikerjakan secara maraton tanpa kendala. Karena tubuh tetap fit meski seharian berkutat dengan banyak pekerjaan, malam hari masih disambung dengan aktivitas ngeblog menyelesaikan deadline.







Comments

  1. wahh akupun juga minum ini, jauhh sebelum dikenal banyak orang hehe. Karena kebetulan ketularan tetangga juga suka minum akhirnya ketularan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku telat banget taunya ya mbak. gppa deh dari pada gak tau sama sekali hehehe

      Delete
  2. wah sekarang sdh ada yang praktis ya, aku memang disuruh ibuku minum tapi maals godoknya. Sekarang sdh ada yg praktis jd enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. di zaman sekarang semua serba praktis ya karena rata2 orang tidak mau ribet :)

      Delete
  3. Replies
    1. wah kebalik pak dosen. daku yang harus banyak belajar dari pak dosen

      Delete
  4. temulawak mah demenan sejak kecil hehee...ini ada produk olahan temulawak pasti jossss yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu gak pernah suka sama temulawak hehe

      Delete

Post a Comment