DIARY DODOL : KETIKA KUNYIT NONGKRONG DI PIPI


Jenis kulitku bukan jenis kulit berminyak. Jadi sejak masih sekolah sampai menikah jarang sekali berjerawat. Jerawat kecil hanya akan muncul jika sudah mendekati tanggal datang bulan alias menstruasi tiba.  Perawatan kulitku pun cukup mudah. Sejak remaja sering mencoba berbagai macam produk skincare. Hampir semua produk skincare yang pernah aku coba tidak menimbulkan masalah di kulit wajah. Tapi setelah menikah, jerawat jadi sering nongol di pipi mulusku. Namanya masih labil, setelah tahu kalau ada jerawat nongol, aku pasti jadi heboh sendiri. Gak bisa jauh-jauh dari cermin. Berkali-kali mondar-mandir di depan cermin. Dan jerawat itu makin menjadi deh. Semakin dipelototin di cermin, satu persatu temannya muncul. Wah bertambah paniklah aku. Akhirnya aku browsing tentang tips menghilangkan jerawat. Setelah baca beberapa artikel, ada satu tips yang ingin aku praktekkan. Karena menurutku bahan yang dibutuhkan murah meriah dan  tersedia di rumah. Bahan-bahan tersebut yaitu : kunyit, asam jawa , dan air.

Setelah memperoleh bahan yang diperlukan, aku segera mengeksekusi ramuan ajaib penghilang jerawat itu. Mengambil beberapa centimeter kunyit dan menumbuknya. Kemudian menambahkan sedikit asam jawa dan air. Langkah selanjutnya mengaplikasikan ramuan tersebut sebagai masker di wajahku. Sambil menunggu masker mengering (sekitar 20 menit) aku rebahan di kasur menonton drama korea. Suami yang baru keluar dari kamar mandi dan melihat wajahku penuh dengan kunyit, spontan tertawa dan berkata : “Awas lho nanti wajahnya kayak Spongebob, kuning semua.” Ledekan suami tak kuhiraukan. Setelah 20 menit, aku membersihkan maskerku dan segera berdiri di depan cermin. Melihat wajahku di cermin sontak aku berteriak memanggil suami. Alih-alih jerawatku kempes, yang ada justru wajahku yang berwarna kuning.  Suami yang saat itu sedang serius di depan laptop langsung menghampiriku. Tetapi bukannya menenangkan istrinya yang panik karena wajahnya sudah berubah seperti boneka spongebob, ia malah tertawa. Dan tawanya kali ini lebih keras. Di sela tawanya ia berkata, “Benarkan kata Mas, kunyit di tangan saja susah dihilangkan apalagi nongkrong di pipi?” bertambah manyunlah diriku mendengar komentar suami. Dengan warna wajah yang seperti itu aku tidak berani keluar rumah sampai efek kunyit di wajahku benar-benar hilang  keesokan harinya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ramuan penghilang jerawat yang aku dapatkan. Belakangan ini baru aku tahu bahwa untuk membuat masker kunyit itu yang dipakai adalah bubuk kunyit yang biasanya dijual di swalayan, bukan kunyit yang diparut kemudian ditempel di wajah. Wah gagal paham nih daku waktu itu. 

Kalau membahas tentang kegunaan kunyit, memang benar kunyit tidak hanya berguna untuk obat saja. Selama ini kebanyakan dari kita hanya mengetahui kunyit yang biasa dipakai untuk racikan jamu seperti jamu kunyit asem. Padahal banyak kegunaan kunyit dalam dunia kecantikan, khususnya untuk masker wajah. Diantaranya :

Menghilangkan Jerawat
Kunyit sangat efektif mengobati jerawat karena mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri yang memerangi jerawat. Kamu bisa  membuat masker kunyit ini dengan mencampur bubuk kunyit dengan lemon. Bisa juga mencampur bubuk kunyit dengan asam jawa seperti yang aku lakukan. Tapi ingat, bubuk kunyit ya yang digv unakan. Bukan kunyit segar.  

Mencegah Penuaan Dini
Selain untuk menghilangkan jerawat. Kunyit bisa digunakan untuk mengatasi masalah penuaan,yakni mengurangi kerutan pada wajah. Untuk masker anti keriput, kamu bisa mencampur bubuk kunyit dengan tepung beras dan susu. Oleskan pada permukaan wajah yang keriput. Masker ini juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata jika digunakan secara rutin.

Antipigmentasi
Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Jika kulit kamu mengalami masalah seperti ini, cukup oleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan jus timun segar selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin ya sampai kulitmu kembali ke kondisi semula.

Mencerahkan Kulit Wajah
Jika kamu ingin wajahmu cerah alami, bisa memanfaatkan campuran bubuk kunyit dan madu. Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dan ½ sdm madu. Aduk hingga terlihat seperti pasta. Aplikasikan di wajah dan biarkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Bulu di Wajah
Campuran kunyit dan yoghurt bisa menjadi solusi menghilangkan bulu-bulu halus di wajah.

Itulah cerita dodolku bersama kunyit dan manfaat kunyit untuk pesona cantikmu. Mulai sekarang masukkan bubuk kunyit dalam daftar belanja bulananmu. Siapa tahu masker kunyit bisa menjadi pengganti krim antiagingmu yang harganya bikin dompet cepet kosong. Kalau bisa cantik tanpa banyak buang duit, kenapa tidak.


Comments

  1. Wkwkwkwjwkwk.... Ini persis kayak ank buahku yg wkt itu pake kunyit utk ngilangin jerawatnyaa. :p sayangnya dia g bisa cuti bsknya mba.. Dan aku pas ngeliat mukanya jd jreng begitu, lgs ga tega utk nyuruh dia ttp neller di depan.. Bisa2 nasabah pd jantungan wkwkwkw :p. Jd kuksh izin utk ngerjain pekerjaan admin dulu :D

    Tapi resep2 bubuk kunyitnya penting nih utk disave. Aku mw coba yg ngilangin pigmentasi :D

    ReplyDelete
  2. Biasanya berapa hari bisa hilang ekas warna di wajah mbak, kalau pakai kunyit dimuka?

    theamazingjasmi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau usaha ekstra sehari sudah bisa hilang mbak

      Delete
    2. Cara ngilangin nya gimana mbak? pakai facial foam aja gitu ya? ato bisa dihilangi dgn cara alami lainnya?

      Delete
    3. pake facial foam bisa tapi berkali-kali. tapi kalau pake bubuk kunyit cepet ilang kok

      Delete
  3. Wah berarti nggak bisa kunyit langsung ya. Iya kalau marut kunyit di tangan aja hilangnya lama ya. Ada masker yang dijual jadi lebih memudahkan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu daku belum nemu yang dijual mbak hehehehe

      Delete

Post a Comment