Tuesday, November 20, 2018

KTA Online Bisa Menjadi Solusi Untuk Kebutuhan Tak Terduga

https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan
KTA Online Bisa Menjadi Solusi Untuk Kebutuhan Tak Terduga- Hidup di Zaman sekarang tentu berbeda dengan Zaman dahulu. Apalagi yang sudah menikah dan punya anak usia sekolah. Ada banyak kebutuhan mendesak yang tidak bisa ditebak datangnya. Mulai urusan sakit anak, orang tua sakit, renovasi rumah, hingga kebutuhan yang menyangkut biaya sekolah. Semua uang tabungan sudah dikeluarkan tapi tetap saja tidak cukup untuk menutupi kebutuhan tak terduga yang nominalnya tidak sedikit. Lantas apa solusinya? Pinjam uang ke saudara atau teman? Terkadang  kondisi keuangan mereka tidak jauh berbeda dengan kita. Pilihan terakhir adalah meminjam dana ke sebuah Bank. Tapi, Bisakah meminjam dana ke bank tanpa ada satu pun surat berharga sebagai jaminan? Jawabannya adalah bisa, yaitu melalui Kredit Tanpa Agunan atau KTA.  Karena sebenarnya KTA masuk kategori kredit konsumtif, jadi bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Artinya setiap orang berhak mendapat pinjaman dana dari Bank meskipun tidak punya BPKB, Sertifikat tanah, atau surat berharga lainnya yang biasanya diminta oleh pihak Bank sebagai jaminan. Pinjaman melalui KTA bisa dalam jumlah besar lho. Nah, banyak orang selama ini enggan untuk mengajukan KTA karena menganggap nominal uang yang bisa diperoleh lewat KTA jumlahnya sedikit. Selain itu, alasan orang tidak kunjung melakukan pengajuan KTA karena malas untuk wira-wiri ke Bank dan beranggapan bakal dipersulit prosesnya karena tidak memakai jaminan apapun. Padahal prosesnya mudah dan tidak serumit yang dibayangkan. Apalagi sekarang dunia perbankan sudah berinovasi memanfaatkan teknologi untuk mempermudah calon nasabahnya. Sekarang hadir KTA online. Adanya KTA online tentu lebih efektif karena tidak menyita banyak waktu. Jika pada pengajuan KTA konvensional kita harus datang ke bank yang bersangkutan, maka pada KTA online Semua proses pengajuannya bisa dilakukan secara online dimana saja asal ada koneksi internet.

Proses Pengajuan KTA Online


Proses pengajuan KTA online pada dasarnya sama dengan KTA secara konvensional. Tetap dibutuhkan data identitas dan seputar pekerjaan.Dari segi keamanan juga sama. Sama-sama terdaftar dan dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penting mengetahui apakah Perusahaan tersebut legal atau tidak. Karena ada kaitannya dengan perlindungan kita sebagai nasabah, untuk meminimalisir resiko. Pada proses pengajuan KTA online kita bisa mengisi formulir secara online. Kemudian memilih nilai pinjaman dan menentukan masa tenornya. Dokumen seperti fotocopi KTP, NPWP, pas foto, Surat keterangan kerja, dan dokumen penunjang lainnya bisa dikirim via email saja. Pengajuannya sangat mudah, tidak perlu beranjak dari rumah. Bagi para pekerja pun, tidak perlu izin keluar kantor untuk sekedar mengambil formulir ke Bank. Setelah melakukan pengajuan KTA secara online, nanti pihak bank akan melakukan verifikasi. Bila memenuhi syarat, uang langsung ditransfer ke rekening nasabah.

Terkait syarat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin mengajukan KTA online. Diantaranya :

 Pendapatan Bulanan
Pihak Bank akan melakukan analisa terkait pendapatan bulanan kita. Apakah pengeluaran bulanan kita melebihi batas kemampuan finansial kita atau tidak, termasuk jumlah cicilan yang kita tanggung setiap bulannya. Hal ini berkaitan dengan kemampuan kita membayar angsuran ketika nanti pengajuan KTA kita disetujui. 

Domisili
Domisili calon nasabah sangat penting mengingat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misal kredit macet, maka pihak Bank akan lebih mudah melakukan tagihan. WNI masih menjadi prioritas dalam proses pengajuan KTA. Meski beberapa Bank tetap menerima WNA sebagai calon nasabah asalkan melampirkan dokumen pelengkap seperti paspor, dan lain sebagainya.
   
Usia Produktif
Usia produktif kita sebagai pekerja menjadi pertimbangan juga saat melakukan pengajuan KTA online. Calon nasabah yang masih di bawah umur atau orang yang sudah mendekati masa pensiun tidak disarankan mengajukan KTA.

Kepemilikan Kartu Kredit
Memang tidak ada keharusan memiliki Kartu Kredit ketika mengajukan KTA secara online. Namun, pihak Bank akan lebih mudah menganalisis keuangan kita melalui Kartu Kredit yang kita miliki. Hal ini tentu berkaitan dengan kelancaran pembayaran saat KTA disetujui.

Jadi, tidak ada salahnya memperhatikan keempat poin di atas sebelum melakukan pengajuan KTA online.  Sebenarnya kita sebagai calon nasabah seharusnya merasa terbantu  dengan kehadiran KTA online. Karena KTA online tidak hanya efisien dari segi waktu, KTA Online juga mempunyai keunggulan lainnya yaitu kita bisa melihat dan mempelajari banyak produk KTA dari berbagai Bank. Setiap Bank pasti mempunyai ketentuan berbeda tentang produk yang mereka miliki. Kita bisa dengan mudah mengecek satu persatu jenis produk tersebut hanya lewat online saja, tanpa membuang waktu datang dan antri ke Bank yang bersangkutan. Jadi, Kita juga bisa membandingkan produk KTA dari Bank mana yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan mudah.  Selain itu, Proses pengajuan KTA online lebih fleksibel terkait kelengkapan dokumen pelengkap saat proses pengajuan. Hal itu tentu berbeda dari proses pengajuan konvensional yang tidak bisa dikompromi terkait pelampiran dokumen pelengkap.  Ayo, tunggu apalagi? Sudah tidak ragu lagi kan dengan KTA online? Masih bingung? Yuk, langsung saja mencari info yang lebih akurat ke https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan




No comments:

Post a Comment