Monday, October 15, 2018

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN PEMULA SAAT INGIN MELAKUKAN PERAWATAN WAJAH

5 Hal yang Harus Diperhatikan Pemula Saat Ingin Melakukan Perawatan Wajah- Beberapa minggu ini aku sering mendapat pertanyaan seputar perawatan wajah. Mulai dari bagaimana cara merawat wajah yang benar sampai minta rekomendasi produk yang cocok untuk mereka. Salah satu yang bertanya adalah adik yang baru lulus SMA. Dia sedang antusias mencoba hal-hal baru, termasuk urusan skincare. Sebagai seorang kakak wajib memberikan pemahaman yang benar agar dia tidak salah dalam memilih produk untuk kulit remajanya. Sayang banget kalau kulit polosnya harus rusak hanya karena salah pilih skincare. Rata-rata mereka tidak tahu perawatan kulit dasar sekalipun. Mereka hanya memperhatikan hasil instan tanpa peduli produk yang dipakai berdampak tidak bagus untuk kulit bila digunakan dalam jangka Panjang. Wajah adalah aset yang harus dirawat dengan hati-hati. Nah, sebelum memutuskan membeli sebuah produk perawatan untuk kulit wajah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 


1. KENALI JENIS KULIT WAJAH

Ini adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang wanita sebelum melakukan perawatan kulit. Memahami jenis kulit sangat penting agar dapat melakukan perawatan wajah dengan tepat. Faktor yang mempengaruhi jenis kulit ini ada banyak, diantaranya karena genetik atau keturunan, kondisi kulit itu sendiri, dan pertambahan usia. Ada 5 jenis kulit yang wajib diketahui oleh pemula, Yaitu :

Kulit Normal

Jenis kulit satu ini adalah tipe yang ideal. Dambaan semua wanita. Kulit bersih sehat, kenyal, halus, dan bersinar alami. Hal tersebut karena kadar air  dan sebum dalam kulit seimbang. Bila kulit terhidrasi dengan sempurna, maka kelembutan dan kelembaban kulit tetap terjaga. Lalu,  Apa itu sebum? Sebum merupakan bagian dari minyak yang ditemukan pada permukaan kulit. Jumlah sebum harus tetap dikontrol  karena kekurangan sebum akan mengakibatkan kulit kusam. Begitu juga sebaliknya, kelebihan sebum akan menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Jika kamu memiliki ciri-ciri kulit seperti itu, selamat kamu adalah wanita yang beruntung.

Kulit Kering
Ciri-ciri kulit kering adalah bersisik, pecah-pecah, dan terlihat keriput di beberapa bagian. Rasa tidak nyaman akan lebih terasa sesaat setelah mandi. Kulit wajah seperti ketarik dan kaku. Hal ini terjadi karea kulit kurang terhidrasi dan produksi sebum sedikit. Kondisi cuaca, konsumsi alkohol berlebih, dan tingkat setres yang tinggi juga bisa mempengaruhi kulit menjadi kering. Bila kulit wajahmu kondisinya seperti itu, berarti tipe kulitmu adalah kering.

Kulit Berminyak
Tanda kulit wajahmu berminyak yaitu bertekstur tebal kasar, mengkilat, dan mudah berjerawat. Untuk mengecek kadar minyak dalam wajahmu, ambil tisu dan tempelkan di area wajah. Biasanya minyak di wajah akan menempel di tisu. Itu artinya produksi sebum berlebih. 

Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi adalah perpaduan jenis kuit kering dan berminyak. Area hidung dan dahi akan terlihat mengkilat karena kelebihan minyak, tapi area wajah lainnya seperti pipi terlihat kering. Penanganan untuk jenis kulit kombinasi memang agak sedikit ribet dibanding dengan jenis kulit kering atau berminyak.

Kulit Sensitif
Pemilik kulit sensitif biasanya kondisi kulit wajahnya cenderung kering, meradang, dan mudah iritasi. Bila tidak cocok dengan salah satu bahan dalam produk perawatan, reaksi kulitnya akan kemerahan dan gatal. Untuk jenis kulit satu ini tidak bisa menggunakan sembarang produk perawatan. Mengingat reaksi yang timbul tidak sekedar bruntusan tapi bisa lebih parah dan menimbulkan ketidaknyamanan.

2. KEAMANAN PRODUK YANG DIPAKAI

Para pemula biasanya akan tergoda dengan produk yang menjanjikan memberikan hasil maksimal dalam kurun waktu singkat. Jangan pernah tergiur dengan berbagai tawaran produk yang beredar di pasaran sebelum melakukan pengecekan terhadap keamanan produk. Karena produk yang akan dipakai untuk area wajah. Jadi, harus teliti sebelum membeli. Hal-hal yang perlu dicek sebelum membeli produk perawatan adalah izin edar produk tersebut. Cek di bagian kemasan apakah produk yag akan kamu beli sudah terdaftar di BPOM. Bila kamu seorang muslimah, lebih bagus lagi jika melakukan pengecekan apakah produk itu ada label HALAL MUI.

Selain itu juga penting melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa produk. Jangan sampai kamu membeli produk yang kadaluarsanya tinggal sebulan lagi. Hal yang tak kalah penting untuk diperiksa saat membeli produk perawatan adalah bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Membaca dengan detail Ingredient yang berada di bagian belakang kemasan itu wajib dilakukan. Hal tersebut untuk memastikan apakah produk yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan kulitmu saat ini. Setiap jenis kulit tentu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, belilah produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pemilik kulit sensitif harus benar-benar memperhatikan bahan yang tertera dalam kemasan produk. Karena jika tidak cocok dengan salah satu bahan yang ada di dalamnya, akan menimbulkan reaksi yang tidak nyaman di kulit wajah.

3. TAHAPAN PERAWATAN KULIT WAJAH

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan jika kamu adalah seorang pemula di dunia skincare adalah tahapan perawatan wajah yang benar. Karena banyak yang mengeluhkan kulitnya bermasalah setelah menggunakan salah satu produk atau menyimpulkan sendiri produk yang dipakai tidak memberikan hasil maksimal. Padahal setelah ditelusuri Ternyata letak permasalahannya bukan pada produk yang dipakai, melainkan pada cara penggunaan produknya. Rata-rata tidak paham tahapan perawatan kulit wajah yang benar.

Tahapan perawatan wajah yang benar yaitu
Cleansing- Toning-Mousturising-Protecting

Cleansing (membersihkan) adalah tahapan awal dalam perawatan dasar. Ada 2 tahap dalam pembersihan wajah. Tahap pertama ini wajib meskipun kamu sedang tidak menggunakan make up. Sisa penggunaan sunscreen dan debu serta kotoran di wajah tidak akan hilang hanya dengan air saja. Cleanser yang bisa digunakan ada banyak jenisnya mulai dari milk cleansing, cleansing balm, ceansing oil, atau cleansing krim. Tidak disarankan hanya menggunakan micellar water sebagai first cleanser karena hasilnya tidak maksimal mengangkat sisa make up. Pilih cleanser yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Selanjutnya bersihkan wajah menggunakan facial wash yang cocok untuk jenis kulitmu. Agar semua kotoran terangkat sempurna.

Toning (menghidrasi) adalah tahapan selanjutnya yang tidak boleh terlewat. Ada 2 jenis toner yaitu Exfoliating toner dan hydrating toner. Namun, untuk pemula yang diwajibkan hanya hydrating toner. Karena setelah mencuci wajah dengan facial wash biasanya ph kulit akan berubah. Nah, fungsi toner ini menyeimbangkan kembali ph kulit agar kuit tidak terasa semakin kering. Ada banyak toner yang beredar di pasaran mulai dari produk lokal sampai produk dari negeri tetangga. Apapun produk pilihanmu pastikan memilih toner yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Mousturising (melembabkan) adalah tahapan selanjutnya yang akan membantu kulit wajah tetap kenyal. Karena fungsi mousturising adalah mengunci kadar air dalam kulit. Jadi, buat kamu yang mempunyai kulit berminyak tetap butuh pelembab. Pilih pelembab yang ringan seperti lotion. Sedangkan untuk kulit kering, pilih pelembab yang lebih creamy.

Protecting (melindungi) adalah tahapan akhir yang tidak boleh dilewatkan. Setelah kulit dibersihkan dengan sempurna, dilembabkan dengan toner, dan dikunci kadar airnya dengan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, maka langkah selanjutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun sedang tidak bepergian jauh kamu tetap wajib memakai sunscreen pagi dan siang hari. Bila kamu hanya di dalam kamar atau tidak keluar rumah selama seharian, memakai pelembab berSPF minimal 30 masih bisa. Pemakaian sunscreen disarakan lebih banyak agar wajah terlindungi maksimal dari sinar UV.



4. JANGAN TAKUT MENCOBA

Sesungguhnya tidak ada produk yang benar-benar cocok untuk semua orang. Produk yang cocok dipakai temanmu belum tentu cocok untuk kulit wajahmu. Sehingga untuk menemukan produk mana yang klik di wajahmu, harus berani mencoba berbagai macam produk. Jangan menyerah hanya karena bruntusan, jerawatan, atau tambah kusam saat mencoba satu produk. Perjalanan menemukan produk perawatan yang cocok di kulit wajah itu sama dengan perjalanan menemukan cintamu, kadang berliku penuh drama. Tapi yakinlah, bakal lega bila sudah menemukan produk perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Namun perlu diperhatikan, Jika mencoba sebuah produk tiba-tiba kulit wajahmu bereaksi tidak wajar, segera hentikan. Netralkan wajahmu untuk sementara waktu sebelum mencoba produk lainnya.

5. TIDAK HARUS MEMAKAI SERANGKAIAN PRODUK YANG SAMA

Alangkah lebih baik menggunakan produk perawatan satu rangkaian agar hasil yag diperoleh maksimal. Alasan itulah yang membuatku dulu selalu membeli produk perawatan satu paket. Ternyata aku tidak cocok dengan produk tersebut. Akhirnya menyesal telah menghabiskan banyak uang untuk serangkaian produk yang tidak bisa dipakai lagi. Solusi terakhir adalah meghibahkan produk tersebut kepada orang terdekat. Seiring berjalannya waktu, aku paham bahwa untuk melakukan perawatan degan tahapan yang benar tidak wajib memakai produk yang sejenis. Jadi, buat kamu yang ingin memulai perawatan kulit wajah, jangan sedih bila tidak bisa membeli produk satu paket komplit. Kamu bisa menggunakan produk cleansing dari brand A dan toner dari brand B serta pelembab dari brand C. Semua sah-sah saja asal produk tersebut cocok dengan kulitmu.








  

  










 

No comments:

Post a Comment