Monday, September 17, 2018

5 ALASAN MEMILIH STAYCATION DI BATIQA HOTEL DARMO SURABAYA


Akhir pekan kemarin aku main  ke BATIQA HOTEL SURABAYA untuk bertemu dengan teman-teman satu komunitas. Sehari sebelum acara Gathering, aku mencari info terkait BATIQA HOTEL DARMO. Awalnya hotel  yang berada di Jl. Darmokali No.60 ini aku kira adalah hotel berkonsep syariah karena namanya sepintas seperti kata serapan dari bahasa arab. Tapi ternyata nama BATIQA bukanlah nama ala timur tengah, justru terinspirasi dari kultur Indonesia banget. BATIQA adalah gabungan dari kata BATIK dan Quality A. Batik merepresentasikan Indonesia dan Quality A menunjukkan bahwa hotel ini berusaha memberikan pelayanan Hight Class kepada para tamu. Aku akui betapa jenius pencetusnya.

Setelah seharian berkeliling  di setiap sudut hotel BATIQA, aku jatuh cinta dengan hotel bintang 3 ini dan merekomendasikan buat teman-teman yang ingin singgah di Surabaya atau sekedar staycation bersama keluarga tercinta di akhir pekan. Menurutku ada 5 alasan mengapa  BATIQA Hotel layak dijadikan pilihan selama berada di kota Pahlawan. Tidak hanya bagi para pebisnis saja, kalian yang terbiasa liburan bareng keluarga besar juga patut mempertimbangkan untuk menghabiskan malam di tempat ini. Lima alasan tersebut diantaranya:

LOKASI STRATEGIS 

Ketika datang ke suatu kota dan berencana menginap, wajib memilih hotel yang letaknya strategis. Artinya posisi hotel dekat dengan berbagai macam fasilitas umum. Apalagi jika menginap bersama keluarga besar. Jadi, saat memerlukan sesuatu yang tidak ada di hotel maka tidak perlu jauh-jauh mencarinya. Hemat dana dan waktu serta tenaga. Nah, Hotel BATIQA ini masuk dalam katagori hotel yang letaknya strategis. Kenapa? karena 160 m dari hotel ada mini market, dekat dengan Taman Bungkul (sekitar 550 m). Belum lengkap ke Surabaya bila belum nongkrong di sana. Posisi BATIQA juga dekat dengan Kebun Binatang Surabaya, kurang lebih 1 km atau sekitar 12 menit berjalan kaki. 

Jika ke Surabaya belum lengkap apabila belum singgah di pusat-pusat perbelanjaan. Hotel BATIQA sangat dekat dengan Shopping Mall seperti Royal Plaza dan DTC (1.1 km). Jadi, bila bosan di dalam kamar hotel, kalian bisa belanja sepuasnya di mall yang tidak jauh dari hotel. Hal lain yang tak kalah penting  wajib diketahui adalah lokasi Rumah Sakit besar juga tidak jauh dari Hotel BATIQA. Jarak rumah sakit dengan hotel sekitar 2 km. Ada juga Monumen Ronggolawe dan Cagar Budaya yang bisa dijadikan destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari hotel. 

DESAIN KAMAR YANG NYAMAN

Nuansa lokal langsung terlihat saat memasuki kamar di hotel ini. Interior hotel yang banyak didominasi oleh hasil karya anak negeri. Mulai dari batik sampai hasil karya para pengrajin Doly. Hotel BATIQA mempunyai 84 Superior rooms, 2 Suite room, dan 1 Family room. Buat kalian yang bepergian sendiri cocoknya di Superior room, kalian sudah bisa melepas penat sambil menikmati hiruk pikuk kota dari balik jendela kamar. Sedangkan buat kalian yang pergi bareng sahabat bisa memilih Suite room, kamar tentu lebih luas. Bahkan ada ruang tamu mini di dalam kamar tersebut. Ruang tamu mini dan tempat tidur terpisah sekat. Jadi, tidak canggung bermalas-malasan di atas tempat tidur sementara roommate kita sedang menerima tamu. Tv di dalam Suite room ini juga ada 2 buah yang diletakkan di area tempat tidur dan di ruang tamu mini. Oiya, di Suite room juga disediakan tempat khusus untuk menyetrika. Sehingga buat kalian yang terbiasa tampil rapi tidak perlu khawatir. Pakaian kalian bisa disetrika sesaat sebelum bepergian meninggalkan hotel. 
superior room
Mini ruang tamu di suite room
tempat tidur di suite room yang nyaman buat rame-rame
oiya, hiasan di atas tempat tidur adalah karya pengrajin Doly

Dari tiga tipe kamar, favoritku adalah Family room. Sebagai bunda dari dua anak, aku tidak akan ragu mengajak kedua buah hatiku untuk staycation di hotel BATIQA. Yups, karena rumahku hanya di pinggiran kota Surabaya, maka tidak ada salahnya menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Family room hotel ini. Desain kamarnya benar-benar unik menurutku. Selain tempat tidur utama, ada tempat tidur anak-anak yang bentuknya bertingkat dengan anak tangga yang di desain lebar. Jadi, aman untuk anak-anak. Family room ini menggabungkan antara kamar orang tua dan kamar anak-anak dalam satu ruangan bersekat namun tidak full. Para orang tua tetap bisa memantau tingkat polah anak dari tempat tidur utama. Dari dalam Family room ini bisa melihat padatnya aktivitas kota Surabaya dari balik jendela. Anak-anak juga bakal betah di dalam kamar karena kamar didesain seperti suasana kamar anak  di rumah.

menikmati hiruk pikuk kota Surabaya dari Family room
tempat tidur untuk anak-anak di Family room
anak tangga lebar aman untuk anak-anak

ROOFTOP YANG UNIK

Bila malas untuk keluar hotel, kalian tetap bisa menikmati pemandangan indah dari Rooftop BATIQA. Rooftop yang berada di lantai 16 ini diberi nama Rooftop Darmo Steakhouse. Rooftop di lantai 16 sedikit berbeda dari Rooftop pada umumnya. Disini kalian bisa mengadakan gathering bersama komunitas atau para sahabat sambil menikmati matahari terbenam. Jika malam tiba, kalian bisa menikmati indahnya kota Surabaya malam hari dari ketinggian. Konsep Rooftop di lantai 16 ini memang sedikit formal dengan westtern foodnya. Jika ingin menikmati suasana yang lebih casual dan bebas merokok, pilihlah lantai 15 yang semi outdoor. Di lantai 15 kalian akan bertemu seorang barista yang ramah.  Sembari makan kalian juga bisa menikmati live musik. Aku suka dengan deretan tempat duduk di bagian dekat kaca. Kaca yang didesain terbuka dengan semilir angin membuat betah berlama-lama menikmati indahnya pemandangan malam kota Pahlawan.

pemandangan di Rooftop lt 16

bercengkrama di lt 15 yang semi outdoor

HARGA MAKANAN RAMAH DI KANTONG

Salah satu alasan memilih sebuah hotel ketika bepergian bersama keluarga besar adalah harga makanannya bersahabat. Nah, di BATIQA ini harga makanannya tidak menyebabkan kantong jebol kok. Semua makanannya harga Nett, harga mulai dari 25K saja. Bahkan ada makanan yang bisa dinikmati bersama 5 orang sekaligus cukup dengan 200K sudah termasuk es teh refil. Nama makanannya adalah Sego Grudukan. Sego berasal dari bahasa jawa yang artinya Nasi, sedangkan Grudukan artinya dimakan secara bersama-sama. Sajian Sego Grudukan adalah Nasi berbentuk lambang BATIQA lengkap dengan aneka sayur dan lauk pauk khas Indonesia. Ada urap-urap, terong balado, ayam balado, sate, rawon, dan makanan khas Sumatera yakni rendang. Tak lupa aneka sambal juga tersaji di atas daun pisang. Aku suka dengan terong baladonya, mengingatkanku dengan masakan ibu di rumah. Urap-urap sayuran dan rendangnya juga mantap. Makan makanan rumahan di hotel, rame-rame bersama para sahabat dengan menggunakan tangan secara langsung sungguh terasa nikmatnya.


STAFF HOTEL YANG RAMAH 

Selain tempat yang nyaman, pelayanan juga menjadi bahan pertimbangan seseorang memilih tempat. Di BATIQA para staffnya sangat ramah. Ramah yang aku maksud bukan sekedar senyum SOP. Kakak-kakak cantik beberapa kali membantuku sebelum aku meminta bantuan. Bahkan aku sempat ngobrol panjang kali lebar dengan salah satu staffnya. Di acara Gathering kemarin, para staff juga tidak canggung mengajak beberapa dari kita untuk karaoke bersama. Dengan pelayanan prima tersebut, aku yakin kalian bakal betah menghabiskan akhir pekan di sini bersama keluarga.

Selain 5 alasan tersebut, fasilitas yang tersedia di BATIQA juga lengkap lho. Ada tempat ngegym, fresqa bristo, meeting room, wifi dengan hight speed, dan mushola. Bagiku keberadaan mushola sangat penting. Adanya mushola menghilangkan kekhawatiran tentang urusan ibadah kepada Tuhan saat menghadiri meeting atau sekedar gathering di hotel BATIQA.

tempat ngegym

fresqa bristo
BACA JUGA : UNIKNYA KAMPUNG INDIAN DI LERENG GUNUNG KELUD KEDIRI

2 comments:

  1. Bagus mba hotelnya, tempat tidur anaknya juga bagus, unik. Ngebayangin anakku pasti seneng naik turun tangganya hihihi

    ReplyDelete
  2. Dari kemarin berseliweran info tentang Batiqa Hotel Surabaya ini. Tergoda banget sama tempat tidur susunnya itu. Menggoda buat minta difotoin.

    ReplyDelete