7 Lagu Indonesia Lawas Yang Mengiringi Perjalanan Hatiku



Saat diajak membahas tentang lagu era 90'an oleh seorang teman, artinya aku diajak bernostalgia dengan masa remajaku. Rasanya butuh waktu agak lama mengingat lagu-lagu yang menemani masa-masa sekolah dulu. Maklum memori otak sudah dipenuhi oleh urusan anak dan rumah. Selain itu aku bukan tipe orang yang gandrung dengan musik. Aku hanya penikmat musik sekedarnya. Aku menikmati musik hanya saat suami memutar lagu via youtube di rumah. Mungkin sesekali memutar musik dari aplikasi di gawai. Aplikasi musik terinstal tapi jarang dipakai. Itulah aku yang sekarang tidak begitu antusias dengan lagu-lagu terbaru sekalipun. Jangan tanya aku lagu indonesia yang lagi ngehits karena aku lebih banyak melafalkan lagu anak-anak bersama si kecil gia.


Setelah mencoba membuka lembaran memori masa lalu, akhirnya menemukan beberapa lagu favorit dan kenangan terhadap lagu-lagu era 90'an akhir sampai 2000 an. Mulai lagu barat sampai lagu indonesia yang lumayan populer disaat itu. Tapi dari sekian lagu hanya ada 7 lagu Indonesia  yang benar-benar masih suka hingga saat ini karena lagu-lagu itu spesial. Karena berkaitan dengan perjalanan hatiku menemukan tambatan hati. 

Cinta Tak Bersyarat - Element 



"Demi nama cinta, telah kupersembahkan hatiku hanya untukmu, telah kujaga kejujuran dalam setiap nafasku"

Entah sejak kapan aku suka dengan lagu-lagu dari grup band Element. Mungkin karena aku dulu sempat ngefans dengan Didi Riyadi. Saat tahu doi adalah bagian dari grup band element, aku langsung jatuh cinta dengan grup band satu ini. Apalagi ternyata lagu-lagu mereka adalah lagu-lagu tentang kegalauan cinta. Sangat klop dengan masa remajaku yang baru terkontaminasi virus merah jambu. Dan lagu berjudul Cinta Tak Bersyarat menjadi favoritku. Lagu-lagu element lainnya juga bagus. Seperti yang berjudul Maaf Dari Surga dan Rahasia Hati.  Setiap liriknya begitu mendalam. Seakan dibuat dengan penuh perasaan. Ketika sedang galau sendirian di kamar kemudian menyanyikan lagu-lagu element  sambil menghayati tiap bait liriknya dijamin bisa nangis bombai.

Setia - Jikustik 



"Selang waktu berganti, aku tak tahu engkau dimana, tapi aku mencoba untuk setia" 


Lagu lawas ketiga yang punya nilai histori buatku adalah lagunya grup band Jikustik. Grup band yang dipimpin Pongki Barata ini juga menyuguhkan lagu-lagu cinta romatis tapi lebih slow. Salah satunya lagu berjudul setia ini. Lagu yang bercerita tentang kesetiaan seseorang meskipun sang pujaan hati tak pernah ada kabar. Seolah lirik lagu itu mewakili suara hatiku. Setia menjaga hati untuk seseorang yang entah dimana keberadaannya. Seseorang yang kelak menjadi imam dan ayah dari anak-anakku. Menyisakan ruang di hatiku untuknya padahal doi sama sekali tak tahu perasaanku. Saat itu kita hanya teman yang tak pernah menjalin sebuah komunikasi. Karena kita ada di dua tempat yang berbeda. Judul lagu Jikustik lainnya aku juga suka. Seperti lagu berjudul Seribu Tahun Lamanya, Puisi, Selamat Malam, dan masih banyak lagi. Band asal Jogja ini benar-benar piawai menghipnotis banyak remaja dengan karya-karya mereka.

Jika- Melly Goeslow Feat Ari Lasso



"Jika teringat tentang dikau, jauh di mata dekat di hati"

Lagu selanjutnya yang tetap dikenang hingga kini adalah lagu berjudul Jika yang dinyanyikan oleh Melly Goeslow dan Ari Lasso. Lagu galau tentang hubungan yang pasang surut. Menjalin komitmen dengan seseorang yang jauh di mata pada usia remaja tidak mudah. Seperti lirik lagu ini, terkadang masa muda yang labil sering membuat keputusan yang emosional. Dan kemudian menyesal dengan keputusan yang telah diambil. Kisah cinta masa remaja yang penuh drama. Dari lagu ini juga awal mula aku suka dengan penyanyi serba bisa Melly Goeslow. Selain suara merdu, ia juga jago menciptakan lagu. Lagu-lagu tema cinta yang dia buat selalu istimewa buatku.

Gantung - Melly Goeslow 


"Sampai kapan kau gantung cerita cintaku, memberi harapan, hingga mungkin ku tak sanggup lagi dan meninggalkan dirimu"

Memilih untuk terus mengikuti lagu-lagu terbaru karya istri Anto Hoed ini tidak pernah rugi. Hampir semua lagu Melly Goeslow aku suka. Karena memang kebanyakan lagunya bisa mewakili suara hatiku. Salah satunya adalah lagu yang berjudul Gantung. Lagu satu ini sempat menjadi playlist wajib di komputer. Lagu Gantung ini sangat tepat dengan kondisiku saat itu. Seseorang yang aku harapkan memberi kepastian akankah sanggup menjadi nahkodaku ternyata diam seribu bahasa. Bahkan tak ada kabar berita sama sekali. Hati tak mudah berpaling darinya tapi dia tak kunjung meminangku menjadi belahan hatinya. Yang bisa aku lakukan hanya menunggu dari hari ke hari kapan kepastian itu datang.

Selepas Kau Pergi - Laluna



"Bantu aku membencimu, ku terlalu mencintaimu, dirimu begitu berarti untukku" 

Lagu dari grup band asal bandung ini adalah salah satu lagu Indonesia yang populer di era 2000 an. Aku suka dengan judul lagu satu ini karena seolah Laluna menyuarakan isi hatiku. Seseorang yang telah menggantung hatiku sekian lama muncul dengan sebuah jawaban yang tak diharapkan. Dia memilih pergi dari kehidupanku dengan alasan yang tak pernah aku mengerti. Tinggal aku sendiri menata hati. Duh, masa-masa yang tak pernah terlupakan. Dan Lagu ini menjadi lagu favorit yang aku dengarkan sejak saat itu.

Kenangan Terindah -Samsons




"Bila yang tertulis untukku adalah yang terbaik untukmu, kan kujadikan kau kenangan yang terindah dalam hidupku"

Playlist selanjutnya adalah lagu dari grup band samsons ini. Lirik lagu ini benar-benar menghibur saat aku masih belajar berdamai dengan hati. Berusaha ikhlas bila doi bukan jodohku. Meskipun semua kriteria ada padanya. Yupz, aku sudah berfikir jauh ke depan siapa yang akan menjadi pendamping hidupku sejak masih duduk di bangku SMA. Jadi, saat semua berakhir dan hanya menyisakan kenangan akupun sedih. Tapi masih bisa berfikir mungkin ini yang terbaik yang digariskan Tuhan untuk kita berdua. Semua cukup menjadi kenangan terindah antara aku dan dia. 

Kesempatan Kedua - Tangga



"Andai saja aku masih punya kesempatan kedua, pasti akan kuhapuskan lukaku, menjagamu, memberimu segenap cinta"

Skenario Tuhan begitu indah. Itulah yang terbesit dalam benakku saat itu. Tak pernah terbayang kesempatan kedua benar-benar datang. Sebuah takdir mempertemukanku kembali dengan seseorang yang aku yakini bukan jodohku. Dan doi meminta kesempatan kedua. Doi baru menyadari bahwa hatinya tak bisa berpaling dariku. Kesempatan kedua ini yang akhirnya mengantarkan kita pada janji suci di usia belia. Jadi aku sangat suka dengan lagu yang satu ini. Bahwa setiap orang berhak atas kesempatan kedua. Agar tak ada penyesalan dikemudian hari.

Itulah beberapa lagu lawas yang penuh kenangan. Baru sadar semua adalah lagu tentang galau. Perjalanan hati yang berliku selalu terwakili oleh lagu-lagu yang sedang populer saat itu. Bukan berarti aku tidak menyukai lagu lain. Beberapa lagu barat era 90-2000 an juga aku suka. Nanti akan aku ceritakan pada kesempatan lain. Tapi hanya lagu-lagu di atas yang punya nilai histori buatku. Tidak sekedar lantunan lagu tapi menjadi suara hatiku saat itu. Kisah cinta masa muda yang rumit tapi berakhir bahagia. 

No comments

Post a Comment