Wednesday, August 9, 2017

NGIDAM: Cara Bunda Ingin Dimanja

pixabay
Yang pernah hamil pasti tidak asing dengan istilah Ngidam. Meskipun tidak semua bunda hamil mengalami yang namanya Ngidam. Ngidam itu berasal dari bahasa jawa dan bisa diartikan ingin. Keinginan akan sesuatu yang harus diwujudkan saat itu juga. Ada yang mengatakan ngidam itu hanya masalah sugesti saja. Karena wanita ingin diperhatikan lebih, termasuk saat hamil. Entah yang benar seperti apa, yang pasti orang ngidam itu unik. Saat tidak hamil tidak menyukai makanan "itu" namun saat hamil malah merengek harus dicarikan makanan "itu". Bahkan ada yang ngidam  meminta makanan yang hanya ada di tempat tertentu atau ada juga ngidam makanan dari luar kota yang tentu saja susah untuk di dapatkan saat itu juga. Begitulah yang namanya ngidamnya orang hamil, kadang tidak bisa dilogika namun tetap harus dituruti.

Aku juga punya pengalaman ngidam selama hamil. Hamil anak pertama, di trimester pertama ngidam makanan-makanan oriental yang hanya bisa dibeli di pusat-pusat perbelanjaan. Alhasil suami tiap pulang kerja harus keliling dari satu mall ke mall lainnya. Dan di trimester ketiga alias hamil tua, aku ngidam makanan-makanan jadul ala ndeso seperti nasi jagung, gethuk, cenil, dan sejenisnya. Sesuatu yang susah ditemui di tempat perantauan. Lagi-lagi suami harus berburu makanan tersebut ke beberapa pasar tradisional pagi sebelum berangkat kerja. Sedangkan untuk kehamilan kedua agak berbeda meski tetap mengalami yang namanya ngidam. Di kehamilan kedua aku selalu minta kebab dan kopi dingin. Kalau dikonsumsi sesekali tentu tidak masalah kan ya. Lha ini aku mintanya setiap hari selama trimester kedua kehamilan. Pasti tidak bagus buat kesehatan apalagi buat bunda hamil. Tapi yang namanya bunda hamil lagi ngidam, bakal ngambek bila ngidamnya tidak dituruti.

Sedangkan dilihat dari tinjauan medis, dr. Muhammad Ardian C.L, SpOG,M.Kes menjelaskan bahwa masalah ngidam adalah faktor hormonal. Perubahan hormon yang terjadi di masa hamil juga membuat wanita hamil mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu. Namun terkadang ngidamnya para bunda hamil kurang memperhatikan apakah makanan yang sangat diinginkan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi dan baik untuk kesehatan atau tidak.

"Bunda perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil tentu berbeda dengan saat tidak hamil. Dimana Bunda adalah satu-satunya sumber nutrisi si kecil di dalam kandungan, sehingga kalau bunda sehat, si kecil juga sehat. Bunda perlu memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang. Selain asupan karbohidrat, protein, maupun lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, Zat Besi, Kalsium, dan Vitamin D juga penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Untuk itu, Bunda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan pola makan nutrisi seimbang 3x sehari, konsumsi satu butir telur, minum cukup air putih sebanyak 10 gelas perhari, serta dapat dilengkapi dengan konsumsi susu khusus ibu hamil." papar dr. Ardian.

Selain kebutuhan nutrisi, bunda hamil membutuhkan dukungan sepenuhnya dari orang-orang terdekat. Seperti yang dilakukan artis Dude Herlino kepada sang istri Alyssa Soebandono atau yang akrab dipanggil Icha. Sebagai seorang ayah yang baru dikarunia buah hati keduanya, mengungkapkan bahwa tantangan terberatnya dalam mendukung kehamilan sang istri adalah tetap memastikan asupan nutrisi istrinya tercukupi. Meski sang istri tidak mengalami ngidam makanan tertentu namun ia mengalami mual yang lumayan parah di kehamilan kedua sehingga mempengaruhi nafsu makannya. Dude terus membujuk Icha untuk tetap makan makanan yang bergizi dan melengkapinya dengan mengonsumsi susu ibu hamil,sebagai bentuk dukungan dude kepada istri tercinta.
Ngidam ketemu artis

FESTIVAL NGIDAM SGM
Bila para calon Ayah punya cara tersendiri untuk memanjakan bunda hamil, maka lewat Festival Ngidam ini SGM memanjakan ibu hamil dengan serangkaian aktivitas edukasi yang menarik dan menghibur. Jika kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa terlengkapi dengan adanya SGM Bunda, maka Festival Ngidam SGM hadir untuk menjaga suasana hati bunda hamil agar tetap happy. Ini festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia, sebagaimana dipaparkan oleh Christina Natalia selaku  Manager Marketing SGM Bunda.
dok.@Nduk_ikke

Pada tanggal 5-6 Agustus 2017 Festival Ngidam SGM hadir di Royal Plaza Surabaya memanjakan para bunda hamil di Surabaya dan sekitarnya. Di festival ini ibu hamil benar-benar dimanja. Bunda hamil yang Ngidam aneka kuliner, sudah disediakan beraneka ragam sajian kuliner lezat dan bergizi. Mulai dari rujak manis, bakwan malang, martabak, es cincau, es potong, dan masih banyak lagi menu makanan yang bisa dipilih oleh ibu hamil yang sedang Ngidam Jajan. Tak hanya itu, di festival ini bunda yang Ngidam Dimanja bisa menikmati area relaksasi. Di area ini bunda hamil bisa mencoba pijat refleksi meliputi pijat bahu dan kaki serta meni pedi (membersihkan, membentuk, kutek).
booth yang siap memanjakan bumil

Bila Ngidam pengen dandan atau pengen terlihat cantik, bisa banget lho. Meluncur saja ke booth Ngidam Dimanja area cantik. Di booth ini ibu hamil bisa merasa menjadi bunda hamil paling cantik dengan aneka make up seperti bedak, blush on, atau eye shadow. Jika ingin tampil beda bisa mencoba catok atau blow. Gimana, ngidam cantiknya jadi keturutan kan. Kalau bunda sudah senang dengan penampilan barunya, maka si jabang bayi juga harus senang juga dong. Ayah bunda bisa berpindah ke booth Terapi Musik. Di stan tersebut para bunda hamil akan dipasangkan alat di perutnya. Alat yang berisi kumpulan musik klasik yang akan diperdengarkan kepada si jabang bayi. Bila usia kehamilan sudah masuk 4 bulan bisa diperdengarkan musik klasik dengan durasi 10-15 menit setiap harinya. Aktivitas tersebut bagus untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

keseruan di masing-masing booth

Puas dengan Ngidam jajan sampai kenyang, badan jadi rileks dengan terapi relaksasi, penampilan jadi segar merona setelah mencoba area cantik, dan menstimulasi jabang bayi dengan terapi musik, maka selanjutnya bunda hamil bisa ke booth Konsultasi di Festival tersebut. Disni bisa konsultasi dengan para ahli di bidang kebidanan dan ahli gizi. Para pakar cantik siap mengedukasi seputar kehamilan dan menyusui. Festival Ngidam SGM benar-banar mengerti apa yang diinginkan para bunda. Menbuat kehamilan para bunda lebih seru. Tunggu apalagi, nantikan Festival Ngidam SGM di kota-kota berikutnya.




6 comments:

  1. lah ngidamnya kok keren mbak, masakan oriental :D
    di booth ngidam cantik, rame banget, ibu2 minta di make-up'in :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu2 teteep ya walau hamil pengen terlihat cantik teruus hahaha

      Delete
  2. Sama tuh kayak adik iparku. Ngidam pengen ketemu artis. Akhirnya ya dibantu biar terwujud. Hehhee

    ReplyDelete
  3. Aduh masa ngidam itu luar bisa..kok bisa gitu yaa hahaha...kalo ingat-ingat itu geli sendiri Mbak Tata :D

    ReplyDelete
  4. Aduh masa ngidam itu luar bisa..kok bisa gitu yaa hahaha...kalo ingat-ingat itu geli sendiri Mbak Tata :D

    ReplyDelete
  5. Aduh masa ngidam itu luar bisa..kok bisa gitu yaa hahaha...kalo ingat-ingat itu geli sendiri Mbak Tata :D

    ReplyDelete