Sunday, June 18, 2017

Mau Reuni Tanpa Resiko? Begini Caranya!

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan usai. Itu artinya kita akan merayakan hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri atau biasa disebut lebaran. Lebaran itu selain bisa menyantap makanan khas daerah yang adanya saat lebaran saja, kita juga akan disibukkan dengan silaturahmi kepada tetangga dan sanak saudara. Karena  saat lebaran sebagian besar dari kita juga mudik ke kampung halaman, itulah sebabnya banyak acara reuni bersama teman-teman semasa sekolah saat lebaran.

Pada dasarnya acara reuni itu bagus. Karena bisa menyambung silaturahmi dengan teman yang sudah lama tidak bertemu. Siapa sih yang gak suka bertemu dengan teman SD yang sudah belasan tahun tak jumpa. Atau teman SMA yang dulu akrab banget namun lama tak terdengar kabarnya. Tapi tak jarang acara reuni justru menimbulkan polemik tersendiri pasca acara. Bila mau reuni tanpa resiko, begini caranya

LURUSKAN NIAT
Ini poin penting. Segala sesuatu berawal dari niatnya. Jika niat datang reuni ingin show up ke teman-teman karena kita sudah sukses atau penampilan kita sudah gak kucel seperti jaman sekolah dulu, wah kayaknya harus dikoreksi dulu niatnya sebelum berangkat reuni. Biar nanti tidak sakit hati atau  dongkol saat bertemu  teman lama  yang lebih sukses dari kita. Atau niat datang reuni karena penasaran seperti apa ya sang mantan sekarang? Sesukses apa sekarang dan pasangan hidupnya sekarang kayak apa? Wuih ini niat yang benar-benar harus diluruskan say.

Keinginan datang reuni itu harus dengan satu niat yaitu menyambung silaturahmi dengan teman lama yang sudah terpisah jarak dan waktu terlalu lama. Bila setelah reuni ternyata bisa membangun hubungan bisnis dengan teman-teman lama itu bonus namanya. Karena dengan datang ke reuni secara tidak langsung kita memperluas jaringan pertemanan kita.

BAWA PASANGAN
Jika ada acara reuni dengan syarat tidak boleh membawa pasangan, itu patut dicurigai. Emang ada yang seperti itu? Ada lho. Ada juga orang yang enggan membawa pasangannya ke acara reuni. Alasannya pun bermacam-macam mulai dari malu atau tidak pede karena pasangannya tidak good looking sementara dirinya dulu bisa dibilang idola di sekolah, hingga alasan  pasangan tipe orang pendiam yang tidak suka diajak ke acara yang agak rame.

Singkirkan alasan-alasan itu jika ingin menghadiri acara reuni. Membawa pasangan itu penting lho. Itu menandakan bahwa kita sudah tidak single lagi, kadang teman yang sudah lama tidak bertemu dengan kita, tidak tahu bahwa kita sudah berkeluarga. Membawa pasangan ke acara reuni juga meminimalisir adanya cinta lama bersemi kembali (CLBK). Lha iya siapa yang tahu hati seseorang. Jika datang sendiri lantas ketemu sang mantan yang kebetulan masih single terus ngobrol serasa nyambung lagi, dan kebetulan doi lebih kece badai sekarang. Wah iman bisa goyah kalau tidak membawa pasangan. Banyak kasus rumah tangga bermasalah karena efek samping reuni ini. Waspadalah kawan.

Satu hal lagi yang perlu diingat, kegembiraan kita bertemu teman-teman lama di acara reuni jangan sampai  membuat pasangan merasa diabaikan ya. Kalau perlu kenalkan pasangan dengan teman-teman kita. Ajak pasangan sesekali terlibat interaksi dengan kita. Pasti pasangan akan nyaman meski diajak reuni dengan orang-orang yang belum pernah dikenal sebelumnya.

JADI DIRI SENDIRI
Acara reuni itu jika tidak disikapi dengan bijak akan menimbulkan masalah lho. Perasaan gak pede bertemu teman lama yang jauh lebih sukses atau sebaliknya, pengen tampil wow di depan teman-teman. So, sebaiknya kita menjadi diri kita sendiri. Banyak-banyak bersyukur deh kuncinya. karena apa yang terlihat pada diri teman kita saat diacara reuni itu sebatas luarnya saja. Jika bertemu dengan teman lama yang karirnya melonjak dan kehidupannya mapan, jangan langsung lantas iri atau berkecil hati. Kita tidak pernah tahu perjuangannya seperti apa untuk bisa ada di posisi seperti itu. Begitu juga bila bertemu dengan teman yang tidak sesuai dengan prediksi kita, jangan lantas mudah menghakimi. Sekali lagi kita tak tahu apa yang sudah mereka alami selama ini. Tahan untuk tidak berkomentar diluar apa yang tidak kita ketahui.

"Jangan iri dengan nikmat yang diberikan Tuhan  kepada orang lain jika kamu tak ingin diberi ujian hidup seperti dia" 

Menjadi diri sendiri apa adanya itu penting. Tak perlu berkecil hati, minder dengan diri sendiri. Tak perlu menjadi orang lain agar disanjung oleh teman-teman.

SELEKTIF
Selektif disini maksudnya adalah selektif memilih acara reuni yang seperti apa yang ingin kita hadiri. Kadang jadwal satu acara reuni dengan reuni yang lain bersamaan alias bentrok. Sehingga membuat bingung ingin menghadiri reuni yang mana. Jika kasusnya seperti itu, sebaiknya pilihlah acara reuni yang di dalamnya lebih banyak manfaat. Acara reuni yang dikemas dalam bentuk talkshow atau acara-acara yang didalamnya kita bisa mendapatkan ilmu baru akan lebih bermanfaat daripada reuni sekedar pesta di cafe atau resto.

Itulah beberapa tips agar acara reuni saat lebaran nati tidak menimbulkan resiko yang merugikan diri sendiri maupun keluarga kecil kita.
14 comments:
Wednesday, June 14, 2017

Astra Dan Ekonomi Kreatif Surabaya


Desain by Dr. Hamdan
Pada tahun 2008 pemerintah meluncuran Blue Print tentang pengembangan Ekonomi Kreatif 2025. Ini merupakan langkah positif karena di masa depan sektor ekonomi kreatif menjadi motor penggerak perekonomian dunia. Tentunya gagasan pemerintah tersebut juga berdampak terhadap kebijakan di level pemerintah daerah, termasuk surabaya.

"Ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, ketramplan, dan bakat individu untuk menciptakan daya keasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat (Inpres No. 6  Tahun 2009)"

Jadi Ekonomi Kreatif sendiri berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian, bakat, dan kreatifitas individu sebagai sebuah kekayaan intelektual. Sektor ini diharapkan menjadi kebangkitan ekonomi di Indonesia untuk bisa bersaing dalam ekonomi global. Adapun subsektor industri kreatif tersebut yaitu, Periklanan; Penerbitan dan Percetakan; TV dan Radio; Film, Video dan Fotografi; Musik; Seni Pertunjukan; Arsitektur; Desain; Fesyen; Kerajinan; Pasar Barang Seni; Permainan Interaktif; Layanan Komputer dan Piranti Lunak; Penelitian dan Pengembangan.

Untuk mengembangkan Ekonomi Kreatif, dibutuhkan sinergi 3 pihak yaitu :



INTELEKTUAL
Tidak dipungkiri pendidikan punya andil dalam mewujudkan Ekonomi Kreatif di sebuah kota atau kabupaten. Pendidikan melahirkan manusia-manusia kreatif (SDM). Di Surabaya sendiri, dukungan Pemkot terhadap dunia pendidikan sangatlah besar. Ini dibuktikan dengan sekolah-sekolah di Surabaya tidak dipungut biaya mulai jenjang SD-SMP. Sebelumnya untuk jenjang SMA sebelum diambil alih provinsi juga tidak dipungut biaya. Untuk jenjang Perguruan Tinggi, di Surabaya juga banyak kampus-kampus baik negeri maupun swasta yang tidak lagi diragukan kualitasnya. Bahkan beberapa kampus selalu menjadi pilihan favorit para pelajar dari luar daerah yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dari kampus-kampus tersebut lahir generasi-generasi yang kreatif.

PELAKU BISNIS
Pihak yang juga ikut berperan dalam mewujudkan Ekonomi Kreatif selanjutnya adalah para pelaku bisnis. Selain menciptakan barang, pasar, dan jasa kreatif serta lapangan pekerjaan, para pelaku bisnis dibutuhkan dalam hal dukungan finansial. Gelontoran dana dari mereka lewat program-program tanggung jawab sosial bisa membantu para pelaku industri kreatif. Di Surabaya salah satu pelaku bisnis yang punya andil dalam pengembangan ekonomi kreatif Surabaya adalah PT ASTRA Internasional Tbk melalui Yayasan Dharma Bahakti Astra.

Yayasan yang didirikan oleh Om William Soeryadjaya pada tanggal 2 Mei 1980 sebagai perwujudan cita-cita Astra, Sejahtera Bersama Bangsa. Tujuan dari Yayasan tersebut adalah untuk membantu meningkatkan ketrampilan teknik, manajemen, pemasaran, pembiayaan, dan teknologi informasi kepada UKM dengan motto Berikan Kail Bukan Ikan.

Adapun  contoh kontribusi Astra terhadap pengembangan Ekonomi Kreatif di Surabaya yaitu, pada tahun 2014 diresmikan kampung berseri Astra yang berlokasi di Kampung Keputih Tegal Timur. Kampung berseri Astra merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mewakili empat pilar Corporate  Social Responsibility (CSR) yang dijalanan oleh Astra, yaitu bidang pendidikan, lingkungan, UKM, dan kesehatan.

Program pembinaan kampung berseri ini merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia. Yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta, dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Melalui PT Toyota Astra perusahaan tersebut pernah mengadakan lomba desain aksesori kendaraan yang  melibatkan perguruan tinggi dan memberi kesempatan kepada pemenang untuk mengaplikasikan karyanya secara komersial. 

sumber :www.satu-indonesia.com

sumber : Astra Magazine

Pada prinsipnya dimanapun instalasi Astra berada , harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu "Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara." Astra tetap memberikan kontribusi hingga usianya kini 60 tahun. Inspirasi 60 Tahun Astra telah memberikan sebuah pelajaran bahwa hidup itu sudah seharusnya memberikan manfaat untuk sekitar.

PEMERINTAH
Pemerintah punya peranan besar untuk pengembangan ekonomi kreatif  yakni menentapkan dan mengendalikan kebijakan serta dukungan berupa fasilitas atau kemudahan dalam prosedur perizinan bagi pelaku industri kreatif. Pemerintah kota Surabaya sendiri mempunyai program-program untuk mengembangkan industri kreatif di kota pahlawan tersebut. Diantaranya :

  • Taman-taman kota yang asri yang memungkinkan menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas kreatif.
  • Wali kota Surabaya menyediakan tempat khusus untuk industri kreatif yaitu di Gedung Siola Jl Tunjungan Plaza.
  • Pemkot Surabaya melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  gencar memamerkan sejumlah produk kerajinan asal Kota Pahlawan itu dengan menggelar sejumlah pameran di pusat-pusat perbelanjaan. 
  • Pada Tahun 2016 Pemkot Surabaya menggelar POPCON (Popular Culture Convention) Asia. Karena bertujuan mendorong Surabaya menjadi pusat industri kreatif Indonesia, dalam acara tersebut ada bazar tempat bertemunya para pelaku industri kreatif, business meeting, portofolio review untuk mencari talenta baru, talkshow, lightning session, workshop, dan pameran. diharapkan dengan acara tersebut bisa menjadi wadah bertemunya para kreator muda Surabaya dengan para praktisi industri kreatif.


  • Pemkot Surabaya gelar Geekfest, sebagai Sarana Kreativitas Kaum Muda. Tahun 2017 ini bertepatan dengan Hari Jadi Kota Surabaya, Pemkot mengadakan acara tersebut dengan tujuan sebagai wadah eksperimen karya kreatif melalui kolaborasi antar komunitas. Wali kota Surabaya Tri Rismaharini memberi perhatian khusus bagi pelaku industri kreatif agar mereka mampu menunjukkan talentanya di level lokal maupun internasional.




1 comment:
Friday, June 9, 2017

4 Alasan Memilih The Sun Hotel Sidoarjo Untuk Acara Buka Puasa Bersama


Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan penuh berkah karena banyak keistimewaan di dalamnya. Segala macam aktivitas bernilai ibadah dilipat gandakan pahalanya. Kewajiban puasa sebulan penuh dilaksanakan dengan penuh keikhlasan oleh umat Islam. 

Selain memaksimalkan ibadah, bulan Ramadhan biasanya banyak dimanfaatkan untuk menyambung silaturahmi dengan orang-orang terdekat melalui buka puasa bersama. Buat yang di Sidoarjo dan sekitarnya bisa memilih The Sun Hotel Sidoarjo sebagai tempat berbuka puasa dengan keluarga, teman, ataupun rekan kerja. 

Kenapa harus The Sun Hotel Sidoarjo?

Tempat Strategis 
Jika diajak buka puasa  bersama tapi tempatnya sulit dijangkau pasti akan mikir dua kali kan? Bisa-bisa keburu maghrib sebelum menemukan tempatnya.  Nah bila kamu diajak buka puasa bersama di The Sun Hotel Sidoarjo pasti tidak akan menolak. Letaknya yang strategis di jantung kota Sidoarjo membuat siapapun mudah menemukan tempatnya. Bisa dijangkau dengan naik motor, mobil, bahkan angkutan umum lho.  Yang bikin tambah asyik, The Sun Hotel itu masih satu komplek dengan Sun City Plaza Sidoarjo. Jadi setelah acara buka puasa bersama kamu bisa langsung cuci mata di mall tersebut. Lumayan kan sambil menyelam minum air. hehehe


Harga Bersahabat 
Ketika hunting tempat untuk buka puasa bersama, harga menu makanannya pasti jadi pertimbangan penting. Karena yang akan makan tidak hanya satu dua orang tetapi rame-rame. Kalau bisa milih, semua akan memilih harga murah dan dapatnya banyak. Emang ada ya yang seperti itu? ada dong. The Sun Hotel Sidoarjo mempunyai paket murah untuk bisa buka puasa sepuasnya. Ramadhan kali ini ada paket 85.000,- nett/pax. Dengan harga segitu All You Can Eat. Bersahabat banget kan dikantong. Masa iya habis buka puasa bersama dompet kosong? gak mau kan? makanya buka puasanya di The Sun Hotel Sidoarjo saja.  Selain murah, Variasi menunya juga banyak. Bagi yang sangat memperhatikan menu buka puasanya, jangan khawatir karena disini tetap bisa menikmati menu yang full vegetable yang menunjang pola makan sehatmu.
Penyetan yang menggugah selera
Menu sehat ala rumah


Segarnya puding bisa jadi menu pembuka
bubur sumsum yang yummy

Salad Segar

Tempat Ramah Anak 
Salah satu alasan aku jarang datang undangan buka puasa bersama adalah duo krucilku. Pasti anak-anak tidak akan betah berlama-lama di ruangan yang penuh dengan orang. Mereka bakal rewel merengek minta pulang sebelum acara selesai karena bosan. Begitu juga saat acara buka puasa bersama di The Sun Hotel kemarin. Aku tidak membawa anak-anak dengan alasan itu. Eh ternyata aku keliru saudara-saudara... Disini tempatnya asyik. Ada area indoor dan outdoor untuk buka puasa. Area indoor dengan interior yang apik. Mata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan kolam renang yang segar dari balik jendela. Bagi yang membawa anak-anak, bisa memilih area outdoor. Di area ini anak-anak bisa bermain di taman mungil atau bermain air dipinggir kolam sembari menunggu waktu berbuka tiba. pasti anak-anak betah dan moodnya tetap terjaga. Jarang-jarang kan ada tempat seperti ini.
Area Indoor

Area Outdoor
dok. @annelesmana

Bisa ngadem di kolam renang

putrinya mbak Frida aja betah berlama-lama di taman

Pegawai yang Ramah 
Ini poin penting ya. Ibarat kita main ke rumah orang kemudian tuan rumahnya jarang senyum, pasti apapun yang disajikan oleh tuan rumah terasa kurang nikmat. Tapi tidak dengan para staff hotel di The SunHotel Sidoarjo. Eh itu kan sudah SOP nya harus memberikan pelayanan terbaik? yup memang seperti itu, tapi kita bisa bedain kan orang yang ramah beneran, asli ramah dengan orang yang ramah karena tuntutan pekerjaan kan? 

Ayoo mikir apalagi? mumpung masih Ramadhan, ajak saudara, teman, atau rekan kerja buka puasa bersama di The Sun Hotel Sidoarjo. Tapi jangan dadakan ya kalau mau pesan tempat.


The Sun Hotel
Komplek Bsnis dan Rekreasi Sun City Plaza Sidoarjo
Jl. Pahlawan 1 Sidoarjo - East Java - Indonesia
Phone 62-31-8071123 , Fax. 62-31-8071122
E-mail: info@thesunhotels.com

6 comments:
Wednesday, June 7, 2017

Mengenal 4 Wanita Inspiratif Dalam Sejarah Islam


Bila kita membaca sejarah umat Islam, akan menjumpai tokoh-tokoh hebat yang membuat decak kagum dengan prestasi ataupun kepribadian mereka. Dan diantara orang-orang hebat tersebut ada empat wanita yamg namanya tak lekang oleh waktu. Mereka adalah wanita-wanita inspiratif yang layak dijadikan teladan bagi wanita muslimah di sepanjang zaman.

ASIYAH Dan Keimanannya
Asiyah adalah isti Raja Fir'aun. wanita yang mengasuh Nabi Musa. Pada masa  itu menjadi ratu di samping raja yang sangat berkuasa dan bergelimang harta adalah dambaan semua wanita. Dan Asiyah ada di posisi itu. Pada umumnya wanita akan memilih menjadi ratu di istana yang megah karena sifat alamiah wanita yang silau dengan harta dan kekuasaan. Akan tetapi tidak dengan Asiyah. Ia memilih meninggalkan kenikmatan itu demi sebuah keimanan. Sesuatu yang sulit dilakukan oleh wanita lain di zaman itu. Bahkan di zaman sekarangpun tak ada wanita yang bisa dengan mudah melepaskan diri dari limpahan harta dan kekuasaan. Itulah mengapa Asiyah begitu spesial hingga Allah membangunkan rumah di surga untuknya. Asiyah membuktikan bahwa ia mampu menggapai surga meski mempunyai suami yag lalim. Ia rela lepas dari suami demi mempertahankan keimanannya. 

"Asiyah adalah satu-satunya wanita yang berada di puncak sebuah kerajaan besar dan berkuasa. Jamaknya, wanita biasanya lebih mudah terpengaruh dan terintimidasi oleh penetrasi norma-norma masyarakat sekelilingnya. Dan luar biasanya, Asiyah memilih sendirian, di tengah-tengah tekanan masyarakat, kekuasaan, raja, dan kehidupan sosial, menengadah ke langit mengusung keimanannya. Ia adalah teladan dalam pencapaian keberserahdirian kepada Allah di tengah-tengah pengaruh dan tekanan segala penjuru kehidupan. Oleh karena itu ia patut disebutkan dalam Al-Qur'an, yang selalu dibaca dan terdengar di seluruh penjuru jagat. Dan para malaikat di langit akan selalu membacanya dalam munajat-munajat." (Sayyid Quthb)

LAYA Dan Kesabaran serta Kesetiannya 
Laya adalah istri Nabi Ayyub Alaihis Salam. Ia hidup dalam kenikmatan dunia karena Nabi Ayyub adalah salah satu nabi yang kaya sebagaimana disebutkan oleh para ulama tafsir dan sejarawan. Bahkan ada sejarawan yang menyebutkan jika Nabi Ayyub memiliki seribu ekor kambing. Belum termasuk hewan ternak lainnya. Laya juga termasuk istri yang baik hati dan taat kepada suami.

Nabi Ayyub diuji Allah dengan kemiskinan karena hartanya habis, kematian anak-anaknya hingga sakit yang parah selama bertahun-tahun. Namun sebagai istri Laya tetap setia ada di samping suami dan  dengan penuh kesabaran tetap melayani keperluan suami. Ia mengingat segala sesuatu yang telah diberikan oleh suami kepadanya saat suami masih sehat dan bergelimang harta. Jika hal tersebut menimpa wanita lain, mungkin wanita tersebut akan pergi meninggalkan suami yang sudah tidak memiliki harta sedikitpun serta sakit parah pula. Tak mudah bagi wanita yang terbiasa serba kecukupan untuk menerima keadaan itu. Namun Laya mampu melakukannya. Bahkan dengan sepenuh hati merawat sang suami meski tak pernah tahu kapan Nabi Ayyub akan sembuh. Sebab saat diminta oleh sang istri untuk berdoa meminta kesembuhan kepada Allah, Nabi Ayyub berkata :
"Aku telah hidup sehat selama tujuh puluh tahun, maka aku harus bersabar untuk Allah selama tujuh puluh tahun juga." 

Mendengar jawaban suami, Laya pun sedih pada awalnya namun kemudian ia berusaha meneladani kesabaran sang suami. Laya adalah inspirasi bagi  kaum hawa agar bersabar dan terus bersabar saat musibah demi musibah menghampiri. Dan tetap setia kepada suami dalam kondisi apapun. 

AISYAH Dan Intelektualitasnya 
Siapa yang tidak mengenal Aisyah. Ia adalah istri kesayangan Nabi Muhammad SAW dan juga putri dari Abu Bakar Ash-Shiddiq. Aisyah adalah wanita yang cerdas. Kecerdasannya diakui oleh para sahabat nabi di zaman itu. Sebagai orang yanng dekat dengan Rasulullah ia banyak menceritakan kebiasaan-kebiasaan nabi yang patut dicontoh yang jarang diketahui oleh orang lain. Ia pun menjadi wanita ahli hadits. Aisyah juga dikenal sebagai ahli fiqih, ahli dalam ilmu pembagian waris, sastra hingga bidang kedokteran.

Urwah bin Zubair pernah bertanya kepada Aisyah
"Ibuku, aku tidak heran dengan ilmu fiqihmu karena engkau istri Rasulullah dan putri Abu Bakar, Aku juga tidak heran dengan ilmumu tentang syair dan sejarah manusia karena engkau putri Abu Bakar yang ahli tentang sejarah manusia, Namun aku heran dengan pengetahuanmu tentang kedokteran, bagaimana kisahnya dan di mana engkau mendapatkannya?"

Aisyah menjawab jika ia mendapat ilmu tentang kedokteran atau pengobatan saat Rasulullah sakit di penghujung usianya dan banyak delegasi yang datang menawarkan pengobatan. Dari situ Aisyah sedikit demi sedikit memahami ilmu kedokteran.

Begitulah Aisyah, karena kecerdasannya ia cepat belajar tentang sesuatu. Bahkan Rasulullah pernah bersabda :

" Jika ilmu seluruh wanita umat ini termasuk di dalamnya istri-istri Nabi Muhammad dikumpulkan, maka ilmu Aisyah lebih banyak dari ilmu mereka."

KHADIJAH  dan Sikapnya terhadap Suami
Khadijah adalah istri pertama Rasulullah. Bahkan ia menjadi istri beliau jauh sebelum perintah kenabian ada. Hanya dari rahim Khadijahlah Rasul memiliki keturunan. Dan Rasulullah tidak menikah dengan wanita lain hingga Khadijah wafat. Bila kita membaca sejarah turunnya wahyu pertama, maka kita akan tahu bahwa Khadijah punya andil besar dalam proses itu. Sebagai istri ia adalah sosok yang pertama menenangkan Rasul saat beliau tergunjang didatangi malaikat Jibril. Menjadi pelipur lara sang Nabi. Saat Nabi ketakutan dan meminta diselimuti oleh Khadijah dan berkata "Sungguh aku takut kepada diriku sendiri" maka sebagai istri Khadijah menenangkan Nabi dengan berkata

"Janganlah engkau berkata begitu. Demi Allah, Dia tidak akan menyia-nyiakan engkau selamanya. Engkau adalah orang yang suka bersilaturahmi, tabah menghadapi kesulitan, selalu membantu orang-orang fakir, menjamu tamu, dan selalu menolong orang-orang yang tertimpa musibah."
Mendengar jawaban itu Nabi pun menjadi lebih tenang. Begitulah cara Khadijah menenangkan suami. Khadijah juga orang yang pertama percaya kepada suaminya ketika wahyu pertama turun. Di saat orang-orang Makkkah tak ada yang mempercayai perkataan Nabi. Dukungan Khadijah terhadap sang suami tak hanya dukungan moril saja. Namun juga memberikan semua harta yang dimiliki untuk kegiatan dakwah nabi. Sampai perlahan hartanya habis. Begitulah totalitas Khadijah mendukung sang suami. Suatu hal yang patut dicontoh oleh para wanita. Merangkul sepenuhnya sang suami saat ia down. Khadijah senantiasa ada di sisi Nabi menemani dakwah beliau dalam suka dan duka. Hingga kepergian Khadijah meninggalkan kesedihan mendalam bagi beliau.

Betapa  Spesialnya Khadijah hingga selepas kepergian Khadijah, Nabi Muhammad tetap menjalin silaturahmi dengan teman-teman Khadijah. Bila beliau mempunyai kelebihan makanan selalu ingat dengan teman-teman istri pertamanya tersebut. Dan karena sebab itulah Aisyah cemburu kepada Khadijah meski ia belum pernah bertemu dengannya.

Baca Juga : Perjalanan Hati Khadijah

Itulah wanita-wanita hebat yang inspiratif. Wanita-wanita yang patut dijadikan teladan oleh wanita muslimah lainnya.

Referensi : "Istri-istri para Nabi " Ahmad Khalil Jam'ah, Syaikh Muhammad bin Yusuf Ad-Dimasyqi
"The Great Women" Muhammad Ali Al-Allawi


8 comments: