4 WISH LIST DUNIA BLOGGING

Setelah menemukan passion di dunia blogging, harapan selanjutnya adalah bisa menjadi seorang blogger yang profesional dan sekarang masih jauh dari itu. Untuk bisa mewujudkannya, harus terus mau belajar dan memperluas jaringan. Langkah awalku untuk bisa ke tahap blogger profesional adalah membuat wish list blogging diantaranya : 

Konsisten Menulis Konten
Hal yang paling sulit dalam hidup itu adalah konsisten. Sering kali kebiasaan baik hanya bertahan beberapa saat untuk dilakukan. Hal ini disebabkan oleh niat yang kurang kuat. Begitu juga di dunia blogging. Menjaga konsistensi menulis konten blog itu susah-susah gampang. Harapannya bisa produktif menulis 2-3 kali dalam seminggu. Tapi realisasinya sebulan kadang hanya beberapa tulisan saja yang bisa selesai. Banyak yang masih nongkrong di draf saja. Mulai sekarang, harus dikuatkan niat menulisnya. Harus punya target tulisan sehingga lebih terarah dan lebih semangat untuk menulis.

Ikut lomba Blog
Setiap ada info lomba blog, selalu maju mundur syantik saja. Banyak pertimbangan ini itu jika mau ikut. Alhasil malah tidak ikut sampai deadline habis. Sama halnya konsisten menulis konten blog, ikut lomba juga butuh niat yang kuat. Motivasi ikut lomba harus dipegang erat-erat. Kurang percaya diri juga menjadi salah satu penghambat. Haruse kalau pengen ikut ya ikut aja, masalah hasil itu urusan belakangan. Semoga ke depan bisa mengumpulkan keberanian untuk mencoba mengambil bagian juga saat ada info lomba blog.

Memperbanyak Referensi
Buku adalah jendela dunia. Semakin banyak apa yang kita baca, akan semakin kaya ide untuk menulis. Sehingga wish list berikutnya adalah menambah sebanyak mungkin koleksi buku di rumah. Harus punya target berapa buku yang harus dibaca setiap minggunya. Itu artinya harus menyisihkan anggaran juga untuk membeli buku. Selain buku,  mengunjungi sebuah tempat alias travelling juga bisa dijadikan referensi menulis konten blog. Semoga kedepannya bisa membuat Jadwal Travelling bersama keluarga kecilku. Selain menjadi sarana familytime, juga bisa untuk referensi menulis konten blog.

Ikut Event Blogger
Lingkungan positif akan membuat bakat dan potensi kita berkembang dengan baik. Jika tidak menemukan lingkungan positif, kita harus menemukan sendiri. Lingkungan positif bisa tercipta dengan berkumpul dengan orang-orang positif.  Dan ketika memilih menjadi seorang blogger, sudah seharusnya bisa ikut di event dimana para blogger berkumpul. Di event tersebut kita bisa belajar banyak hal dari para blogger senior. Namun selama ini tidak begitu maksimal ikut event blogger, entah ada saja alasan tidak bisa ikut. Mulai dari waktu yang kres dengan acara lainnya, event ada di hari kerja yang otomatis gak bisa ikut karena tidak ada yang handel si kecil, sampai malas dengan kerempongan bawa balita ke event blogger. Semoga ke depannya tidak ada alasan lagi, NO EXCUSE.

Orang gagal mencari alasan untuk berhenti, orang sukses berhenti mencari-cari alasan - Isa Alamsyah

Comments

  1. Mencari bahan tulisan kadang yang susah, kalo saya solusinya ya ikut acara blogger (workshop, seminar, atau yg ada sponsornya) sbg tulisan reportase acara

    ReplyDelete
  2. iya itu pe er buatku. ikut acara blogger.hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment