4 APLIKASI ISLAMI YANG MENEMANI RAMADHANMU





Dan di era digital seperti sekarang ini, orang banyak dimudahkan dengan perkembangan teknologi. Hampir semua bisa dilakukan dengan gadget yang ada di genggaman tangan. Hal ini juga memberi keuntungan tersendiri bagi umat islam. Karena banyak developer yang juga mengembangkan perangkat aplikasi yang memudahkan bagi umat islam belajar tentang keislaman lewat smartphone yang dimiliki. Termasuk juga aplikasi yang berkaitan dengan Ramadhan. Ada beberapa aplikasi islami bagi pengguna android yang bisa mendukung seseorang memaksimalkan Ibadah Ramadhannya. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya :

MUSLIM PRO – RAMADHAN 2017
Dengan Aplikasi yang dikembangkan oleh Muslim Pro Limited kita bisa tahu jadwal sholat 5 waktu dan membuat kita bisa sholat tepat waktu ditengah kesibukan karena alarm adzan akan berbunyi jika memasuki waktu sholat. Bila kita kebetulan kita sholat tidak di masjid, jangan khawatir tentang arah kita sholat karena di aplikasi ini ada fitur Qiblat yang memudahkan kita mendeteksi arah Qiblat. Dan jika ingin membaca alquran setelah sholat atau saat senggang di tempat kerja, kita tinggal membuka fitur Qur’an yang disedikan oleh aplikasi ini. Dengan fitur Qur’an ini kita bisa tilawah dimanapun dan kapanpun hanya dengan smatphone kita. Ada modus siang dan malam untuk menjaga kenyamanan mata kita lho sehingga tilawah atau sekedar menyimak lantunan alquran lewat audio para imam besar. Dan masih banyak lagi fitur yang membantu kita lebih optimal dalam menjalani Ramadhan di tengah kesibukan. Aplikasi ini wajib ada di smartphone kesayangan. Aplikasi tersebut bisa didownload di sini




TUNTUNAN PUASA
Aplikasi yang dikembangkan oleh Cinta Indonesia ini berisi beberapa fitur diantaranya Buku Saku Ramadhan, Tuntunan Puasa Sunnah, Kultum Ramadhan, Khutbah Rasulullah, Takjil Ramadhan, dan Panduan Zakat. Aplikasi ini sangat cocok untuk ibu-ibu karena di fitur Takjil Ramadhan disediakan beberapa resep takjil menggugah selera  yang bisa dipraktekkan selama Ramadhan. Jadi ibu-ibu tak perlu lagi searching resep sana sini.Aplikasi ini bisa didownload di sini 


AHWALNOTE – CURHAT ISLAMI
Aplikasi ini dikembangkan oleh Crocias Studio. Bagi yang suka curhat namun ingin curhat yang tidak sekedar curhat atau takut jika curhat ke orang lain malah akan berbuntut panjang. Bisa dikatakan ini aplikasi curhat islami. Setelah kita menginstal aplikasi AhwalNote, kita diminta memasukkan nama kita. Tujuannya semacam perkenalan dengan aplikasi curhat ini. Sehingga setiap kita ingin mengetik keluhan kita, akan disambut dengan sapaan dengan nama kita oleh aplikasi. Jadi berasa curhat dua arah ya. Setiap kita curhat mengetik apapun yang kita rasakan, akan disambungkan dengan ayat-ayat Alqur’an yang mendukung perasaan kita. Kebayangkan gimana ademnya hati. 





POTRET PRIBADI NABI MUHAMMAD
Aplikasi terakhir yang bisa menemani Ramadhan tahun ini adalah Potret Pribadi Nabi Muhammad. Aplikasi yang dikembangkan oleh Pusat Kajian Hadist Jakarta ini bisa menjadi salah satu rujukan serta bacaan kita untuk mengetahui lebih dalam tentang Rasulullah, bagaimana sisi pribadi beliau, keluarga dan sahabat beliau, kehidupan sosialnya, sifat dan karakter beliau. Tak cuman itu saja, di dalam aplikasi ini kita akan menemukan kelebihan Rasulullah dan khutbah ataupun doa serta dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah, wasiat dan wafatnya Rasulullah juga dibahas di aplikasi ini. 

Gimana? Seru-seru kan aplikasi islami yang bisa dijadikan teman selama Ramadhan. Ayo tunggu apalagi, buruan instal Aplikasi-apliksi tersebut di smartphone kesayangan. Apa? Tidak bisa instal aplikasi-aplikasi keren tersebut di Smartphone karena memori tidak mencukupi? Bingung mau hapus aplikasi mana lagi karena semua aplikasi yang ada di smartphone penting semua menunjang kinerja sehari-hari. Wah solusinya berarti harus upgrade smartphone nih. Hari gini sangat penting punya smartphone yang mumpuni buat penunjang segala aktivitas termasuk aktivitas ibadah. Ngomongin smartphone yang mumpuni itu artinya Smartphone yang punya memori berkapasitas besar, minimal mempunyai RAM 2GB dan Memory Internal 16GB  karena makin lama size aplikasi makin besar. Tetapi idealnya sih smartphone untuk tahun ini adalah yang berkapasitas internal memory 32 GB serta mempunyai RAM 3GB. Dan bila kamu ingin mengupgrade smartphonemu namun kamu  tipe orang yang sibuk yang gak punya waktu keliling dari tempat satu ke tempat lainnya untuk membeli smartphone dengan spesifikasi tersebut, jangan khawatir karena  untuk mendapatkan  Smartphone keren itu kamu bisa memesannya secara online lho. Gak perlu berpanas-panas ria atau membuang banyak waktu.

Dengan smartphone yang mumpuni akan mempermudah instal aplikasi-aplikasi Islami yang keren, dan pastinya Ibadah puasa Ramadhan selama sebulan akan lebih optimal di tengah rutinitas pekerjaan yang padat.. Mau tilawah kapanpun dimanapun bisa, ingin sholat berjamaah tepat waktu di masjid terdekat tinggal buka aplikasi islami saja. Karena semua aktivitas ibadah bisa dikontrol lewat genggaman tangan. Tapi jangan lupa pastikan batrei smartphonemu selalu terisi penuh ya. Sehingga tidak ada kendala saat ingin menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Jika kapasitas batrei smartphone yang dimiliki terlalu kecil, maka barang yang wajib dibawa saat keluar rumah adalah Powerbank. Powerbank berkapasitas besar ini cocok buatmu, karena akan membuat stamina smartphonemu tetap prima meskipun dipakai nonstop seharian.






Comments

  1. langsung saya donwload semuanya hehehhe thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. baru tau ada apps2 getu... semakin mengikuti perkembangan zaman yaaa ... met berpuasa ramadan yess

    ReplyDelete

Post a Comment