Sunday, April 30, 2017

Fokus dengan 2 Wish list hingga akhir tahun




Memasuki tahun baru sebagian orang memilih membuat rencana apa yang ingin dicapai selama satu tahun. tapi ada pula yang memilih "ngalir" saja tidak ada target apapun yang ingin dicapai. Jalani hidup apa adanya. itu prinsip mereka. aku sendiri tipe orang yang terencana. Punya target yang ingin dicapai itu bikin hidup lebih hidup. Ada sensasi tersendiri jika dikejar-kejar target. hahahaha
Dan tahun ini aku punya sebuah resolusi yang ingin aku wujudkan. ingin mempersembahkan sebuah minilab komputer sekaligus taman bacaan untuk si sulung Agha. Diusia 5 tahun ini sudah mulai terlihat bakatnya di bidang IT. Hobi otak-atik seperti sang ayah. Dengan adanya minilab tersebut,  sebagai orangtua aku dan suami ingin hobi Agha lebih terarah dan suatu saat bisa menghasilkan karya di bidang IT. Sebenarnya minilab itu tidak hanya untuk Agha, setelah minilab terwujud, sang ayah juga berniat akan menekuni kembali hobi lamanya menghasilkan karya di bidang IT. Selama dua tahun belakangan ini ayah vakum tidak menghasilkan karya, salah satu faktor penghambatnya adalah perangkat yang dibutuhkan tidak memadai di rumah. Selain itu, taman bacaan yang menjadi pelengkap minilab juga bisa menambah kecintaan anak-anak kepada buku. Harapannya Agha dan si adek Gia akan betah berlama-lama di ruangan tersebut.

sekarang hampir memasuki pertengahan tahun, akan tetapi perangkat yang dibutuhkan untuk mewujudkan minilab sekaligus taman bacaan masih sebagian saja yang terbeli. Sehingga wish list di pertengahan tahun ini terfokus untuk 2 hal, Yaitu : 


Melengkapi Minilab 

Ingin menggabungkan konsep ruang keluarga yang nyaman sekaligus  ruang eksperimen IT menjadi sebuah minilab ternyata tidak mudah. Dibutuhkan anggaran dana yang tidak sedikit. Menyisihkan dana untuk kelengkapan perangkat minilab tanpa mengganggu kebutuhan rumah tangga lainnya butuh konsistensi. Sampai pertengahan tahun ini aku dan suami baru bisa membeli sebuah smart tv dengan ukuran yang lumayan besar, sehingga  kita sekelurga lebih nyaman jika akan menikmati koleksi film anak-anak, drama korea, maupun film-film selera ayah. Aktivitas browsingpun akan lebih mudah. Untuk taman baca sendiri, aku dan suami baru bisa membeli sepaket buku ensiklopedia lengkap dengan alat peraga. Semoga di akhir tahun ini kita bisa melengkapinya dengan sebuah PC all in one, satu set hometheater, furniture pendukung taman bacanya, serta menambah koleksi buku bacaan anak-anak. Masih ada setengah tahun lagi semoga bisa terwujud.



Baca Juga : Resolusi 2017

Hunting  Sekolah Untuk Si Sulung 

Meskipun mas Agha lulus TK B baru pertengahan tahun depan, yaitu sekitar juni-juli 2018, namun untuk urusan daftar sekolah tidak menunggu tahun depan. Karena sekolah-sekolah swasta sudah membuka pendaftaran gelombang pertama di akhir tahun. Sehingga jika ingin menyekolahkan mas Agha di sekolah swasta berbasis islam harus hunting dari sekarang. Melakukan survei lapangan ke beberapa sekolah yang masuk list itu butuh waktu dan energi. Apalagi jika lokasi satu sekolah dengan sekolah lainnya yang masuk list berjauhan. belum lagi kalau list sekolah yang ingin kita survei lumayan banyak. Kok sampai segitu ribetnya? iya, aku dan suami ingin memilih sekolah yang terbaik buat si sulung. Tidak sekedar Sekolah Dasar. Karena usia sekolah dasar itu masa yang krusial, ibaratnya pondasi. Jadi kita sebagai orangtua ingin mas Agha punya pondasi keislaman dan karakter yang kuat di usia sekolah dasar. Sehingga harus selektif memilih sekolah dasar buat mas Agha. Selain itu, memilih sekolah yang sesuai dengan kekuatan finansial kita juga penting. Kadang cocok dengan sekolah tersebut tetapi biaya masuk dan juga biaya bulanan di sekolah tersebut tidak sesuai dengan kekuatan finansial keluarga kita. Atau sebaliknya, biaya sangat terjangkau namun sekolah tersebut tidak sesuai dengan visi misi kita. Disinilah perlunya hunting sekolah jauh-jauh hari.

itulah 2 wish listku sampai akhir tahun. Semoga semua berjalan sesuai rencana.  
No comments:
Saturday, April 29, 2017

Korea Selatan, Saudara Jauh Yang Ingin Aku Kunjungi


Sebagai pecinta drama Korea pasti terbesit keinginan untuk travelling ke negara tempat asal drama itu dibuat, yaitu Korea selatan. Kalau ada yang nyinyir “wuih gak kurang jauh non, negara tetangga sebelah aja belum disamperi.” Abaikan! Hahahaha. Dalam kehidupan sehari-hari saja kadang kita lebih akrab dengan tetangga yang rumahnya agak jauh dengan rumah kita. Begitu juga jika bicara tentang negara tetangga. Sah-sah saja kita menyebut negara yang terletak di luar asia tenggara sebagai negara tetangga juga. Negara tetangga yang sudah seperti saudara sendiri. Dan tak ada salahnya punya keinginan berkunjung ke rumah saudara jauh. Eaaaa panjang amat prolognya.  Padahal mau ngomong kalau aku ingin menjadikan korea sebagai saudara.  Ada 2 pertimbangan mengapa aku ingin berkunjung ke  korea, tetangga jauh yang selalu dirindukan.

Makanan Lezat dan Menyehatkan  
Bahas makanan itu bawaannya bikin lapar ya. Apalagi yang dibahas makanan yang berasal dari negeri gingseng, pasti tambah bikin ngiler. Yang suka nonton drama korea pasti tidak asing dengan kimbab, jajangmyeon, bibimbap, bulgogi, miyeouk guk, tteokbokki, dan kimchi. Makanan-makanan tersebut rata-rata penuh dengan sayuran segar dan juga menggunakan minyak wijen dan saus khas korea (gochujang). Sehingga dipastikan sangat baik untuk tubuh kita. Bahkan kimchi masuk kedalam 5 makanan tersehat di dunia versi Majalah Health Magazine. Kita bahas sepintas tentang makanan-makanan itu ya.

Kimbab
Kimbap  dalam waktu beberapa tahun belakangan ini sangat terkenal di Indonesia. Banyak orang yang penasaran untuk mencoba makanan khas korea yang satu ini. Sebenarnya Kimbap adalah sebuah makanan korea yang mana merupakan nasi putih yang di dalamnya di isi dengan daging, telur, ikan dan sayuran. Kemudian beberapa bahan yang sudah ada di gulung dengan rumput laut.

Makanan khas Korea bernama Kimbap ini berbentuk segitiga atau yang umum adalah mempunyai bentuk yang bundar. Umumnya sebenarnya makanan bernama Kimbap ini menggunakan sayuran seperti wortel, bayam, timun dan acar lobak. Tentu saja makanan khas korea bernama Kimbap ini semakin populer karena dalam beberapa drama  korea yang beredar di indonesia makanan bernama Kimbap ini sering muncul.

Jajangmyeon
Sebenarnya makanan khas korea yang satu ini merupakan mie khas Korea yang di dalamnya terdapat sayuran, potongan daging, saus kedelai hitam kental dan sebenarnya makanan bernama Jajangmyeon ini mirip dengan mie ayam yang ada di indonesia, akan tetapi yang membedakan adalah bahan yang ada di dalamnya. Biasanya di sajikan dengan saus kedelai dan acar lobak pada saat kondisi masih panas.Mie pasta kedelai hitam yang ada dalam makanan khas korea yang satu ini mempunyai cita rasa yang lezat dan juga sehat yang wajib untuk di cicipi saat aku punya kesempatan berkunjung kesana.

Bibimbap
Makanan khas korea paling enak dan populer yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Bibimbap. Makanan yang satu ini merupakan nasi campur akan tetapi nasi campur khas korea yang di dalamnya terdapat nasi putih dan juga berbagai lauk pauk dan juga sayuran, tidak lupa dalam makanan khas korea bernama Bibimbap ini juga di dalamnya terdapat saus sambal yang sangat khas korea.



Bulgogi
Sebenarnya makanan khas korea selatan ini di buat dari daging sapi yang di kondisikan hingga dalam bentuk yang tipis dan di panggang. Dengan beberapa campuran seperti minyak wijen, lada, bawang putih, kecap, gula, jahe dan bumbu yang lain membuat rasa dari Bulgogi yang merupakan makanan khas korea ini banyak di minati oleh pencinta kuliner dunia. Tentu jika Bulgogi panggang di campur dengan sambal saus akan memberikan sensasi luar biasa di dalam setiap gigitannya. Dan biasanya Bulgogi di sajikan dengan berbagai sayuran segar.

Miyeok Guk
Makan korea yang satu ini merupakan sup rumput laut yang tentu sangat khas dari Negeri Korea. Untuk membuat makanan khas korea bernama Miyeok Guk ini yakni dengan mencampurkan rumput laut dengan kaldu ikan atau sapi sehingga menghasilkan rasa yang sedap.

Akan tetapi untuk menghasilkan rasa yang lebih lezat anda harus mencampurkan juga bumbu seperti misalkan saja bawang putih, minyak wijen, garam dan kecap. Selain enak ternyata makanan khas korea ini juga mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita, kandungan iodin dan kalsium terdapat dalam Miyeok Guk ini. Biasanya makanan ini sering di buat pada saat menjalankan sebuah acara ulang tahun di Negara Korea sana.

Tteokbokki
Makanan khas korea yang satu ini adalah di buat dari tepung beras ketan yang tentu saja bisa di masak dengan berbagai versi yakni dengan cara di goreng, di rebus dan juga di kukus. Biasanya makanan khas korea yang satu ini di konsumsi saat menjalankan sebuah perayaan seperti tahun baru korea. Makanan satu ini sering bersliweran di setiap drama korea.









Kimchi
Kimchi adalah makanan khas korea yang di buat dari hasil fermentasi sayuran yang di campur dengan berbagai macam bumbu rempah khas korea. biasanya Kimchi ini di sajikan dalam berbagai rasa seperti misalkan asam dan juga pedas.

Beberapa sayuran yang biasanya bisa di gunakan pada masakan khas korea bernama Kimchi ini adalah seperti misalkan saja timun, lobak, sawi dan yang lainnya. Untuk bumbunya dari makanan khas korea Kimchi ini seperti misalkan saja pasta udang, saus ikan, bawang putih, bawang bombay, cabe dan jahe.

Gimana? Pasti mau dong tertular pola hidup sehatnya orang korea.

Drama Korea
Drama korea atau K-drama mengacu pada drama televisi di Korea, dalam sebuah format miniseri, yang diproduksi dalam bahasa Korea. Drama korea menjadi hiburan tersendiri buatku. Karena selain bisa menikmati alur cerita yang seru-seru, kita juga bisa “cuci mata “ dengan para pemain yang bening-bening. Dan yang pasti kita tidak dibuat jenuh dengan episode yang panjang seperti sinetron Indonesia atau india. Selain bisa menjadi sarana refreshing, drama korea juga banyak memberikan pembelajaran tentang kehidupan sehari-hari. Dengan menonton drama korea, semakin besar keinginan untuk bisa berkunjung kesana. Ingin merasakan sendiri keindahan tempat yang banyak digunakan sebagai tempat syuting drama korea.

Meskipun bukan tetangga dekat, aku tetap ingin menjadikan korea sebagai saudara. Tetangga jauhpun tetap bisa menjadi saudara kita kan.
No comments:
Friday, April 28, 2017

DIARY DODOL : KETIKA KUNYIT NONGKRONG DI PIPI


Jenis kulitku bukan jenis kulit berminyak. Jadi sejak masih sekolah sampai menikah jarang sekali berjerawat. Jerawat kecil hanya akan muncul jika sudah mendekati tanggal datang bulan alias menstruasi tiba.  Perawatan kulitku pun cukup mudah. Sejak remaja sering mencoba berbagai macam produk skincare. Hampir semua produk skincare yang pernah aku coba tidak menimbulkan masalah di kulit wajah. Tapi setelah menikah, jerawat jadi sering nongol di pipi mulusku. Namanya masih labil, setelah tahu kalau ada jerawat nongol, aku pasti jadi heboh sendiri. Gak bisa jauh-jauh dari cermin. Berkali-kali mondar-mandir di depan cermin. Dan jerawat itu makin menjadi deh. Semakin dipelototin di cermin, satu persatu temannya muncul. Wah bertambah paniklah aku. Akhirnya aku browsing tentang tips menghilangkan jerawat. Setelah baca beberapa artikel, ada satu tips yang ingin aku praktekkan. Karena menurutku bahan yang dibutuhkan murah meriah dan  tersedia di rumah. Bahan-bahan tersebut yaitu : kunyit, asam jawa , dan air.

Setelah memperoleh bahan yang diperlukan, aku segera mengeksekusi ramuan ajaib penghilang jerawat itu. Mengambil beberapa centimeter kunyit dan menumbuknya. Kemudian menambahkan sedikit asam jawa dan air. Langkah selanjutnya mengaplikasikan ramuan tersebut sebagai masker di wajahku. Sambil menunggu masker mengering (sekitar 20 menit) aku rebahan di kasur menonton drama korea. Suami yang baru keluar dari kamar mandi dan melihat wajahku penuh dengan kunyit, spontan tertawa dan berkata : “Awas lho nanti wajahnya kayak Spongebob, kuning semua.” Ledekan suami tak kuhiraukan. Setelah 20 menit, aku membersihkan maskerku dan segera berdiri di depan cermin. Melihat wajahku di cermin sontak aku berteriak memanggil suami. Alih-alih jerawatku kempes, yang ada justru wajahku yang berwarna kuning.  Suami yang saat itu sedang serius di depan laptop langsung menghampiriku. Tetapi bukannya menenangkan istrinya yang panik karena wajahnya sudah berubah seperti boneka spongebob, ia malah tertawa. Dan tawanya kali ini lebih keras. Di sela tawanya ia berkata, “Benarkan kata Mas, kunyit di tangan saja susah dihilangkan apalagi nongkrong di pipi?” bertambah manyunlah diriku mendengar komentar suami. Dengan warna wajah yang seperti itu aku tidak berani keluar rumah sampai efek kunyit di wajahku benar-benar hilang  keesokan harinya.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan ramuan penghilang jerawat yang aku dapatkan. Belakangan ini baru aku tahu bahwa untuk membuat masker kunyit itu yang dipakai adalah bubuk kunyit yang biasanya dijual di swalayan, bukan kunyit yang diparut kemudian ditempel di wajah. Wah gagal paham nih daku waktu itu. 

Kalau membahas tentang kegunaan kunyit, memang benar kunyit tidak hanya berguna untuk obat saja. Selama ini kebanyakan dari kita hanya mengetahui kunyit yang biasa dipakai untuk racikan jamu seperti jamu kunyit asem. Padahal banyak kegunaan kunyit dalam dunia kecantikan, khususnya untuk masker wajah. Diantaranya :

Menghilangkan Jerawat
Kunyit sangat efektif mengobati jerawat karena mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri yang memerangi jerawat. Kamu bisa  membuat masker kunyit ini dengan mencampur bubuk kunyit dengan lemon. Bisa juga mencampur bubuk kunyit dengan asam jawa seperti yang aku lakukan. Tapi ingat, bubuk kunyit ya yang digv unakan. Bukan kunyit segar.  

Mencegah Penuaan Dini
Selain untuk menghilangkan jerawat. Kunyit bisa digunakan untuk mengatasi masalah penuaan,yakni mengurangi kerutan pada wajah. Untuk masker anti keriput, kamu bisa mencampur bubuk kunyit dengan tepung beras dan susu. Oleskan pada permukaan wajah yang keriput. Masker ini juga bisa mengurangi lingkar hitam pada mata jika digunakan secara rutin.

Antipigmentasi
Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari. Jika kulit kamu mengalami masalah seperti ini, cukup oleskan bubuk kunyit yang dicampur dengan jus timun segar selama 20 sampai 30 menit. Lakukan secara rutin ya sampai kulitmu kembali ke kondisi semula.

Mencerahkan Kulit Wajah
Jika kamu ingin wajahmu cerah alami, bisa memanfaatkan campuran bubuk kunyit dan madu. Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dan ½ sdm madu. Aduk hingga terlihat seperti pasta. Aplikasikan di wajah dan biarkan sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Bulu di Wajah
Campuran kunyit dan yoghurt bisa menjadi solusi menghilangkan bulu-bulu halus di wajah.

Itulah cerita dodolku bersama kunyit dan manfaat kunyit untuk pesona cantikmu. Mulai sekarang masukkan bubuk kunyit dalam daftar belanja bulananmu. Siapa tahu masker kunyit bisa menjadi pengganti krim antiagingmu yang harganya bikin dompet cepet kosong. Kalau bisa cantik tanpa banyak buang duit, kenapa tidak.


8 comments: